• Home>
  • Tips & Trik>
  • Biker Wajib Tahu, Pilih Jaket yang Aman dan Nyaman Saat Berkendara

Biker Wajib Tahu, Pilih Jaket yang Aman dan Nyaman Saat Berkendara

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Ismet
13 Jan 2022, 13:00
  • Suka 0

Otoloka.id- Alat transportasi yang paling familiar dan sering digunakan untuk beraktivitas salah satunya sepeda motor. Berkendara menggunakan sepeda motor pun wajib mempersiapkan riding gear yang tepat agar aman dan nyaman ketika berkendara, salah satunya dengan menggunakan jaket.

Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora, Demmy Firmansyah menjelaskan jaket adalah riding gear yang penting untuk selalu digunakan karena berfungsi melindungi tubuh kita dari terpaan angin saat berkendara dan berperan untuk melindungi tubuh saat terjadi kontak langsung dengan aspal ketika terjatuh atau mengalami kecelakaan.

Ketika berkendara, pengendara harus memilih jaket yang sesuai dengan ukuran badan. Cara memilih jaket motor disarankan tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar, sebaiknya menggunakan jaket yang berukuran pas untuk memberikan kenyamanan ketika mengendarai sepeda motor.

Selain itu, pilih jaket yang terdapat velcro atau karet di bagian pergelangan tangan ini dapat meminimalisir apabila pengendara terjatuh sehingga posisi bagian lengan pada jaket tidak akan tertarik keatas dan akan tetap melindungi bagian lengan. Begitu juga bagian pinggang bawah jaket, lebih baik apabila terdapat velcro atau karet dibawahnya.

Pastikan jaket yang digunakan juga berbahan cukup tebal, tidak disarankan menggunakan jaket berbahan kain yang tipis karena tidak akan melindungi dengan baik apabila mengalami insiden di jalan raya.

Baca juga : Cara Merawat Aki Mobil Agar Tetap Awet, Mudah Kok

“Walaupun tidak akan 100% melindungi pengendara, namun setidaknya menggunakan jaket akan mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan kepada pengendara jika terjadi kecelakaan,” ujar Demmy.

Pilih Jaket dengan Pelindung dan Ventilasi

Demmy juga menambahkan, “Jaket yang sudah tersedia pelindung bagian sikut, dada, dan punggung juga jauh lebih baik dalam melindungi tubuh pengendara dan akan meminimalisir apabila terjadi kecelakaan.” 

Baca juga : Harus Ingat, Ini Akibatnya Jika Telat Ganti Oli Motor

Namun saat berkendara terkadang melewati cuaca yang panas dan jaket seperti ini biasanya cenderung akan lebih terasa panas maka disarankan jaket tersebut memiliki lubang ventilasi dengan menggunakan rel sleting yang dapat dibuka dan ditutup saat berkendara untuk mengatur jalannya sirkulasi udara di dalam jaket pengendara.

Menggunakan jaket saat berkendara merupakan kebiasaan yang harus menjadi gaya hidup setiap pengendara. Selain menggunakan jaket, pengendara juga wajib untuk selalu memakai helm, sarung tangan, celana Panjang, dan sepatu setiap kali kita berpergian kemanapun saat menggunakan motor.

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Motor

    Orang Lain Juga Melihat

    Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Motor

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan