• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Cara Balik Nama Mobil, Lebih Cepat dan Tidak Repot

Dilihat 344
Guntur Hanggara
3 Ags 2020, 13:57
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Jika Anda sudah membeli mobil bekas, tentu saja Anda diharuskan untuk membalikkan nama mobil BPKB. Ini adalah hal yang penting untuk dilakukan agar mobil yang telah dibeli terdaftar atas nama pemilik baru.

Ini tentu saja juga diperlukan sebagai tanda bahwa BPKB atas nama pemilik lama tidak memiliki mobil. Dengan kata lain, itu telah mengalihkan kepemilikan kepada pembeli. Karena itu, jika Anda dalam kondisi telah membeli mobil kedua dari pemilik sebelumnya, Anda harus memahami cara mengganti nama mobil dan beberapa kondisi yang harus diselesaikan.

Langkah ini wajib agar mobil bekas yang baru saja Anda beli dapat digunakan secara resmi di jalan raya. Tidak hanya itu, setiap tahun, tentu saja Anda sebagai pemilik barang bekas diharuskan membayar Pajak Kendaraan Bermotor alias PKB. Di mana, salah satu persyaratan untuk mengelola dan melunasi PKB adalah KTP pemilik mobil.

Jika kartu ID atau identitas pada STNK dan BPKB dari mobil bekas masih merupakan nama pemilik lama, itu berarti Anda harus meminjam kartu ID dari pemilik lama. Repot bukan? Berikut Otoloka kasih tahu bagaimana caranya.

Cara Balik Nama Mobil

Karena itu, tanpa menunggu lama, setelah membeli dan menjual mobil bekas Anda selesai, segera urus nama di balik dokumen mobil bekas tersebut. Karena itu penting, Otoloka juga akan membantu Anda, setidaknya menjelaskan bagaimana prosedur di balik nama BPKB dari pemilik lama ke pemilik baru.

Nah, berikut adalah langkah atau jalan di belakang nama mobil tersebut disertai dengan syarat dan biaya. Ayo, mari kita lihat penjelasannya.

Ketentuan Balik Nama Mobil

Sebelumnya, perlu diketahui kondisi di balik nama mobil yang harus Anda lengkapi untuk melakukan pengaturan di belakang nama mobil BPKB. Kondisi berikut.

1. Fotokopi KTP Anda sebagai rekanan nama dan sekaligus status pemilik mobil yang baru.

2. BPKB asli mobil dan fotokopi 5 lembar.

3. Registrasi kendaraan mobil asli yang juga dilengkapi dengan fotokopi 5 lembar.

4. Mempersiapkan tanda terima untuk membeli dan menjual mobil bekas yang sudah dilengkapi dengan materai Rp. 6.000, disertai tanda tangan dan kemudian difotokopi sebanyak 3 lembar.

5. Hasil pemeriksaan fisik mobil. Untuk mendapatkan hasil pemeriksaan fisik, Anda bisa mendapatkannya di Samsat setempat.

Dari beberapa kondisi di belakang nama mobil yang Otoloka telah nyatakan di atas, coba persiapkan dari rumah. Ini agar nanti ketika datang ke Samsat tidak perlu membeli kondisi lain.

Setelah menyelesaikan persyaratan di atas, langkah selanjutnya adalah merawat nama mobil BPKB yang telah Anda beli.

Prosedur Balik Nama Mobil

Setelah menyelesaikan persyaratan, datang ke Samsat untuk proses pengarsipan di belakang nama BPKB mobil. Berikut ini adalah prosedur mengenai langkah-langkah cara memberi nama mobil. Diantaranya, yaitu sebagai berikut.

1. Bawa mobil Anda ke Samsat setempat. Sesampai di sana, untuk proses di belakang nama mobil, Anda akan diarahkan ke lokasi pemeriksaan fisik untuk memeriksa kode mesin dan kode mobil. Ini adalah langkah pertama dalam menerapkan metode di belakang nama mobil Anda.

2. Setelah tiba di lokasi, segera ambil nomor antrian untuk melakukan pemeriksaan fisik. Nantinya, akan ada petugas yang membawa formulir dan pada saat yang sama melakukan pemeriksaan fisik mobil dalam bentuk nomor bingkai dan nomor mesin.

3. Jika pemeriksaan fisik selesai, petugas akan memberi Anda formulir. Formulir berisi beberapa bidang data dari mobil yang Anda bawa. Tulis data sesuai dengan data mobil di registrasi kendaraan.

4. Setelah Anda mengisi formulir secara lengkap dan sesuai dengan STNK, prosedur pengembalian nama mobil berikutnya adalah menyerahkan formulir itu kepada petugas di jendela. Ingat, pengajuan formulir ini harus diserahkan dengan STNK asli. Tunggu nama Anda dipanggil.

5. Jika nama Anda dipanggil, petugas akan meminta Anda untuk melengkapi file persyaratan yang Otoloka sebutkan di atas. Antara lain, seperti formulir pemeriksaan fisik, STNK asli, fotokopi STNK, fotokopi BPKB, fotokopi KTP pemilik baru, dan kwitansi ke Bangunan Utama di Samsat.

6. Jika file telah dikirim maka tunggu nama Anda dipanggil kembali. Pada titik ini, cara mengembalikan nama mobil hampir selesai, Anda diminta untuk menyerahkan BPKB asli dan menunggu hingga petugas selesai memeriksa kelengkapan dan kompatibilitas file yang Anda kirimkan sebelumnya.

7. Menginjak metode di belakang nama mobil berikutnya, Anda akan dipanggil oleh petugas untuk mengambil file yang telah diperiksa oleh petugas. Selanjutnya, kirimkan file yang lulus pemeriksaan sebelumnya ke konter yang akan mengurusnya. Anda dapat bertanya kepada petugas loket mana yang harus Anda kunjungi. Ketika Anda tiba di jendela tiket, kirim file dan tunggu panggilannya.

8. Jika sudah maka Anda akan dipanggil lagi oleh petugas. Ambil file, kehilangan, bawa file untuk diserahkan.

9. Periksa tagihan yang Anda dapatkan dan bayar sesuai dengan nominal yang tercantum pada laporan tagihan. Pada titik ini, tunggu sampai petugas menyelesaikan proses pembayaran kembali nama mobil Anda.

10. Nah, sampai di sini, Anda akan diberikan kwitansi dengan stempel bermeterai dari file yang Anda kirimkan sebelumnya.

11. Selanjutnya, langkah pada langkah terakhir dari tahap bagaimana membalikkan nama mobil, kemudian Registrasi Kendaraan Asli dengan Nama Baru Anda sedang dalam proses atau jika tidak ada antrian panjang maka akan siap sekaligus. Untuk langkah selanjutnya, Anda harus mengurus BPKB dengan nama baru ke Kepolisian Daerah setempat.

Biaya Balik Nama Mobil

Selain memahami langkah-langkah di belakang nama mobil BPKB, Anda juga perlu mengetahui biaya pembalikan nama mobil dalam persiapan sehingga nantinya uang yang dibawa tidak kurang. Berikut ini rincian biaya.

1. PKB

Untuk biaya PKB (Pajak Kendaraan Bermotor), sebenarnya Anda bisa melihatnya di registrasi kendaraan. Secara umum, biaya PKB ini tidak berubah dari pajak tahun sebelumnya.

2. BBN-KB

Untuk biaya BBN-KB atau Biata Transfer Nama Kendaraan Bermotor, penentuan didasarkan pada rumus perhitungan 2/3 x biaya PKB.

3. SWDKLLJ

SWDKLLJ adalah singkatan dari Donasi Wajib untuk Dana Kecelakaan Lalu Lintas, yang telah diputuskan oleh pemerintah untuk biaya mereka sendiri. Di mana, untuk mobil biayanya Rp 143.000.

4. Biaya STM ADM

Selain itu, mobil ADM STNK berharga Rp. 75.000. Namun, biaya ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan keputusan pemerintah.

5. Biaya ADM TNKB

Tidak berbeda dengan STNK, untuk biaya TNKB ADM sendiri nominalnya sudah diputuskan oleh pemerintah. Yakni, untuk mobil seharga Rp 50.000. Hanya saja, kapan saja biaya ini bisa berubah.

Sekarang, untuk mengetahui biaya mengubah nama mobil, berikut adalah simulasi atau contoh bagaimana menghitung biaya keseluruhan untuk mengubah nama BPKB dengan asumsi bahwa biaya PKB adalah Rp. 1.500.000

BBN KB       = 2/3 x PKB

= 2/3 x Rp 1.500.000

= Rp 1.000.000

PKB           = Rp 1.500.000

SWDKLLJ      = Rp    143.000

Biaya ADM STNK     = Rp      75.000

———————- +

Biaya balik nama         = Rp 2.718.000

 

Cara Mengganti Nama BPKB Mobil

Nah, bagaimana dengan cowok? Cukup mudah dan sederhana untuk membuka tahapan cara membalikkan nama mobil? Tentu saja, jika Anda sudah mengetahui prosedur, kondisi, dan biaya di balik nama mobil BPKB, tidak perlu bagi pialang untuk menanganinya.

Anda dapat mengurusnya sendiri di Samsat setempat dengan langkah-langkah yang disebutkan Otoloka di atas. Semoga informasi tentang cara mengganti nama mobil yang telah dijelaskan dan dijelaskan di atas dapat menjadi wawasan tambahan untuk Anda. Begitu dan sampai kita bertemu lagi.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya