OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Begini Lho 8 Langkah Perbaikan Aki Kering Sepeda Motor!

Dilihat 9393
Arief Yuno
6 Jan 2021, 23:18
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 3

perbaikan aki kering

Otoloka.id- Aki, battery, accu atau accumulator bisa dikatakan memang merupakan salah satu komponen vital bagi kendaraan bermotor. Sebab aki menjadi satu-satunya sumber kelistrikan di dalam kendaraan. Yang berfungsi menghidupkan seluruh peranti elektronik, yang terdapat pada kendaraan. Mulai dari komponen electric starter, lampu, AC, audio, dan peranti lainnya. 

Adapun ketika aki, sebagai salah satu komponen penting tersebut mengalami kendala, seperti drop, soak, tekor atau rusak. Tentu saja semua komponen kendaraan, dalam hal ini sepeda motor-, yang terkoneksi dengan aki tidak lagi mampu berfungsi optimal. Atau malahan komponen yang menggunakan rangkaian elektronik tadi bisa mati total, karena tidak ada lagi asupan aliran listrik ke dalamnya.

Rutin Bersihkan Aki

lap perbaikan aki kering motor

Itulah sebabnya, pemilik sepeda motor harus senantiasa menjaga agar aki tetap berfungsi dengan baik. Caranya antara lain, dengan rutin membersihkan bodi, terutama bagian kepala aki. Lalu kerapkali memantau usia aki, tidak membebani aki dengan muatan kapasitas listrik berlebihan, dan banyak lagi. Jelas ini dilakukan, supaya aki tetap prima. Yang paling penting adalah fungsi utama dari aki tetap ada, dan pemilik sepeda motor bisa senantiasa menggunakan sepeda motornya untuk beraktivitas setiap saat. 

Dalam dunia otomotif, aki sendiri terbagi menjadi dua macam, yakni aki basah dan aki kering. Saat ini kita hanya akan membahas aki kering, dimana aki kering merupakan sumber listrik bertenaga DC (direct current), yang juga bisa dikatakan sebagai Battery Maintenance Free (MF Battery). 

Memang pada hakikatnya dari sisi perawatan, untuk merawat aki kering itu relatif mudah, serta memiliki aliran listrik yang lebih kuat dan stabil. Atas dasar itulah, belakangan ini banyak produsen otomotif telah menggunakan aki kering, sebagai komponen sumber kelistrikan pada kendaraan produksi mereka. 

Kendati demikian, dimana-mana yang namanya komponen buatan, tentu saja memiliki batas usia pemakaian. Namun, usia pemakaian tersebut bisa diperpanjang, atau dibikin awet. Apabila pemilik bisa merawat, dan menjaganya dengan seksama.

Cara Perbaikan Aki Kering Motor

aki kering

Bagi pemilik sepeda motor, barangkali tak ada ruginya juga mengetahui bagaimana cara mereparasi atau memperbaiki aki kering. Ketika dirasakan kondisi aki tersebut kinerjanya sudah mulai berkurang, soak atau rusak. Supaya aki bisa kembali dimanfaatkan pada sepeda motor dengan sebagaimana mestinya.

Seperti dikatakan sebelumnya di awal, merawat aki kering bisa jadi akan lebih mudah dibanding merawat aki basah. Pun bila kita lupa mengecek kondisi aki, tidaklah terlalu jadi kendala, karena aki kering tak perlu di isi carian layaknya aki basah. Walaupun dari segi harga, aki kering biasanya memiliki harga jauh lebih mahal dibanding aki basah. 

Kembali bicara mengenai bagaimana cara para pengguna sepeda motor mereparasi atau memperbaiki sendiri aki kering di tunggangan kesayangan, berikut ini ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.

1. Siapkan Alat dan Bahan

cek perbaikan aki kering

Sebelum lebih jauh mengerjakan proses perbaikan aki, maka kita perlu menyiapkan sejumlah alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses perbaikan tersebut. Agar ketika pembongkaran aki mulai dilakukan, kita tak perlu ribet wara-wiri lagi sekadar mencari alat yang bisa digunakan. 

a. Air Aki atau Zuur

Bahan yang pertama-tama harus disiapkan dalam proses perbaikan aki kering adalah, kita perlu membeli air aki yang disebut Zuur. Pastikan yang kita beli adalah air yang khusus untuk pengisian aki baru, bukan untuk sebatas menambah cairan aki.

b. Obeng dan Alat Pengungkit

Sediakan obeng minus (-), obeng plus (+), pisau, gergaji besi. Atau sediakan juga sebuah pengungkit, yang nantinya bisa dipakai untuk membuka tutup bagian atas dari aki kering tersebut.

c. Solasi atau selotip Ukuran Besar

Persiapkan bahan berupa solasi, sealent atau selotip berukuran besar. Dapat juga menggunakan lem plastik atau lem tembak. Bahan ini nantinya berguna untuk memperkuat penutup aki. Yaitu setelah lubang aki terisi air aki semua, dan lubang tersebut sudah ditutup menggunakan penutup aki. 

d. Kain Lap

Nantinya kain lap akan dapat digunakan untuk menyeka, apabila ada cairan yang tidak sengaja menetes atau terjatuh ke bagian yang tidak diinginkan.

e. Suntikan Tinta Printer

Terakhir, bahan atau alat yang harus disediakan sebelum membongkar aki kering adalah menyiapkan sebuah suntikan tinta printer atau semacamnya. Alat ini nantinya untuk digunakan memasukan air Zuur ke dalam bodi atau kotak aki kering

Bila sudah dipersiapkan bahan dan alat tersebut, kemudian pastikan kembali agar tidak ada lagi bahan atau alat yang tertinggal. Sehingga ketika kita melakukan proses perbaikan aki kering ini berjalan lancar tanpa hambatan. 

Jika sudah dipastikan semua alat serta bahan yang diperlukan tersedia, tanpa ada yang tertinggal, barulah kita bisa membongkar, serta memperbaiki aki kering tersebut. Lakukan secara perlahan, tanpa harus tergesa-gesa.

2. Lepas Aki dari Sepeda Motor

test perbaikan aki kering

Langkah berikutnya setelah menyiapkan alat dan bahan, cara untuk mereparasi aki kering adalah dengan melepas aki dari motor. Perlu menjadi perhatian adalah harus terlebih dahulu melepas kutub positif (+) pada aki. Ini bertujuan, apabila seandainya secara tak sengaja kita menjatuhkan perkakas tangan dari besi. 

Lalu mengenai bagian mobil, dan bersentuhan dengan kutub negatif (-), sedangkan posisi kutub positif (+) masih menempel pada kepala aki, biasanya akan berisiko menimbulkan percikan api. Pastinya bila hal tersebut terjadi, dapat membuat kita kaget.

3. Bersihkan Aki

bersihkan perbaikan aki kering

Usai aki kering dilepas dari sepeda motor, alangkah baiknya bagian luar dari aki tersebut dibersihkan terlebih dahulu. Sehingga, ketika mulai membongkarnya, kotoran yang melekat pada bagian atas aki tidak jatuh mengotori bagian yang tidak seharusnya kena kotoran. Untuk membersihkannya hanya perlu menyeka bagian yang kotor dengan menggunakan kain lap yang sudah disiapkan.

4. Buka Tutup Bagian Atas

tutup perbaikan aki kering

Langkah selanjutnya adalah membuka cover atau penutup aki bagian atas hingga terbuka. Caranya bisa menggunakan obeng minus (-) yang sudah kita siapkan. Biasanya cover atau penutup pada aki kering ini lumayan tertutup rapat, dan sukar untuk di buka. Jadi harus dilakukan secara hati-hati dan perlahan.

Namun ada saran membuka bagian penutup aki tadi menggunakan pisau, atau gergaji yang memang telah kita siapkan sebelumnya. Lakukan dengan ekstra hati-hati, agar pisau dan gergaji tidak sampai melukai tangan. Agar kondisi aki tidak semakin rusak parah, karena adanya kesalahan membuka tutup yang tidak diinginkan.

Ada pula yang menyarankan membuka bagian atas aki yang terdapat tulisan ‘Do Not Open’, dengan cara menggergaji bagian tersebut. Lakukan hal yang sama untuk bagian samping serta belakang dari penutup aki tersebut.

5. Mengisi Air Aki (Zuur)

isi perbaikan aki keringkering

Jika penutup bagian atas pada aki sudah terbuka, kita akan menemukan 3 (tiga) sampai 10 lubang karet sesuai kapasitas amperenya. Siapkan dulu kain lap, dan alat suntikan yang biasa dipakai mengisi tinta printer. 

Selanjutnya isi lubang-lubang tersebut dengan air aki atau Zuur dalam takaran 15 ml, atau hingga 1 cm di bawah tiap-tiap lubang, dengan menggunakan suntikan tinta printer tadi. Dan jika masing-masing lubang sudah terisi, tutup kembali bagian lubang karet tersebut.

Perlu digarisbawahi, hindari kontak langsung cairan aki dengan kulit. Karena berisiko dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jikalau terlanjur kena kulit, segera gosok dan bersihkan dengan menggunakan sabun, agar iritasi tadi bisa berkurang.

6. Pasang Lagi Penutup Bagian Atas

lem perbaikan aki kering motor

Pastikan semua lubang karet sudah tertutup semua seperti semula. Bila sudah, segera lakukan perekatan menggunakan selotip atau lem yang telah tersedia, untuk menutup kembali cover aki bagian atas. Pastikan saat perekatan tutup aki, tidak ada celah sedikitpun yang terbuka. Supaya tidak ada udara yang bisa masuk maupun keluar dari dalam aki.

7. Mengisi Daya Listrik Aki

cas perbaikan aki kering motor

Proses berikutnya adalah mengisi tegangan daya pada aki kering. Atau bahasa bengkel biasa menyebutnya sebagai proses setrum aki. Pada bagian ini, umumnya menggunakan dua metode. Yakni mengisi aki dengan cara pengecasan. Atau bisa juga mengisi aki dengan menggunakan teknik ‘jumper’. 

a. Metode Pengecasan

Ini bukan cara baru dalam urusan aki. Apalagi kalau ke tukang servis aki, biasanya sudah menyediakan sebuah alat untuk mengisi arus listrik pada aki tersebut. Mirip dengan pengecasan ponsel, pada pengisian daya aki kering ini juga menggunakan alat yang bisa disebut Adaptor atau Trafo. 

Sama seperti Adaptor pada pengecasan ponsel atau laptop, akan tetapi kapasitas Ampere pada Adaptor ini jauh lebih besar. Sehingga proses pengisiannya bisa berlangsung lebih cepat.

b. Metode Teknik Jumper

Untuk bisa melakukan proses ini, dibutuhkan bantuan dari aki lain, yang tentunya masih dalam keadaan baik dan sehat. Bagaimana caranya? Bisa dikatakan menerapkan cara ini tergolong mudah. Hanya perlu menghubungkan antara aki kering yang kita perbaiki, dengan aki lain yang sehat, menggunakan penghubung kabel. 

Jadi kabel dari kutub plus (+) aki lain, ke kutub plus (+) aki yang telah kita perbaiki. Begitupula kutub minus (-) aki lain ke kutub minus (-)aki kering yang telah diperbaiki. Kemudian nyalakan mesin sepeda motor yang terdapat aki yang masih sehat tadi, lalu diamkan selama kurang lebih 30 sampai 60 menit.

8. Pengecekan Akhir

periksa perbaikan aki kering motor

Langkah pamungkas tahapan memperbaiki aki kering yang bisa kita kerjakan sendiri adalah proses pengecekan, atau bahasa kerennya Quality Control (QC). Dalam hal ini, diperlukan sebuah alat ukur, agar bisa mengetahui secara pasti apakah aki kering yang sudah diperbaiki dan disetrum atau di jumper sudah terisi daya atau belum. 

Apabila perbaikan aki kering tadi sudah berhasil, dan aki bisa digunakan untuk menyalakan sepeda motor. Sebaiknya biarkan sepeda motor dengan aki kering reparasi tersebut menyala hingga 15 sampai 30 menit dalam posisi stasioner. Agar tegangan baru pada aki bisa menyesuaikan dengan kondisi sepeda motornya.

  • Suka 3
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya