Apa Itu Tune Up Mobil? Mari Kita Cari Tahu Lebih Jauh!

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Yunita Efendi
4 Des 2021, 16:50
  • Suka 0

Otoloka.id - Apa itu Tune Up? Pertanyaan ini mungkin masih sering terlintas di benak para pemilik mobil.

Meskipun kebanyakan pemilik mobil sudah tahu tentang istilah tune up, tetapi masih banyak juga yang terkecoh dan mengiranya sebagai servis. Tetapi sebenarnya, proses tune up ini berbeda dengan servis berkala.

Tune Up biasanya dilakukan untuk meningkatkan performa kendaraan. Selain itu, tune up juga tidak dilakukan sesering servis berkala.

Sebagai pemilik mobil, tidak ada salahnya jika kita menambah pengetahuan tentang apa itu tune up dan apa bedanya dengan servis berkala. Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu Tune Up, mari kita simak informasinya berikut ini.

Pengertian Tune Up Mobil

Bukan hanya servis berkala, ternyata mobil juga membutuhkan tune up. Tune Up ini merupakan proses yang dikerjakan pada mobil dengan tujuan mempertahankan performa mobil agar tetap optimal.

Dengan kata lain, bisa dibilang bahwa tune up ini adalah perawatan yang dilakukan pada seluruh bagian mesin hingga ke bagian sistem pembakarannya.

Ada beberapa hal yang membedakan tune up dengan servis berkala. Banyak dari kita mungkin tahu bahwa servis berkala merupakan kegiatan servis yang dilakukan untuk mengecek maupun memperbaiki kendaraan dengan jadwal tertentu.

Baca juga: Jangan Biarkan Bensin Mobil Hanya Tersisa Sedikit, Ini Sebabnya!

Berbeda dengan tune up, servis yang dilakukan pada saat servis berkala ini biasanya lebih fokus pada pengecekan komponen mesin yang lebih cepat aus atau kotor. Misalnya saja pada bagian filter udara maupun sistem injeksi.

Pada tune up mobil, biasanya pengecekan dilakukan pada komponen yang lebih penting, misalnya sistem katup.

Pada saat servis berkala, biasanya komponen yang akan dicek adalah sebagai berikut:

1. Sistem Aki

2. Sistem Kemudi

3. Baut di setiap roda

4. Idle mesin

5. Tekanan angin roda

6. Filter udara

7. Pengecekan apakah ada rembesan oli

Nah, bedanya servis berkala dengan tune up adalah adanya beberapa pengecekan tambahan yang akan dilakukan pada saat tune up. Beberapa komponen yang akan dicek pada saat tune up adalah sebagai berikut:

1. Aki mobil

2. Filter Udara

3. Throttle Body dan Karburator

4. Celah pada Busi

5. Celah Pada Katup Mesin

6. Penggantian cairan mesin (oli transmisi, minyak rem, oli power steering, oli garden, dan oli mesin).

Waktu Yang Dibutuhkan Tune Up

Tune up merupakan kegiatan yang wajib dilakukan secara berkala, sama seperti servis. Tetapi tune up biasanya dilakukan dengan jarak waktu yang lebih jarang dibandingkan dengan servis berkala.

Baca juga: Kenali Fungsi Stabilizer Link, Piranti yang Jaga Keseimbangan Mobil

Waktu yang dinilai paling tepat untuk melakukan tune up biasanya adalah satu tahun sekali. Tune up juga bisa dilakukan ketika mobil sudah mencapai jarak 120.000 km.

Selain itu, kita sebagai pengguna mobil juga harus peka. Jika mobil sudah tidak nyaman dikendarai atau sudah tidak mulus pengendaraannya, sebaiknya segera dilakukan tune up.

Proses tune up ini juga biasanya tidak memakan waktu yang terlalu lama. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tune up adalah sekitar satu jam.

Biaya Yang Dibutuhkan Tune Up

Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan tune up ini bisa beragam. Proses tune up ini juga bisa dilakukan di bengkel umum maupun di bengkel resmi, sehingga harganya kemungkinan berbeda tergantung di mana dilakukannya.

Baca juga: Tips Belajar Parkir Mobil untuk Pemula

Di bengkel umum, biasanya konsumen akan dikenakan biaya sekitar Rp350.000 untuk melakukan tune up. Tetapi harga ini hanya berlaku untuk tune up standar.

Jika mobil yang akan kita tune up ternyata memerlukan perawatan tambahan yang khusus, biaya tune up yang dibutuhkan pun akan lebih mahal. Biasanya biaya bisa berkisar di antara Rp300.000 hingga Rp2.000.000.

Di bengkel resmi, biasanya proses pengerjaan tune up memiliki standar dan SOP tersendiri, dan dikerjakan oleh para ahli. Karena itulah, biaya yang dibutuhkan untuk proses tune up di bengkel resmi biasanya akan jauh lebih mahal dibanding bengkel umum.

Cara Tune Up Mobil Injeksi

Setelah mengetahui waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk tune up, sekarang kita akan membahas tentang cara tune up. Ada beberapa cara tune up yang berbeda tergantung dengan jenis mobilnya.

Pertama-tama, kita akan bahas tentang cara tune up pada mobil injeksi. Langkah pertama yang dilakukan pada saat tune up untuk mobil ini adalah memeriksa baterai atau keadaan aki.

Hal tersebut dilakukan untuk memeriksa penyangga aki, hubungan terminal, serta batas air aki. Jika langkah ini selesai, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa filter udara di dalam mesin mobil.

Filter udara atau saringan udara ini dibuka dan dibersihkan. Setelah itu, barulah dicek tali kipas untuk mengetahui apakah ada keausan, keretakan, maupun ketegangan.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Untuk Ganti Kampas Rem Mobil

Biasanya, tali kipas ini akan dicek kelenturannya dengan cara memberikan tekanan sebesar 10 kg di tengah pompa.

Setelah itu, barulah pemeriksaan dilakukan pada bagian elektroda tengah yang terdapat di setiap busi. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengikisan, pecah, atau porselen pada busi rusak.

Terakhir, barulah pemeriksaan pada kabel tegangan tinggi dilakukan. Proses ini dilakukan dengan cara melepaskannya dari tutup distributor ketika melepas kabel busi.

Cara Tune Up Mobil Manual

Berbeda dengan mobil injeksi, proses tune up mobil manual ini biasanya akan dimulai dengan pemeriksaan pada beberapa komponen seperti air radiator, oli mesin, dan kondisi visual mesin.

Setelah komponen tersebut selesai diperiksa, maka tune up akan dilakukan dengan membersihkan filter udara di dalam mesin terlebih dahulu. Barulah kemudian kondisi sistem pendinginan dicek dengan cara mengecek ketinggian air pendingin.

Selanjutnya, tune up dilakukan pada bagian tutup radiator dengan menggunakan radiator cup tester. Jika bagian tersebut telah selesai mendapatkan proses tune up, maka dilanjutkan dengan memeriksa tali kipas, baterai, distributor, hingga tekanan kompresi. 

Setelah semua dicek maka proses tune up bisa dikatakan selesai. 


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan