• Home>
  • Tips & Trik>
  • Begini Cara Merawat Mesin Turbo yang Baik, Pemilik Harus Tahu
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Begini Cara Merawat Mesin Turbo yang Baik, Pemilik Harus Tahu

Dilihat 2708
Ismet
12 Feb 2021, 12:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Cara merawat mesin turbo

Otoloka.id - Teknologi turbo kini mulai digemari beberapa pabrikan mobil di Indonesia. Tidak hanya di mesin bensin, banyak juga jenama roda empat yang sudah memasang pendongkrak performa ini di mesin turbo. Dengan begitu, selain mampu meningkatkan tenaga juga membuat mesin lebih awet bahan bakar.

Namun, banyak pemilik mobil bermesin turbo belum mengetahui secara detail, cara merawat jantung penggeraknya tersebut dengan benar. Pasalnya, jika mesin diesel turbo ini sudah rusak, pastinya membutuhkan biaya yang cukup besar.

Baca juga: Cara Tepat Mengembalikan Kondisi Eksterior Jadi Mulus Kembali

Seperti mengutip dari laman Hyundai Indonesia, berikut ini ada sejumlah tips untuk merawat mesin turbo diesel agar lebih awet. Penasaran ingin tahu seperti apa? Simak ulasan ini sampai habis:

Cara Jitu Merawat Mesin Turbo

Sejatinya, merawat mesin turbo tidak jauh berbeda dengan mesin non-turbo. Hanya saja, memang perlu penanganan yang lebih spesifik agar turbo bekerja secara optimal.

Paling penting, pemilik mobil harus sering mengganti oli. Terlebih, gunakan pelumas khusus karena mesin turbo akan bekerja lebih berat.

Tak kalah penting untuk diketahui, pemilik mobil harus selalu memastikan oli yang digunakan bisa melumasi dengan baik seluruh komponen bergerak di mesin. Apalagi turbin dari turbo ini mampu berputar di atas 240 ribu rpm.

Untuk jangka waktu pergantian mesin, lebih cepat dari yang disarankan akan lebih baik. Misalnya, untuk mobil diesel lama pergantian oli per 5.000 km, tapi saat sudah 4.000 km, lebih baik sudah harus mengganti oli tersebut.

Baca juga: 4 Langkah Penting Saat Bahan Bakar Mobil Akan Habis

Selanjutnya, gunakan bahan bakar berkualitas. Bisa membuat performa lebih baik, konsumsi bahan bakar lebih efisien dan juga proses pembakaran di ruang mesin bakal lebih sempurna dan tidak meninggalkan sisa gas buang yang masih mengandung partikel solar. Bisa menempel pada turbin turbo dan ikut terbakar sehingga menyebabkan turbin terbakar dan terkikis.

Terakhir, sebagai pemilik mobil diesel bertenaga turbo, sudah seharusnya mengetahui cara menyalakan dan mematikan mesin. Saat menyalakan mesin, jangan langsung digeber, dan ketika mematikan mesin, harus dalam keadaan idle.

Alasannya, ketika turbin masih berputar sekitar 15 ribu rpm, dan kontak sudah dimatikan, maka oli sudah berhenti melumasi. Padahal masih ada salah satu komponen mesin turbo yang masih bekerja.

Jika hal tersebut terjadi, maka turbo akan cepat rusak dan bakal membutuhkan biaya yang besar untuk memperbaiki atau mengganti turbo di mesin Anda.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya