• Home>
  • Tips & Trik>
  • Berikut Ini Beberapa Rekomendasi Air Radiator Yang Bagus Untuk Mobil!
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Berikut Ini Beberapa Rekomendasi Air Radiator Yang Bagus Untuk Mobil!

Yunita Efendi
6 Des 2021, 16:20
  • Dilihat 4759
  • Suka 0

Otoloka.id - Sedang mencari rekomendasi air radiator yang bagus untuk mobil? Air radiator memang sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap stabil dan ideal.

Karena itulah, kita perlu lebih jeli dalam memilih air radiator yang bagus. Air radiator mobil yang tidak cocok dapat berimbas kepada mesin mobil yang terlalu panas saat proses pembakaran berlangsung.

Mesin yang terlalu panas ditambah dengan proses pendinginan yang tidak sempurna akibat air radiator yang tidak cocok ini bisa berakibat fatal. Beberapa yang paling parah antara lain piston mesin yang macet.

Nah, supaya tidak terkecoh, kali ini kita akan membahas beberapa rekomendasi air radiator yang bagus untuk mobil. Daripada semakin penasaran, langsung kita simak saja informasinya berikut ini!

Kenapa Harus Pakai Radiator Coolant?

Banyak orang yang lebih memilih menggunakan air mineral maupun air tanah sebagai pendingin mesin mobil dibandingkan dengan radiator coolant yang khusus. Padahal, radiator coolant alias air radiator ini memiliki kinerja yang sangat berbeda dengan air biasa.

Sebelum kita membahas beberapa rekomendasi air radiator yang bagus untuk mobil, mari kita lihat beberapa manfaat menggunakan air radiator sebagai berikut.

1. Memiliki Kemampuan Memindahkan Panas

Kandungan senyawa yang terdapat pada air mineral maupun air tanah ini berbeda dengan kandungan senyawa yang dimiliki oleh air radiator mobil. Air radiator ini memiliki kemampuan untuk memindahkan panas dari bagian dinding silinder.

Air radiator ini kemudian akan menyerap sisa panas dan memindahkannya ke sisi luar silinder. Setelah itu, cairan akan bergerak ke tabung utama radiator untuk mendinginkannya.

Air radiator yang sudah membawa panas ini memiliki tingkat tekanan udara yang tinggi. Karena itu, kita harus memilih air radiator yang bisa bekerja dengan maksimal, baik dalam menyerap panas, maupun dalam mendinginkan mesin.

Baca juga: Apa Itu Tune Up Mobil? Mari Kita Cari Tahu Lebih Jauh!

Air mineral maupun air tanah tidak mampu bekerja sama efektifnya dengan air radiator dalam hal mendinginkan mesin. Malahan, penggunaan air mineral ini dapat beresiko menimbulkan korosi pada bagian silinder mesin.

2. Mencegah Karat

Penggunaan air radiator juga lebih aman dibanding air biasa karena air radiator ini memiliki senyawa yang bisa mencegah terjadinya proses karat. Air radiator ini juga mengandung senyawa propylene glycol yang mengatur titik didih dan titik beku cairan.

Senyawa ini bisa membuat titik didih cairan lebih tinggi dan titik bekunya menjadi lebih rendah. Titik didih yang tinggi akan membuat cairan di dalam mesin lebih sulit menguap meskipun bersinggungan dengan suhu yang sangat tinggi di dalam mesin.

3. Tahan Lama

Penelitian menunjukkan bahwa air radiator yang didesain khusus memiliki titik didih yang bisa mencapai 110 derajat celcius. Dengan titik didih yang lebih tinggi, air radiator akan lebih tahan lama karena tidak mudah menguap saat terkena panas silinder mesin.

Hal ini akan membuat air radiator bertahan lebih lama di dalam mesin dibandingkan air biasa. Air radiator biasanya bisa bertahan hingga 2 tahun atau pemakaian hingga 48.000 km.

Baca juga: Kenali Fungsi Stabilizer Link, Piranti yang Jaga Keseimbangan Mobil

Cara Memilih Air Radiator Yang Tepat

Dalam memilih air radiator untuk mobil kita memang tidak bisa sembarangan. Untuk menjaga kondisi mesin mobil agar tetap prima, kita bisa memilih air radiator dengan cara berikut:

1. Pastikan adanya kandungan senyawa Propylene dengan kandungan konsentrat mencapai 20 sampai 50%. Untuk mengeceknya, bisa menggunakan refractometer.

2. Pastikan titik didih air radiator tersebut tinggi agar kinerjanya lebih optimal

3. Pastikan air radiator yang kita pilih memiliki kandungan glycol yang bisa menaikkan titik didih dan merendahkan nilai titik beku dari pendinginan.

4. Pilih air radiator yang tidak beresiko meninggalkan endapan pada saluran pendinginan.

Rekomendasi Air Radiator Yang Bagus Untuk Mobil

Sekarang mari kita masuk ke pembahasan utama. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi air radiator yang bagus untuk mobil kita.

1. Winmax

Winmax merupakan salah satu air radiator pabrikan Jepang yang memiliki ciri khas dengan cairannya yang berwarna hijau. Air radiator ini memiliki tambahan bahan aditif yang efektif menurunkan suhu pada mesin dan dapat menurunkan temperatur alat berat, motor, mobil dan kapal laut.

Selain itu, Winmax juga diketahui memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya korosi pada mesin dan meningkatkan pendinginan AC. Bukan itu saja, air radiator ini juga bisa melindungi mesin dari resiko terjadinya thermostat dan water pump.

2. Top1

Merek satu ini memang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Tidak heran jika merek ini direkomendasikan sebagai air radiator yang bagus untuk mobil.

Baca juga: Penting! Ini Dia Tips Ganti Oli Mobil Yang Harus Kita Tahu

Top One Power Coolant memiliki cairan berwarna hijau dan dibuat menggunakan air demineralisasi yang diolah dengan teknologi Long Life Formula. Air radiator ini juga mengandung senyawa aditif ethylene glycol di dalam coolant ini sebanyak 20 persen.

Selain itu, agar lebih efektif mencegah korosi dan meningkatkan pendinginan mesin, Top One dilengkapi dengan zat organik dari Amerika yang disebut dengan carboxylate rush inhibitors. Dan yang lebih hebatnya, titik didih pada Top One ini bisa mencapai 118 derajat celcius.

3. Prestone

Satu lagi rekomendasi air radiator yang bagus untuk mobil, yakni Prestone. Air radiator yang berwarna hijau ini cukup unik karena memiliki kemampuan untuk melindungi aluminium dan besi.

Air radiator yang satu ini juga bisa dicampurkan dengan pendingin lainnya atau antifreze. Titik didih yang dimilikinya juga cukup tinggi, hingga 130 derajat celcius.

Hal ini membuat Prestone efektif menjaga terjadinya overheat, boil over, dan freeze up pada mesin. Air radiator ini juga diketahui mampu mendukung performa pendinginan AC mobil.

4. Brystone

Brystone merupakan air radiator yang diproduksi dengan teknologi Jepang yang canggih. Air radiator yang berwarna merah ini bisa melindungi mesin dari resiko korosi dan overheat.

Brystone diketahui bisa menurunkan suhu mesin dengan optimal, bahkan jika kendaraan berada di bawah sinar matahari yang terik. Selain itu, air radiator ini juga bisa membuat AC menjadi lebih dingin.

5. Vegacool

Terakhir pada rekomendasi air radiator yang bagus untuk mobil ini ada Vegacool. Vegacool ini air radiator yang bisa digunakan untuk mobil maupun motor.

Air radiator yang satu ini diketahui sangat berkualitas dan sudah memenuhi standar ISO 9001. Bukan hanya efektif untuk mencegah terjadinya overheat, air radiator ini juga bisa mencegah timbulnya korosi pada mesin.


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan