• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Ban Mobil Cepat Botak, Mungkin Ini Penyebabnya!

EKO
6 Des 2021, 12:52
  • Dilihat 4966
  • Suka 0

Otoloka.id- Ban merupakan komponen yang penting untuk mobil. Pasalnya, piranti ini yang pertama kali bersentuhan dengan aspal agar mobil dapat berjalan karena menerima saluran tenaga dari mesin mobil.

Karena bersentuhan langsung dengan aspal, tentu saja ban yang utamanya terbuat dari karet, akan mengalami kebotakan. Ban yang sudah mengalami kebotakan tentunya sangat membahayakan pengemudi dan sekitarnya.

Ini lantaran daya cengkram ban yang botak terhadap aspal akan berkurang, dan berpotensi untuk tergelincir. Menurut Nissan, Ada beberapa faktor yang membuat ban mobil kita menjadi cepat botak, apa saja itu?

1.    Cara Mengemudi

Ban merupakan penyalur tenaga mesin ke aspal. tenaga yang dihasilkan itu berkat gas dan rem yang dikendalikan oleh pengemudi. Apabila pengemudi berkendara dengan agresif seperti mengegas dan mengerem secara tiba-tiba, tentu saja hal tersebut akan lebih cepat mengikis ban.

Oleh karena itu, mengemudi dengan perlahan tentu akan membuat masa pakai ban lebih panjang, dengan menghindari gas dan rem secara tiba-tiba terlalu sering. Selain ban yang masa pakainya lebih lama, tentu saja penumpang akan merasa nyaman juga.

2.    Tekanan Angin

Ternyata, tekanan angin dapat mempengaruhi masa pakai ban lho. Tekanan angin yang rendah dapat membuat kembang pada ban tak habis secara merata, begitu pun dengan ban yang tekanannya terlalu tinggi.

Baca juga: Kenapa Orang Belum Tertarik Beli Ban Secara Online, Ternyata Ini Penyebabnya

Tekanan angin juga berpengaruh pada performa mobil. Oleh karena itu, selalu lihat ketentuan yang diberikan pabrikan terhadap spesifikasi ban mobil, yang berisi soal tekanan ban yang dianjurkan.

3.    Performa Mekanisme Mobil

Pada ban, sudah terdapat petunjuk mengenai rotasi ban. Apabila pemilik mobil salah memasang ban berikut rotasinya, maka ban tersebut akan memiliki masa pakai lebih pendek. Adanya petunjuk rotasi pada ban berfungsi untuk menghindari kebotakan ban di satu sisi ban.

Keausan ban di satu sisi juga bisa terjadi karena ada masalah di kaki-kaki mobil, biasanya terjadi karena pemakaian. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa melakukan spooring secara rutin, dengan begitu ban pun akan memiliki kualitas yang lebih baik.

4.    Pakai Ban yang Sesuai Spesifikasi

Pada setiap ban, terdapat kode-kode berupa huruf yang ternyata punya arti penting. Kode yang terdapat pada ban menunjukkan kecepatan maksimal yang bisa ditolerir oleh ban.

Baca juga: Mengenal Fitur Electronic Brake Distribution di Mobil Modern

Contohnya kode M yang mampu dipakai untuk mobil dengan kecepatan maksimal 130 km/jam, ada juga kode Y yang dapat digunakan untuk mobil dengan kecepatan maksimal 300 km/jam, dan kode ZR pada ban dapat digunakan untuk mobil dengan kecepatan maksimal di atas 240 km/jam. 

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan