• Home>
  • Tips & Trik>
  • Cara Merawat dan Perbaikan Power Steering, Jangan Salah Langkah!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Cara Merawat dan Perbaikan Power Steering, Jangan Salah Langkah!

Dilihat 3268
Tri Gusti
17 Feb 2021, 23:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Power steering memang memudahkan dan meringankan tenaga kita ketika memutar kemudi. Bayangkan kalau seperti jaman dahulu ketika mobil belum dilengkapi power steering? Pengemudi cenderung lebih cepat lelah, apalagi ketika perjalanan jauh.

Namun bukan berarti power steering tidak membutuhkan perawatan, terutama yang masih menggunakan oli. Untuk power steering yang masih menggunakan oli, ternyata pemilik kendaraan perlu untuk rutin melakukan pengecekan.

"Perhatikan karet boot yang ada di rack steering, kalau karet boot itu sampai sobek, maka kotoran dan air bisa masuk dan mengendap di sana. Lama-lama power steering akan rusak," ujar Uban dari bengkel spesialis kaki-kaki Uban Jaya Motor di kawasan Bintaro Jaya sektor 3.

Baca juga: Cara Mengantisipasi Jalan Rusak, Banjir dan Kondisi Cuaca Buruk Ketika Mengemudi

Uban pun menambahkan, "Usahakan setahun setidaknya dua kali kuras oli power steering. Supaya oli power steering tetap bagus dan bisa melumasi seluruh bagian power steering," bilangnya lagi.

Sementara untuk power steering elektrik, "Tidak seribet power steering pakai oli perawatannya, yang penting jangan sampai terlalu sering kena lubang atau jalan jelek," jelasnya.

Ketahui Gejala Kerusakan Power Steering

Menurut Dayat dari bengkel spesialis kaki-kaki Lilik di kawasan sentra onderdil BSD, "Untuk power steering elektrik kerusakan umumnya terjadi di bushing rack steer. Gejalanya ada bunyi kletek-kletek dari setir". 

Solusinya bisa diganti dengan bushing racikan Dayat dengan biaya mulai dari Rp 1,5 jutaan sekaligus bongkar pasang. Banderol tersebut diklaim termasuk garansi.

Baca juga: Begini Cara Merawat Mesin Turbo yang Baik, Pemilik Harus Tahu

Kalau power steering yang masih menggunakan oli, "Biasanya kerusakan terjadi di seputar selang high press, pompa, dan rack steering. Paling gampang melihatnya dari garis batas oli di tabung oli, kalau berkurang berarti ada kebocoroan," ujar Uban.

Biaya perbaikannya sendiri tergantung kerusakan tentunya. Jadi alangkah baiknya sebelum terjadi kerusakan berat, sebaiknya segeralah untuk melakukan perbaikan.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda Brio
    Honda Brio
    Honda Brio
    Angsuran mulai dari:Rp 2,74 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya