• Home>
  • Tips & Trik>
  • Apa Fungsi Fog Lamp? Ketahui di Sini dan Jangan Sembarangan Dinyalakan!

Apa Fungsi Fog Lamp? Ketahui di Sini dan Jangan Sembarangan Dinyalakan!

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Yunita Efendi
5 Jan 2022, 18:48
  • Suka 0

Otoloka.id - Visibilitas dalam berkendara sangat penting terutama ketika di malam hari. Oleh karenanya mobil pun dilengkapi dengan headlamp dan fog lamp (lampu kabut).

Namun bicara fog lamp, komponen yang satu ini masih banyak pengendara yang bingung kapan menggunakannya.

Padahal dari namanya saja sudah bisa diketahui bahwa komponen ini bisa membantu visibilitas kala berkendara melewati jalanan berkabut.

Apa Fungsi Fog Lamp?

Fungsi fog lamp sangat sederhana yaitu membantu penglihatan saat berkendara ketika melewati kondisi jalan tertentu seperti berkabut, hujan lebat, atau kepulan asap tebal.

Seperti diketahui terdapat dua jenis front fog lamp (lampu kabut depan) yang biasanya berada di bawah sisi kanan dan kiri serta rear fog lamp (lampu kabut belakang) di bagian belakang mobil untuk membantu mobil atau kendaraan lain di belakangnya agar tetap waspada.

Kembali pada fungsi dasar fog lamp. Sayangnya masih banyak pengendara mobil yang masih salah paham terkait fungsi lampu kabut ini.

Baca juga: Pantau Harga Kaca Film Mobil, Mana yang Paling Sesuai?

Alih-alih ingin membantu visibilitas, fog lamp jika tidak tepat tepat menggunakannya malah bisa mengganggu penglihatan pengendara lain. Apalagi fog lamp yang yang terlalu terang bisa membuat silau mata pengguna jalan raya lainnya.

Kapan Waktu yang Tepat Menyalakan Fog Lamp?

Berikut ini kami akan jabarkan mengenai waktu menggunakan fog lamp yang tepat.

Pada Malam Hari, Tapi…

Fog lamp memang membantu visibilitas menjadi lebih jelas kalau malam hari. Tapi tidak bisa digunakan sembarangan. Jika kondisi cuaca normal atau bahkan hujan dengan intensitas ringan, fog lamp disarankan tidak dinyalakan.

Alasannya, seperti yang tadi disampaikan, fog lamp justru akan berpotensi menyilaukan mata pengendara lainnya terutama yang berlawanan arah.

Perlu diketahui, sorotan fog lamp cenderung lebih lebar dari dibandingkan headlamp yang mana sorotannya lebih memanjang ke depan.

Saat Hujan Lebat

fog lamp yang pada dasarnya berfungsi untuk membantu penglihatan di kondisi berkabut, bisa digunakan saat hujan.

Fog lamp dapat membantu 

Alasannya sama seperti yang disebutkan sebelumnya, yaitu menyilaukan mata pengendara lainnya.

Saat Jalanan Berkabutpenglihatan yang berkurang saat situasi hujan lebat.

Ingat, hanya saat hujan lebat saja. Saat kondisi hujan intensitas ringan atau sedang, fog lamp lebih baik tidak digunakan.

Sesuai dengan namanya, fog lamp digunakan saat kita melintasi jalanan berkabut. 

Seperti dikutip dari berbagai sumber, tidak ada ketentuan tertentu mengenai ketebalan kabutnya. Jadi ketika anda melintasi jalanan berkabut apalagi di malam hari segeralah menyalakan fog lamp.

Karakter pencahayaan yang lebih melebar pada fog lamp juga bisa digunakan pada situasi tidak berkabut. Yaitu saat melintasi jalanan yang terhalang kepulan asap tebal.

Baca juga: Haruskah Matikan AC Mobil untuk Berakselerasi?

Nah, itu tadi paparan terkait waktu kapan kita mengaktifkan atau menonaktifkan fog lamp.

Merawat Fog Lamp Mobil

Dari gambaran tersebut bisa juga disimpulkan bahwa fog lamp menjadi komponen vital pada mobil.

Oleh karenanya pastikan kondisi fog lamp selalu prima untuk menunjang keselamatan berkendara Anda.

Salah satu cara merawat lampu kabut atau fog lamp adalah memperhatikan jamur yang kemungkinan timbul pada mika atau kaca pelindungnya. Jika memang terlihat sudah muncul jamur anda tidak perlu khawatir untuk membersihkannya karena caranya cukup mudah.

Pada umumnya membersihkan jamur pada fog lamp bisa menggunakan sikat gigi bekas, kuas, pasta gigi, dan tisu.

Caranya, anda tidak perlu mencopot mika atau kaca fog lamp, cukup bersihkan bagian depan mika fog lamp dan mengikatnya dengan sikat gigi bekas yang sebelumnya sudah diolesi pasta gigi. Setelah itu lap dan keringkan mika dengan kuas serta masukan tisu kering guna membersihkan bekas pasta gigi yang masih menempel di mika fog lamp.

Selain memperhatikan cara merawat fog lamp yang harus diperhatikan juga adalah jenis lampu yang dipakai.

Mungkin itu perlu diperhatikan bagi Anda yang melakukan modifikasi pada bagian fog lamp.

Selain jenis fog lamp yang harus diperhatikan adalah warna dari lampu yang dipancarkan. Sinar lampu yang berwarna putih harus dihindari karena akan bias atau menghilang ketika menghadapi cuaca hujan atau kabut.

Hal tersebut tentunya akan menghilangkan fungsi dasar dari fog lamp itu sendiri.

Baca juga: Aroma Kabin Mobil Tidak Sedap? Mungkin Ini Kendalanya

Lebih dari itu jika anda melakukan modifikasi menggunakan fog lamp dari aftermarket, harus memperhatikan pemasangannya. karena jika salah akan bisa menimbulkan korslet. Dalam hal ini kemungkinan terburuknya adalah mobil anda akan terbakar.

Kesimpulan

Meskipun fog lamp berfungsi untuk membantu visibilitas pengendara saat melintasi jalan dengan kondisi tertentu, penggunaannya tidak bisa sembarangan. Kondisi-kondisi tertentu tersebut adalah:

  1. Kondisi jalan berkabut

  2. Hujan lebat

  3. Kondisi jalan terhalang kepulan asap tebal

Jika penggunaan fog lamp sembarangan, bisa mengganggu atau bahkan membahayakan pengguna jalan raya lainnya. Karakter pencahayaan dari fog lamp yang melebar dan lebih terang bisa menyilaukan mata terutama kendaraan yang berlawanan arah dengan mobil anda.

Mengingat fungsinya yang sangat penting untuk menunjang visibilitas pengendara, fog lamp harus dirawat secara rutin.

Merawat atau membersihkan fog lamp bisa dilakukan sendiri. Merasa ragu segeralah pergi ke bengkel langganan untuk melakukan perawatan fog lamp.

Ingat, keselamatan berkendara bukan hanya untuk Anda tapi penumpang yang lainnya di dalam mobil juga.

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan