Apa Perlunya Melakukan Tune Up Pada Mobil?

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Yunita Efendi
4 Des 2021, 18:16
  • Suka 0

Otoloka.id - Perlukah mobil di-tune up? Pertanyaan ini mungkin banyak ditanyakan oleh para pemilik mobil.

Seperti yang kita tahu, tune up ini merupakan perawatan yang dilakukan pada mobil untuk mengembalikan mesinnya ke kondisi semula. Dengan kata lain, tune up ini merupakan perawatan untuk menjaga performa mesin tetap optimal.

Saat performa, responsibilitas, maupun tenaga mobil berkurang, serta bensin terasa boros dan terjadi knocking pada mesin, memang disarankan untuk melakukan tune up. Biasanya, tune up ini memang dilakukan pada mobil-mobil yang merupakan keluaran lama.

Kebanyakan mobil modern ini memang cenderung tidak membutuhkan tune up, karena tidak lagi menggunakan pengaturan khusus seperti karburator, sistem pengapian, maupun busi.

Tetapi bagi para pemilik mobil yang masih menggunakan pengaturan-pengaturan tersebut memang sangat dianjurkan untuk melakukan tune up untuk menjaga kondisi mesin mobil.

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari melakukan tune up pada mobil. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas tentang perlunya dilakukan tune up dan manfaat dari dilakukannya tune up pada mobil.

Sekilas Tentang Tune Up Mobil

Tune up merupakan salah satu kegiatan yang sebaiknya dilakukan oleh semua pemilik kendaraan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tune up ini merupakan perawatan yang dilakukan agar kondisi mesin tetap prima dan tidak bermasalah.

Baca juga: Penting! Ini Dia Tips Ganti Oli Mobil Yang Harus Kita Tahu

Tune up sendiri berasal dari kata tune dan up yang dapat diartikan sebagai mengatur kembali atau mengembalikan performa. Secara umum, tune up dapat diartikan sebagai dilakukannya penyetelan ulang dan membersihkan semua komponen dan sistem yang ada pada mesin mobil agar keadaannya seperti semula.

Manfaat Tune Up Pada Mobil

Tune up merupakan perawatan yang dilakukan secara rutin, tetapi biasanya lebih jarang dibandingkan dengan servis berkala. Umumnya, tune up dilakukan setahun sekali atau saat mobil sudah mencapai jarak tempuh 120.000 km.

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan tune up, di antaranya sebagai berikut:

1. Mengoptimalkan Performa Mesin

Jika kita melakukan tune up mobil secara rutin, maka performa mesin mobil dapat terjaga dengan baik. Selain itu, melakukan tune up secara rutin juga diketahui bisa meningkatkan tenaga yang dihasilkan mesin.

Tune up memang perawatan yang berfokus hanya pada bagian mesinnya saja. Pada saat tune up, biasanya akan dilakukan pengecekan pada bagian oli gardan, tutup distributor, oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli, dan power steering.

Hal ini disebabkan oleh tune up yang hanya mengutamakan sektor jantung mekanis mobil saja, dan agar proses yang dilakukan bisa lebih optimal. Mesin yang sudah mendapatkan tune up biasanya akan lebih andal digunakan berkendara.

2. Memastikan Fungsi Filter Udara dan Celah Katup

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari tune up mobil salah satunya adalah memastikan komponen filter udara agar tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Dengan melakukan tune up, maka fungsi filter udara di dalam mesin mobil dapat terjaga kualitasnya.

Baca juga: Mobil Lama Tidak Dipakai, Apakah Harus Ganti Oli?

Sebagai informasi, filter udara yang kurang mendapat perawatan bisa menjadi tidak berfungsi seperti seharusnya. Hal ini akan berpengaruh terhadap performa mesin nantinya.

Selain filter udara, tune up juga perlu dilakukan untuk mengecek celah yang terdapat pada kabel busi dan celah katup. Celah busi ini harus dibersihkan untuk menjaga besaran api yang keluar.

Adanya interaksi antara busi dengan tekanan kompresi bisa mengakibatkan berubahnya jarak celah busi.

Hal ini pun berlaku pada celah katup. Komponen ini harus diperiksa dan disetel ulang agar bisa kembali terjaga kondisinya.

3. Memastikan Performa Komponen Mesin Tetap Terjaga

Tune up juga bisa berdampak baik terhadap keadaan komponen mesin. Salah satu alasan perlunya dilakukan tune up adalah untuk memastikan komponen mesin tetap stabil.

Jika komponen mesin berada dalam kondisi yang stabil, maka komponen ini bisa berfungsi dengan optimal. Alhasil, berkendara pun akan terasa lebih nyaman dan aman.

4. Memperpanjang Usia Mobil

Tune up biasanya juga dilakukan pada mobil yang sudah berusia cukup lama. Hal ini ternyata dilakukan karena tune up ini efektif untuk memperpanjang usia mobil kita.

Baca juga: Jangan Biarkan Bensin Mobil Hanya Tersisa Sedikit, Ini Sebabnya!

Seperti yang kita tahu, tune up ini bisa menjaga performa mobil. Karena itu, jika rutin melakukan tune up mobil kita akan tetap terjaga kondisinya meskipun mobil ini merupakan mobil keluaran lama.

5. Memberikan Kenyamanan Lebih Saat Berkendara

Sudah disinggung sebelumnya bahwa berkendara akan terasa lebih nyaman jika komponen yang ada pada mobil berada dalam kondisi stabil dan bekerja dengan optimal. Nah, mobil yang sering mendapatkan tune up ini sudah pasti nyaman digunakan.

Tune up ini memastikan performa mesin tetap optimal. Bukan hanya itu, mengendarai mobil yang sudah mendapatkan tune up ini juga dijamin aman karena tidak ada kerusakan pada komponen mesinnya.


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan