• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Cara Membuat Aki Motor Jadi Penyuplai Listrik Rumah

Dilihat 8249
Arief Yuno
10 Jan 2021, 18:59
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

cara buat aki motor jadi listrik otoloka

Otoloka.id - Listrik di rumah, atau usaha bengkel motor byar pet-byar pet? Aduh, pastinya sangat mengganggu. Apalagi iya itu tadi, ketika kita membuka usaha bengkel motor kecil-kecilan, ataupun usaha sejenis lainnya.

Ketika mati lampu, dapat berisiko mengganggu pendapatan, karena susah untuk melakukan kegiatan operasional. Terutama ketika usaha yang kita geluti menggunakan alat-alat yang membutuhkan tenaga listrik sebagai powernya.

Akan terasa sangat menyebalkan pula, bagi para pelajar atau mahasiswa. Ketika tiba-tiba listrik mati, justru disaat kita sedang banyak tugas sekolah, atau kuliah.

Apalagi sekarang jamannya Pelajaran Jarak Jauh (PJJ), belajar melalui daring atau online via laptop atau gadget. PJJ yang pastinya selalu butuh kesiapan, mulai dari paket data internet dan barang tentu tenaga listrik.

Kita tentu berharap PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero tidak sekarat lagi, mengingat ketika di jaman modern seperti ini semua keluarga di Indonesia butuh energi listrik yang besar, karena banyaknya peralatan yang ada menggunakan listrik.

Memang, kalau sudah mati listrik, PT PLN Persero merupakan pihak yang paling sering kena batunya. Menjadi ‘sosok’ yang paling dianggap bersalah. Sebab Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut adalah yang paling bertanggungjawab untuk urusan kelistrikan di negara Republik Indonesia nan tercinta ini.

Kreasi dari Aki Motor

cara buat aki motor jadi listrik rumah

Tetapi alangkah baiknya, bila kita bisa sedikit berkreasi, agar tidak melulu bergantung kepada PT PLN Persero, yang mungkin terkendala dengan segala keterbatasan yang ada. Walaupun masyarakat tidaklah gratis ketika menggunakan listrik yang disuplai oleh negara.

Sehingga kita bisa bekerja, juga beraktivitas menggunakan komputer, menonton televisi, dan mencas gadget, meskipun PLN sedang mematikan listrik. Tidak lagi pasrah gelap-gelapan dan mungkin hanya menggunakan penerangan lilin, atau lampu minyak.

Kreasi yang dimaksud di sini salah satunya adalah menciptakan daya listrik menggunakan tenaga aki motor. Namun perlu dicatat, definisi listrik tenaga aki yang dimaksud di sini, bukanlah tenaga aki beralih fungsi sebagai generator seperti halnya Genset. Melainkan hanya sebagai media penyimpan daya listrik, dikala PLN mematikan listrik.

Sumber muatan listrik aki, baterai atau (accumulator) tetaplah dari listrik PLN. Jadi sebelum listrik dimatikan oleh PLN, hendaknya kita mencas aki tersebut terlebih dahulu.

Langkah Membuat Aki Motor jadi Pembuat Listrik

cara buat aki motor jadi listrik rumah tangga

Adapun langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam membuat penyuplai listrik dari aki adalah sebagai berikut :

1. Siapkan Alat -alat yang Dibutuhkan

Dalam membuat sumber listrik tenaga aki, maka kita perlu mempersiapkan alat-alatnya. Bila belum ada bisa membeli di toko bahan-bahannya. Yakni aki motor yang baru dengan kapasitas yang standar. Tetapi aki bekas juga boleh digunakan.

Kita dapat membelinya di toko onderdil motor terdekat. Lalu beli Inverter dengan daya paling tinggi 500 Watt, yang mempunyai kisaran harga di antara Rp 350 ribu sampai Rp 500 ribu. Fungsi Inverter ini adalah sebagai pengubah, antara arus DC alias arus searah dari aki, menjadi arus AC alias arus bolak-balik, seperti PT PLN Persero.

Kemudian beli jepit buaya 2 (dua) buah. Walaupun pada Inverter biasanya sudah dilengkapi dengan jepit buaya. Setelah itu, lanjut dengan mempersiapkan kabel, dan lubang colokan secukupnya.

Tak lupa membeli charger, untuk kembali mencas aki yang sebelumnya sudah digunakan sebagai pengalir tenaga listrik. Ada charger aki merek Rayden, seharga kurang lebih Rp 300 ribu.

Nah, apabila ditaksir-taksir, total biaya yang dihabiskan untuk membeli bahan-bahan tersebut maksimal sebesar Rp 1,5 juta.

2. Perhatikan Dulu Skema Pengecasan Aki

Agar aki yang akan digunakan untuk penyuplai listrik rumah mampu bekerja optimal, maka perlu dicas terlebih dahulu. Dan supaya aki dapat menampung daya listrik melalui hasil pengecasan secara optimal, maka skema pemasangan untuk pengecasannya juga tergolong tidak rumit.

Hanya saja yang perlu diperhatikan, pada saat pengecasan aki, kutub positif (+) dari charger atau pengecas dipasangkan ke kutub positif aki (+). Begitupun dengan kutub negatif (-) pengecas dipasangkan ke kutub negatif aki (-).

3. Gunakan Inverter

Apabila sudah dicas, dan aki siap digunakan menjadi penyuplai listrik di rumah, langkah berikutnya adalah saklar listrik yang ada di KWh Meter dimatikan.

Kemudian hubungkan aki dengan colokan listrik menggunakan Inverter. Setelah itu, masukan ke dalam lubang stop kontak, dan listrik rumah pun sudah dapat menyala. Cukup gampang bukan?

Mengenai skema pemasangan kabel Inverter sendiri, kutub positif (+) Inverter dipasangkan dengan kutub positif (+) aki. Dan kutub negatif (-) Inverter dipasangkan ke kutub negatif (-) aki. Ketika muatan aki tadi sudah habis, maka aki tersebut harus dicas kembali, seperti proses awal skema pengecasan aki.

4. Bisa Juga Tanpa Dicopot Dari Motor

Bila ingin menggunakan aki motor untuk menyuplai listrik rumah, karena PLN memutus aliran listrik. Ini bisa dilakukan, bahkan tanpa mencopot aki tersebut dari tempatnya di motor.

Caranya juga sederhana. Cukup sambungkan aki dengan colokan listrik menggunakan Inverter. Pemasangan kabel Inverter, kutub positif (+) Inverter dipasangkan dengan kutub positif (+) aki. Dan kutub negatif (-) Inverter dipasangkan ke kutub negatif (-) aki. Setelah itu, masukan ke dalam lubang stop kontak, dan setelan gas dibesarkan sedikit.

"Setelah saya lakukan hal itu, sekarang lampu LED, kipas angin, sama charger di rumah sudah bisa menyala, meskipun listrik dari PLN mati," girang Danur, warga Bekasi, seperti dilansir salah satu media online otomotif. Danur telah mencolok Inverter pada aki di motor Suzuki Nex tunggangannya sehari-hari.

 cara buat aki motor jadi listrik

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya