• Home>
  • Tips & Trik>
  • Berburu BMW Seri 3 E30, Ketahui Dulu Apa Saja Penyakitnya!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Berburu BMW Seri 3 E30, Ketahui Dulu Apa Saja Penyakitnya!

Dilihat 4194
Ismet
5 Nov 2021, 17:30
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

berburu bmw seri 3 e30

Otoloka.id- Tren digital saat ini sangat pesat meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap dunia otomotif. Termasuk juga untuk tren daya pikat mobil klasik, salah satunya BMW Seri 3 E30. Tak hanya untuk kaum dewasa, generasi milenial pun saat ini tak sedikit yang gemar dengan mobil ini.

Mobil ini populer juga dengan julukan mobil “Mas Boy” karena jadi mobil kesayangan pemeran utamanya Boy, yang diperankan Onky Alexander dalam film Catatan si Boy. Sedan yang berkode sasis E30 ini dianggap memiliki tampilan yang seolah tidak habis termakan zaman dan juga masih menyenangkan untuk dikendarai.

BMW Seri-3 tersebut diproduksi pada tahun 1982 hingga 1991 dan digandrungi oleh banyak kalangan saat ini.

BMW E30 yang Beredar di Indonesia

BMW E30 pertama kali hadir pada tahun 1986 dengan mengusung seri 318i. Hadir sebagai model CKD pertama BMW di Indonesia, mobil ini diproduksi oleh Gaya Motor Sunter mulai tahun 1986. 

Di Indonesia, BMW E30 hadir dalam dua varian: M10 dan M40.

Mesin M10 mengusung konfigurasi mesin 4-silinder segaris SOHC berkapasitas 1,8 liter yang menghasilkan tenaga 103 dk dengan torsi 145 Nm. 

Sementara untuk M40, memiliki tenaga yang lebih besar yaitu 111 dk dan torsi 162 Nm. Baik M10 atau M40 sama-sama hanya punya pilihan transmisi manual.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sedan, Konsumen Mesti Tahu!

Bagi Anda yang sedang mengincar BMW Seri 3 E30 bekas, setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya. Simak berikut ini ulasannya:

1. Bodi Keropos

Jika Anda mengecek mesinnya, lihat tanda tanda keropos. Kalau ada keropos di kap mesinnya, hampir pasti chassis dan bagian bagasinya keropos juga. Jika anda mendapati BMW E30 yang diiklankan dengan harga Rp40 juta kebawah sudah bisa dipastikan ada bagian keropos.

Mobil yang keropos juga memiliki grounding kelistrikan yang buruk sehingga satu per satu fungsi elektrikal mobil Anda akan bermasalah.

Untuk memperbaiki mobil yang keropos, tidak ada cara lain selain melepas semua bagiannya sampai kosong total lalu melakukan pengelasan. Biaya jasanya sama saja dengan overhaul keseluruhan mobil total.

2. Steering Rack BMW E30

BMW E30 sering dikendarai dengan beban yang berat pada setirnya karena dipakai menikung ekstrim, apalagi jika velg diganti ukuran besar dan tapak ban yang lebar. Steering racknya akan cepat aus, dan biasanya di jalan jelek akan terdengar bunyi bunyi seperti ada gigi yang dol pada setir diikuti oleh getaran.

Penggantian steering rack ini hampir tidak ada yang baru, solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah menggantinya dengan kepunyaan E46 yang lebih baru, akan tetapi biayanya tidak murah, harganya berkisar diatas Rp5 juta.

3. Instrument Cluster Mati

Jika Anda membaca forum mengenai BMW E30, Anda akan menemukan bahwa meskipun kelistrikan E30 sangat sederhana, tapi instrumentasinya tidak. Sistem instrument cluster BMW E30 sangat buruk, dan Anda akan lumayan sering menemukan kasus speedometer mati, tachometer mati dan sebagainya.

Jika hal itu terjadi, Anda harus mengganti sekering, tachometernya, bahkan instrument cluster copotan secara keseluruhan dan masalah belum selesai, kelihatannya sinyal dari ECU menuju cluster bermasalah. Jadi carilah unit yang dari awal clusternya berfungsi dengan baik.

Baca juga: 10 Mobil Sedan Paling Irit BBM, Kala Elegansi Bertemu Kompromi

4. Dashboard dan Interior

Dashboard E30 merupakan bagian yang rawan retak, dan semua unit akan retak pada waktunya. Jok dari E30 yang terbuat dari beludru juga akan sobek pada waktunya, oleh karena itu usahakan cari unit yang dashboardnya mulus dan tidak distiker. Stiker fungsinya menutup sesuatu, dan semua dashboard yang distiker pastinya retak parah dibalik itu.

Khusus untuk jok, tidak masalah jika joknya diretrim kulit asalkan retrimnya rapi. Anda akan lebih tenang dengan retrim kulit yang rapi ketimbang beludru bawaan pabrik, harga copotannya mahal dan rentan sobek juga.

5. Hydraulic Valve Lifter pada mesin E30 M40

Semua mesin M40 yang sudah berumur akan berbunyi sangat kasar, dan akan lebih parah jika jarang ganti oli, atau menggunakan oli viskositas terlalu encer. Mesin akan berbunyi seperti traktor, dan ini akan menghambat performa mesin. Mesin yang bermasalah pada lifternya akan kesulitan meraung lebih dari 5000 rpm. 

Itulah hal-hal yang harus diketahui bagi Anda yang sedang mengincar BMW E30 sebagai mobil idaman atau koleksi baru. So, selamat berburu!

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya