Cara Merawat Aki Mobil Agar Tetap Awet, Mudah Kok

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Ismet
7 Jan 2022, 18:00
  • Suka 0

Otoloka.id- Aki mobil menjadi salah satu komponen terpenting yang ada di dalam mobil. Fungsi utama dari aki adalah untuk menyuplai daya listrik bagi komponen-komponen mobil lainnya. Saat aki mobil tidak berfungsi dengan baik, maka kenyamanan pengendara dan penumpang mobil pun bisa terganggu.

Ada 2 jenis aki yang sangat populer yaitu aki basah dan aki kering. Secara umum, kedua jenis aki mobil tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Seperti dikutip dari situs resmi Wuling Indonesia, berikut ini penjelasannya.

Cara Merawat Baterai Aki Mobil untuk Aki Basah

Aki menjadi komponen penting pada mobil, dan memiliki fungsi untuk menyuplai daya listrik untuk komponen-komponen lainnya dalam mobil. Melihat dari fungsinya, apabila terjadi kerusakan maka banyak pengendara yang merasa kesal. Lalu bagaimana sih cara merawat aki agar awet dalam jangka waktu yang panjang? 

1. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Pada dasarnya, aki basah memerlukan pemeriksaan yang rutin dan teliti. Anda harus memastikan bahwa kondisi badan aki basa tidak alami keretakan, agar tidak menghindari kebocoran air aki. Bukan cuma itu, Anda juga harus memastikan bahwa kepala aki tidak memiliki kerak berwarna putih.

Jika Anda mendapati adanya kerak putih, maka Anda perlu membersihkannya dengan cara melepaskan dan memasang kembali secara kencang. Anda juga harus mengecek bagian kabel aki apabila adanya pengelupasan yang membuat hantaran arus listrik tidak sempurna.

2. Bersihkan Kerak Putih Pada Kepala Aki

Aki basah pasti memiliki sebuah cairan yang akan alami oksidasi dan proses kimia ini akan meninggalkan berbagai kerak putih di bagian kepala aki yang biasanya mengandung asam sulfat atau H2SO4, karena memiliki sifat yang korosif dan bisa merusak komponen yang lainnya.

Baca juga : Musim Hujan, Pastikan Karet Wiper Dan Washer Mobil Dalam Kondisi Baik

Cara yang paling gampang untuk membersihkan bagian kerak putih yaitu dengan menyiramkan air panas pada bagian kepala aki. Silahkan Anda lepaskan aki dan turunkan dari mesin, lalu bersihkan dengan perlahan. Pembersihan bisa memakai lap kain atau bisa memakai sikat yang permukaannya lembut.

3. Mengecek Kondisi Cairan Aki

Supaya baterai aki terjaga dengan baik, pastikan Anda melakukan pemantauan air aki dengan baik. Pada dasarnya, cairan yang ada di dalam aki berguna untuk menghantarkan arus listrik, sehingga perlu anda perhatikan dengan baik.

Air aki akan mengalami pengurangan akibat adanya proses penguapan pada saat mesin dinyalakan. Proses penguapan akan membuat air aki berkurang, sehingga tidak akan sesuai ukuran standarnya. Saat air akinya berkurang, maka kinerja dari aki akan menurun dan terhambat.

4. Nyalakan Mesin Secara Rutin

Untuk menjaga kualitas baterai aki mobil, maka anda harus menyalakan mesin mobil secara rutin. Anda bisa membuka kap mesin dan melihat kondisi aki basahnya. Jika mesin rutin di hidupkan, maka arus listrik pada aki akan terisi dengan baik dan hal ini akan membuat kualitas aki terjaga dengan baik.

Apabila Anda berencana tidak memakai mobil dalam waktu yang cukup lama, maka Anda bisa melepaskan aki mobil di bagian kap mesin. Supaya kondisi baterai aki terjaga dengan baik, maka Anda bisa menyalakan mesin mobil minimal 3 kali seminggu dan minimal waktunya 10 menit.

5. Perhatikan Penggunaan Piranti Elektronik

Secara umum, harga baterai mobil terbilang lumayan mahal dan harganya sangat fleksibel, karena tergantung dari jenis serta merek baterai akinya. Agar baterai aki tidak gampang rusak dan merugikan kondisi ekonomi Anda, maka perawatan perlu dilakukan dengan baik.

Pastikan Anda bijak dalam penggunaan piranti elektronik seperti pendingin ruangan, perangkat audio dan yang lainnya. Tips yang sangat sederhana yang bisa Anda lakukan adalah mematikan perangkat elektronik saat mesin mobil akan dimatikan.

Cara Merawat Baterai Aki Mobil untuk Aki Kering

Kalau tadi adalah 5 cara merawat baterai aki mobil yang basah, sekarang ada beberapa cara untuk merawat baterai aki mobil kering.

1. Periksa Kondisi Baterai Mobil

Kondisi baterai mobil perlu Anda periksa dengan baik, agar performa aki keringnya tidak terganggu. Aki kering biasanya akan memiliki sebuah kerak yang mengganggu kinerja dan proses penyaluran listrik ke bagian sistem mobil.

Anda haruslah rutin membersihkan korosi di sekitar terminal, agar performa baterai aki tetap terjaga dengan baik. Korosi yang alami penumpukkan akan melemahkan arus listrik yang mengalir dan akan membuat kinerja aki mobil menjadi tidak stabil.

2. Pastikan Aksesoris Mobil dalam Kondisi Mati

Perlu Anda ketahui bahwa aki mobil akan terisi secara penuh pada saat mesin mobilnya menyala. Pastikan Anda tidak menyalakan aksesoris listrik di dalam mobil pada saat mesin mobil mati. Anda harus mematikan lampu, perangkat audio, pendingin ruangan dan yang lainnya.

Ketika mobil tidak menyala dan konsumsi listrik terus berjalan, maka bisa dipastikan bahwa arus listrik yang tersimpan akan cepat habis dan tidak akan ada daya lagi untuk menyala. Dalam kondisi ini, maka Anda perlu mendorong mobil untuk menyalakan mesin. Jika kondisi ini terus berlangsung dalam waktu yang lama, maka selang beberapa waktu aki mobil harus segera diganti.

Baca juga : Power Steering Hidrolik dan Elektrik, Apa Bedanya?

3. Alternator Harus dalam Kondisi Baik

Dalam aki mobil, maka Anda juga akan menemukan berbagai komponen alternator. Pada dasarnya, kondisi alternator yang bagus akan berpengaruh terhadap umur aki kering sehingga menjadi lebih panjang.

Namun saat kondisi alternator buruk, maka kemampuan aki akan sangat menurun dan terhambat, sehingga aki akan lebih cepat soak. Pastikan Anda memantau performa alternator dengan rutin, agar kondisi baterai aki mobil terjaga dengan baik.

4. Perhatikan Ventilasi Udara Pada Aki Kering

Aki kering memiliki pengaruh yang sangat tinggi terhadap performa hantaran listrik, sehingga Anda perlu menambahkan aksesoris pelindung aki mobil untuk mempertahankan suhu udara pada bagian aki yang kering dalam mobil.

Pada dasarnya, perlindungan aki kering dengan ventilasi yang bagus dan terhindar dari suhu yang ekstrim akan memperpanjang umur dari aki mobil. Hal ini mengharuskan Anda memperhatikan bagian ventilasi udara pada aki kering mobil.

5. Jaga Sirkulasi Listrik

Untuk menjaga sirkulasi listrik dengan baik, maka Anda perlu merawat aki mobil dengan cara menyalakan mesin secara rutin. Jika mobil dinyalakan setiap hari, maka akan berdampak positif buat kesehatan mesin mobil.

Jika mesin rutin untuk dinyalakan, maka bagian oli dan mesin lainnya akan bekerja secara optimal. Mesin yang sering menyala akan membuat aki terisi dengan baik dan kondisi aki mobil kering akan terjaga dalam waktu yang lama.

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan