• Home>
  • Tips & Trik>
  • Biaya Servis Suzuki Baleno Hatchback Jadi Faktor Penentu Pilihan Konsumen
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Biaya Servis Suzuki Baleno Hatchback Jadi Faktor Penentu Pilihan Konsumen

Dilihat 4965
Amanda
18 Okt 2021, 11:06
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Biaya servis Suzuki Baleno Hatchback memang wajib untuk diketahui calon konsumen maupun para pemilik mobil ini. 

biaya servis baleno hatchback

Siapa yang tidak kenal dengan nama Baleno? Mobil pabrikan Suzuki ini pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 1995 dengan mengusung model sedan.

Nama Baleno sendiri ternyata digunakan khusus untuk pasar otomotif Indonesia saat itu. Di Jepang, mobil ini disebut dengan nama Suzuki Cultus Crescent.

Baleno dengan model hatchback pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015. Barulah pada tahun 2017, mobil hatchback ini diluncurkan secara resmi di Indonesia.

Kehadiran Suzuki Baleno hatchback memang mendapatkan respons yang cukup baik dari para pecinta otomotif di Indonesia. Karena itu, banyak orang yang berminat untuk membeli mobil ini.

Biaya servis Suzuki Baleno Hatchback memang hal yang penting untuk diketahui oleh calon konsumen maupun pemilik mobil untuk menyiapkan dana yang diperlukan di masa depan. Berikut ini informasi mengenai biaya servis Suzuki Baleno Hatchback.

Tentang Suzuki Baleno Hatchback

1. Mesin Suzuki Baleno Hatchback

Jika kita bicara soal biaya servis, kurang sah rasanya kalau kita tidak bicara soal mesin Suzuki Baleno. Pasalnya, mesin memang merupakan bagian mobil yang paling banyak mengalami pergantian komponen ketika dilakukan servis berkala.

suzuki baleno hatchback

Suzuki Baleno mengandalkan mesin 4 silinder berkode K14B sebagai jantung mekanisnya. Mesin ini diketahui memiliki kapasitas sebesar 1.373 cc.

Soal tenaganya sendiri, mesin yang digendong Baleno ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 91 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara raihan torsi tertingginya berada di angka 130 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Mesin ini dikawinkan dengan dua jenis transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Tenaga yang dihasilkan mesin ini disalurkan melalui sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive.

2. Fitur Suzuki Baleno Hatchback

Bicara soal fiturnya, ternyata Suzuki tidak pelit menyematkan fitur pada mobil yang satu ini. Meskipun tidak ada yang terlalu istimewa, Suzuki Baleno memiliki fitur yang sudah cukup baik.

Baca juga: Menakar Biaya Perawatan Suzuki Baleno Hatchback

suzuki baleno

Sebagai fitur hiburannya, Suzuki Baleno mengandalkan head unit layar sentuh yang berada di tengah dasbor yang sudah memiliki fungsi AM/FM Radio, MP3 Player, USB Port, serta Bluetooth Connection. 

Sementara itu, untuk fitur keamanannya, pada mobil ini sudah disematkan Anti Theft Alarm System dan Engine Immobilizer.

Beralih ke fitur keselamatan pasifnya, mobil ini sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbags dan adjustable seatbelts pada barisan depan. Untuk keselamatan penumpang anak-anak, mobil ini juga dilengkapi pengaturan kursi ISOFIX dan Child Safety Locks.

Fitur keselamatan aktifnya Baleno sudah memiliki pengereman Anti-lock Braking System dan Electronic Brake Distribution. 

Selain itu, untuk memudahkan pengemudi melakukan parkir, mobil ini juga sudah memiliki Parking Sensor dan Rearview Camera.

3. Varian dan Harga Suzuki Baleno Hatchback

Sebelum mengetahui berapa biaya servis yang dibutuhkan Suzuki Baleno, mari kita lihat harga mobilnya terlebih dahulu. Di Indonesia sendiri, mobil ini ditawarkan dalam dua varian berbeda.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar varian dan harga dari Suzuki Baleno.

VARIAN

HARGA

Suzuki Baleno MT

Rp 238.500.000

Suzuki Baleno AT

Rp 251.000.000

Biaya Servis Berkala Suzuki Baleno

Soal biaya servis berkala, baik varian matic maupun manual, Suzuki Baleno membutuhkan biaya yang sama. Di bengkel resminya, biaya servis yang dibutuhkan Suzuki Baleno ini ternyata cukup terjangkau dibanding mobil lainnya yang sejenis.

Pihak Suzuki diketahui membebaskan biaya jasa hingga servis 50.000 km. Setelah itu, barulah konsumen harus membayarkan biaya jasa pada setiap kali servis berkala dilakukan.

Pada servis 10.000 km, komponen yang perlu diganti adalah filter oli, oli gasket, dan oli mesin. Total biaya yang dibutuhkan pada servis tahap ini sekitar Rp336.500.

Kemudian pada servis di angka 20.000 km, biaya yang dibutuhkan cukup besar, yaitu sekitar Rp622.400. Adapun komponen yang dibutuhkan untuk diservis adalah filter oli, busi, oli gasket, oli mesin, dan oli transmisi.

Menginjak servis di angka 30.000 km dan 50.000 km, komponen yang perlu diganti sama dengan servis 10.000 km. Oleh karena itu, biaya servis yang dibutuhkannya juga sama persis.

Kenaikan biaya servis yang cukup signifikan oleh Suzuki Baleno ada di angka 40.000 km, yaitu sekitar Rp910.800. Komponen yang perlu diganti pada tahap ini memang cukup banyak, sebut saja filter oli, busi, filter udara, oli gasket, oli mesin, minyak rem, radiator coolant, dan oli transmisi.

Mulai dari servis di angka 60.000 km, Suzuki tidak lagi menggratiskan biaya jasa untuk servis Baleno. Karena itu, biaya yang dibutuhkan mulai tahap ini akan lebih mahal dari sebelumnya.

Pada tahap servis 60.000 km dan 100.000 km, Suzuki Baleno membutuhkan biaya sekitar Rp957.000. Komponen yang perlu diganti pada tahap ini antara lain filter oli, busi, oli gasket, oli mesin, dan oli transmisi.

Servis di angka 70.000 km dan 90.000 km membutuhkan biaya yang sama, yakni sekitar Rp721.350. Komponen yang perlu diganti pun sama persis, yaitu filter oli, oli gasket, dan oli mesin.

Sementara itu, servis di angka 80.000 km mengharuskan konsumen mengganti komponen yang sama dengan servis di angka 40.000 km. Tetapi karena biaya jasa servis sudah diberlakukan, maka biaya yang dibutuhkan Suzuki Baleno pada tahap ini adalah sekitar Rp1.394.390.

Agar lebih jelas, mari kita lihat rincian biaya dan komponen yang harus diganti pada saat servis berkala Suzuki Baleno.

JARAK TEMPUH

KOMPONEN YANG HARUS DIGANTI

BIAYA SERVIS

10.000 km

filter oli, oli gasket, oli mesin

Rp 336.500

20.000 km

filter oli, busi, oli gasket, oli mesin, oli transmisi

Rp 622.400

30.000 km

filter oli, oli gasket, oli mesin

Rp 336.500

40.000 km

filter oli, busi, filter udara, oli gasket, oli mesin, minyak rem, radiator coolant, oli transmisi

Rp 910.000

50.000 km

filter oli, oli gasket, oli mesin

Rp 336.500

60.000 km

filter oli, busi, oli gasket, oli mesin, oli transmisi

Rp 957.000

70.000 km

filter oli, oli gasket, oli mesin

Rp 721.350

80.000 km

filter oli, busi, filter udara, oli gasket, oli mesin, minyak rem, radiator coolant, oli transmisi

Rp 1.394.390

90.000 km

filter oli, oli gasket, oli mesin

Rp 721.350

100.000 km

filter oli, busi, oli gasket, oli mesin, oli transmisi

Rp 957.000

TOTAL BIAYA KESELURUHAN

Rp 7.292.990

Dari data di atas, bisa kita lihat bahwa keseluruhan biaya servis Suzuki Baleno dari 10.000 km hingga 100.000 km adalah sekitar Rp7.292.990. Perlu diingat bahwa biaya ini bisa berubah tergantung dengan kondisi kendaraan saat diservis, serta harga spare part-nya.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya