• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Cara Membersihkan Interior Mobil, Ternyata Nggak Susah!

Yunita Efendi
2022-01-16 15:00:00

Merawat dan membersihkan interior mobil merupakan aktivitas yang wajib dilakukan oleh para pemilik mobil. Setiap bagian dari mobil perlu mendapatkan perawatan, dan bagian interior pun tidak boleh ketinggalan. 

Dalam pemakaiannya sehari-hari, interior pada mobil akan semakin kusam dan warnanya semakin memudar. Untuk itulah perlu, perawatan dengan cara membersihkan interior agar penampilannya tetap memukau.

Cara Membersihkan Interior Mobil

Beberapa hal yang biasanya menyebabkan interior menjadi kusam dan memudar adalah karena faktor usia, paparan langsung sinar matahari, dan aktivitas di dalam mobil seperti makan dan minum. Untuk membersihkannya beberapa cara bisa dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan interior mobil yang bisa dilakukan sendiri dengan mudah.

Menggunakan Tisu Basah



Cara awal yang direkomendasikan untuk membersihkan interior adalah dengan menggunakan tisu basah. Tisu basah terbukti bisa dimanfaatkan untuk membersihkan bagian interior dengan cara yang cukup mudah. 

Cukup dengan mengelap secara perlahan ke seluruh bagian interior, maka kotoran yang menumpuk dan menyebabkan terjadinya kusam akan bisa dihilangkan.

Material interior yang terbuat dari plastik seperti dashboard, langit-langit dan sisi-sisi dalam pintu juga bisa dibersihkan dengan tisu basah. 

Lakukan kegiatan ini secara berkala dan rutin agar kebersihan interior mobil anda terjaga dengan baik dan kenyamanan di dalam kabin akan selalu dapat dirasakan.

Menggunakan Sabun Cair

Cara berikutnya yang dapat diaplikasikan adalah dengan menggunakan sabun cair. Sabun cair biasanya digunakan untuk membersihkan karpet mobil yang juga adalah bagian interior. 

Karpet pada mobil adalah bagian yang paling mudah kotor dan tak jarang luput dari perhatian para pemilik mobil karena letaknya yang berada di bawah.

Karpet mobil yang berdebu dan kusam bisa dibersihkan dengan sabun cair. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membersihkan terlebih dahulu debu-debu dan kotoran yang ada di permukaannya menggunakan sapu atau sikat kecil. 

Setelah dibersihkan, cuci karpet dengan menggunakan sabun cair. Karpet yang telah dicuci cukup dikeringkan dengan diangin-anginkan dan jangan langsung dijemur di bawah terik matahari.

Menggunakan Pasta Gigi

Menggunakan pasta gigi untuk membersihkan interior mobil juga bisa dilakukan. Selain mudah didapatkan, menggunakan pasta gigi akan lebih murah jika dibandingkan dengan ke salon mobil. 

Pasta gigi terbukti bisa menghilangkan kusam pada bagian pegangan tangan atau knop tuas transmisi pada mobil manual. 

Selain itu, pasta gigi juga banyak terbukti bisa menghilangkan kusam pada beberapa benda tertentu atau dapat mengembalikan kecerahan warna benda. Jadi, menggunakan pasta gigi untuk membersihkan interior mobil adalah langkah yang tepat.

Menggunakan Kuas

Pengaplikasian kuas untuk tujuan membersihkan interior mobil lebih banyak digunakan pada kisi-kisi AC mobil. Rongga-rongga atau kisi-kisi AC sudah pasti adalah ruang tempat berkumpulnya debu dan kotoran.

Jika tidak dibersihkan dengan menggunakan kuas, maka kinerja pendingin akan menjadi berlebih dan akhirnya akan menimbulkan kerusakan. 

Sebaliknya, jika secara rutin dibersihkan dengan menggunakan kuas, maka kinerja AC untuk mendinginkan kabin mobil akan lebih maksimal.

Menggunakan Kain Lap

Memakai kain lap untuk membersihkan interior mobil juga disarankan terutama untuk membersihkan plafon. 

Caranya cukup sederhana yaitu dengan mengelap dengan kain yang setengah basah dan gosokkan secara perlahan pada bagian plafon sampai merata. 

Setelahnya jangan lupa juga untuk mengeringkan lagi dengan kain yang kering untuk mencegah timbulnya jamur. 

Kain lap ini juga bisa digunakan untuk membersihkan dashboard dengan cara yang sama persis seperti membersihkan plafon.

Menyiapkan Tempat Sampah di Mobil

Menyimpan tempat sampah di dalam mobil juga merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan interior mobil secara tidak langsung. 

Walaupun kategorinya adalah pencegahan, tetapi akan percuma jika membersihkan jika kita tidak menyediakan wadah untuk membuang sampah di dalam mobil. 

Karena tak bisa dipungkiri, aktivitas seperti makan dan minum, atau membuka kemasan makanan, dan lain sebagainya ini dapat menghasilkan sampah yang belum tentu bisa dibuang secara langsung ke tempat sampah di luar mobil.

Untuk lebih maksimal dalam menjaga kebersihan di dalam mobil, menyimpan tempat sampah di satu spot pada mobil juga disarankan, agar kebersihan di dalam mobil bisa terus terjaga. 

Bahkan, lebih disarankan lagi untuk menyiapkan tempat sampah di setiap baris kabin karena umumnya sampah yang ada di barisan belakang mobil lebih sering terlupakan untuk dibersihkan.

Setelah semua interior mobil bersih bisa juga ditambahkan pengharum khusus mobil agar aroma kabin lebih segar. 

Untuk pengharum mobil sebaiknya pilih pengharum yang memiliki aroma menyegarkan, tetapi tidak terlalu menyengat untuk menghindari pusing saat berada dalam kabin yang akan bisa mengganggu kenyamanan anda.

Tips Membersihkan Interior di Musim Hujan

Selain dari membersihkan interior ada juga tips lain yang juga bisa diaplikasikan terutama di tengah musim penghujan. 

Pertama, jangan membuka kaca mobil ketika hujan karena air hujan bisa merusak interior dan bisa menyebabkan kelembaban udara menjadi lebih tinggi saat masuk ke evaporator.

Kedua, sering-seringlah membersihkan evaporator paling tidak satu bulan sekali, karena di musim penghujan evaporator akan lebih cepat ditumbuhi lumut akibat lembab. 

Ketiga, bukan hanya bagian interior mobil, tetapi bagian eksteriornya pun perlu dapat perhatian. Setelah terkena air hujan sebaiknya bodi mobil disiram kembali dengan air keran dari rumah, karena air hujan bisa memicu timbulnya karat.

Keempat, setelah menyiram bodi mobil menggunakan air keran jangan lupa juga untuk mengeringkannya dengan menggunakan kain kering dan bersih atau kanebo. Hal ini dilakukan lagi-lagi dengan tujuan agar bodi mobil tidak lembab dan muncul jamur.

Kelima, sebaiknya lapisi bodi mobil dengan cairan pelindung khusus secara berkala. Cairan ini berguna bukan hanya sebagai pelindung tapi juga akan menjaga penampilan mobil tetap mengkilap.

Terakhir adalah jangan sembarangan mengaplikasikan cairan pelindung. Beberapa produsen mobil secara khusus sudah mengeluarkan cairan pelindung khusus bagi produk mobil-mobil mereka, jadi sesuaikan cairan pelindung yang akan digunakan dengan mobil yang anda miliki.


Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 4867
  • Suka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Simulasi KreditSimulasi Asuransi
      *Tipe mobil
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan(Tahun)
      Silahkan pilih masa cicilan
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Hitung
      Reset