OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Berapa Harga Body Repair Mobil di Berbagai Jenis Bengkel Sekarang?

Dilihat 1356
Ismet
4 Jun 2021, 21:30
    • whatsapp
    • facebook
    • twitter
  • 0
  • Laporkan

Otoloka.id - Biaya body repair mobil adalah hal yang harus diketahui oleh para pengguna mobil. Utamanya bagi anda pengguna mobil sebagai kendaraan sehari-hari, mengetahui biaya perbaikan ini berguna untuk menyiapkan dana yang dibutuhkan dan mampu menentukan di mana harus memperbaiki mobil anda.

Kerusakan pada body mobil bisa terjadi lantaran pemakaian sehari-hari dan usia pemakaian. Kerusakan akibat senggolan kecil di jalanyang kemudian mengakibatkan goresan di body mobil Anda. Dalam kondisi yang seperti ini, Anda membutuhkan body repair dan pengecatan ulang.

Namun sebelum Anda memutuskan pergi ke bengkel body repair dan cat mobil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Seperti pemilihan bengkel, kualitas pekerjaan sampai dengan harga yang ditawarkan. Jangan sampai terjebak pada bengkel dengan harga mahal namun kualitas pekerjaan ala kadarnya.

Sebelum mengulas lebih dalam, simak terlebih dahulu tentang body repair seperti yang dilansir dari laman remsi Wuling Indonesia berikut ini.

Pengertian Body Repair

Body repair adalah perbaikan pada body mobil Anda akibat tabrakan atau pemakaian sehari hari yang meliputi perbaikan atau penggantian panel dengan menggunakan metode tertentu. 

Pada umumnya untuk melakukan perbaikan ringan dan sedang, bengkel akan melakukan metode washer welder, palu on-off dolly dan shinking. Sedangkan perbaikan berat seperti penyambungan atau penggantian panel, bengkel biasanya akan melakukan metode CO2 mig / mag welding.

Baca juga : Daftar Lengkap Ukuran Ban Motor, Pilih yang Benar!

Ada 3 tahapan utama yang dilakukan saat berada di bengkel body repair, yaitu:

• Tahap pertama, bengkel akan melakukan identifikasi panel yang mengalami kerusakan.

• Tahap kedua, panel yang mengalami kerusakan akan dilakukan perbaikan, terdiri dari pembersihan/pengamplasan, pendempulan sampai pengecatan ulang.

• Tahap ketiga, panel yang sudah dilakukan perbaikan akan di finishing dengan melakukan pemolesan menyeluruh supaya mengkilap.

Fungsi Body Repair

Fungsi utama dari body repair adalah melakukan perbaikan terhadap mobil Anda yang mengalami permasalahan dan kerusakan. Selain itu body repair juga akan mengembalikan warna baru mobil Anda akibat lecet ataupun tabrakan yang berakibat pada hilangnya warna asli mobil. Dari tahapan pengerjaan saat berada di bengkel body repair, hasil finishingnya sangat memuaskan dengan kembalinya kilap mobil Anda dengan berbagai perlindungan seperti anti karat dan anti jamur.

Hasil finishing yang memuaskan ini berasal dari 4 lapisan cat yang digunakan saat body repair. Lapisan pertama adalah lapisan primer yang mencegah karat besi mobil, lalu surfacer sebagai pencegahan defect absorb. 

Lapisan diatasnya adalah base coat sebagai warna utama dari mobil dan terakhir adalah clear coat untuk mencegah cat mobil menjadi pudar. Selain itu clear coat juga berfungsi untuk mengilapkan cat mobil.

Pemilihan Bengkel Body Repair

Untuk mengerjakan body repair, sebaiknya jangan asal pilih terlebih hanya karena harganya yang murah saja. Karena akan berdampak langsung body ataupun cat mobil yang tidak rapi. Yang paling sering terjadi adalah hasil finishing panel yang dikerjakan tampak berbeda dengan panel yang lain, sehingga warna mobil akan tampak menjadi belang.

Anda bisa menemui cukup banyak bengkel body repair, baik yang membuka bengkel sendiri atau jasa pengecatan di pinggir jalan dengan harga yang bervariasi. Tidak jarang hasil yang diberikan juga cukup baik, mengingat tidak sedikit perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan bengkel body repair seperti ini untuk menekan biaya perbaikan namun dengan hasil pengerjaan yang cukup baik.

Nah, yang harus benar-benar diperhatikan adalah bagaimana riwayat bengkel tersebut selama berdiri, pengalaman dan bagaimana teknik pengecatan yang dimiliki bengkel tersebut. Salah satu indikasi bengkel tersebut memiliki kualitas yang baik adalah memiliki banyak pelanggan tetap dan banyak dijadikan referensi para pengguna mobil. Jadi banyak banyak mencari informasi mengenai bengkel yang akan Anda tuju.

Namun untuk hasil yang lebih baik sangat disarankan untuk mengerjakan di bengkel resmi body repair, karena mobil Anda akan dikerjakan oleh tenaga profesional dan penggunaan cat yang jauh lebih berkualitas. 

Kalau body repair non resmi biasanya menggunakan cat duco yang merupakan singkatan dari DuPont Corporation, sementara bengkel body repair resmi biasanya menggunakan merk cat yang lebih berkualitas seperti Sikkens, Spies Hecker dan Stansdoke.

Range Harga & Biaya

Saat melakukan body repair, ada beberapa langkah perbaikan yang dilakukan pada bagian mobil yang mengalami kerusakan. Ada beberapa komponen biaya yang harus diperhitungkan untuk body repair, mulai dari perbaikan penyok, ataupun pengelasan apabila ada karat, pengecatan hingga finishing. Semua biaya ini dapat dihitung untuk full body mobil ataupun per panel,

Range perhitungan biaya perbaikan yang dilakukan untuk bengkel non resmi sedikit lebih murah dibandingkan bengkel resmi, estimasi biayanya adalah sebagai berikut.
• Standar Panel Pintu, spoiler, sideskirt, bumper, fender/spakbor berkisar antara Rp 300.000 – Rp 450.000
• Kap bagasi dan mesin mobil berkisar antara Rp 400.000 – Rp 600.000
• Atap mobil berkisar antara Rp 500.000 – Rp 800.000

Sementara itu untuk biaya perbaikan yang dilakukan untuk bengkel resmi sedikit lebih mahal, karena menggunakan bahan cat yang jauh lebih berkualitas dan tenaga profesional. Pada bengkel body repair resmi harga per panel adalah sekitar Rp 700.000 dan untuk atap adalah Rp 1,8 juta. Sementara untuk penggunaan cat yang lebih berkualitas seperti Sikkens dan Spies Hecker harganya berkisar antara Rp 800.000 untuk setiap panel.

Setelah kita mengetahui range biaya perbaikan dan pengecatan per panel, sekarang kita hitung biaya estimasi pengecatan untuk full body dengan menggunakan cat oven. Anda bisa melakukan pengerjaaan yang lebih murah di bengkel non resmi, namun untuk hasil pengerjaan cat dan finishing yang lebih baik Anda bisa memilih menggunakan bengkel body repair resmi.

• Full body dengan menggunakan bahan Nippon Paint, DuPont, Apsara, dan Blinken, Anda bisa mendapatkan dengan harga Rp 4 juta (tergantung ukuran dan kondisi body mobil dan pemilihan warna)

• Full Body dengan menggunakan bahan Sikkens dan Spies Hecker, Anda bisa mendapatkan dengan harga Rp 9 juta (tergantung ukuran dan kondisi body mobil dan pemilihan warna).

Sebagai referensi lain, laman resmi Daihatsu Indonesia juga memberikan informasi lain terkait biaya body repair mobil. Baik di bengkel body repair umum, bengkel resmi, maupun di bengkel cat duco. Pembahasan soal kisaran biaya itu bisa disimak sebagai berikut!

Biaya Body Repair Mobil di Bengkel Body Repair Umum

Kita mulai dari bengkel umum terlebih dahulu. kisaran biaya di bengkel umum. Di bengkel umum, biaya body repair mobil biasanya dipatok per panel. Untuk panel kecil, bengkel umum menawarkan harga Rp 350 ribu - Rp 600 ribu.

Untuk panel besar, bengkel umum menawarkan biaya body repair sebesar Rp 600 ribu - Rp 800 ribu. Jika anda mau body repair secara full body, maka anda harus mengeluarkan kocek sekitar Rp 8 juta - Rp 5 juta.

Biaya Body Repair Mobil di Bengkel Resmi

Kini kita beralih ke bengkel resmi. Secara harga, bengkel resmi tergolong sedikit mahal dibanding bengkel umum. Untuk panel kecil dan besar, bengkel resmi menawarkan harga Rp 700 ribu - Rp 1,5 juta.Adapun untuk full body, bengkel resmi menawarkan harga di angka Rp 15 juta. Harga itu belum termasuk biaya pengelasan ataupun biaya lainnya.

Biaya Body Repair Mobil di Bengkel Cat Duco

Di antara dua bengkel sebelumnya, bengkel cat duco punya kisaran harga yang paling murah.Untuk per panelnya, bengkel cat duco hanya menerapkan tarif Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu.

Adapun untuk full body, anda hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp 2,5 juta - Rp 5 juta. Menariknya, semua harga yang ditawarkan bisa anda nego, hingga sesuai dengan harga yang anda inginkan.

Baca juga : Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Samsat Online, Mudah Lho!

Pilihlah yang Sesuai dengan Bujet atau Kebutuhan

Di antara dua kisaran biaya di atas, mana yang harus dipilih? Jawabannya sangat tergantung dari budget atau kebutuhan anda. Jika anda punya budget terbatas dan ingin melakukan body repair skala menengah, bengkel body repair umum bisa menjadi pilihan.

Jika ingin mengganti body mobil anda dengan body yang sesuai dengan keluaran pabrik, maka bengkel resmi adalah tempat yang harus anda tuju. Adapun jika ingin melakukan body repair mobil dalam skala ringan serta murah harganya, maka bengkel cat duco adalah pilihan tepat.

Jangan Salah Pilih Bengkel

Untuk anda yang mau body repair di bengkel umum atau cat duco, mohon agar jangan sampai salah pilih bengkel. Sebab, sekarang sudah banyak bengkel umum dan cat duco yang tidak bertanggung jawab.

Jangan sampai uang yang Sahabat keluarkan jadi sia-sia, karena melakukan body repair di bengkel abal-abal. Agar hal itu tidak terjadi, anda bisa mengecek seperti apa reputasi bengkel yang nanti akan anda incar.

Salah satu cara untuk mengecek reputasi sebuah bengkel adalah dari pelanggannya. Bengkel umum atau cat duco yang asli biasanya punya banyak pelanggan tetap. Atau, setidaknya banyak direkomendasikan oleh para pengguna mobil yang berpengalaman.

  • 0
  • Laporkan
    • whatsapp
    • facebook
    • twitter
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor

    Berita Terpopuler

    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya