Cara Merawat Mobil Listrik ala Nissan Supaya Awet

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
EKO
1 Des 2021, 12:38
  • Suka 0

Otoloka.id- Seperti diketahui, Nissan merupakan pabrikan otomotif yang menjadi pelopor mobil listrik di era modern. Tak heran, kalau pabrikan ini punya pengalaman terkait bagaimana memlihara mobil listrik supaya punya masa pakai awet.

Sejatinya, mobil listrik merupakan kendaraan yang minim perawatan. Karena, dalam mobil listrik tidak ada lagi komponen bergerak di bagian mesin yang lama kelamaan akan mengalami keausan.

Tetapi, yang namanya barang kalau tak dirawat walaupun barang tersebut minim perawatan, akan cepat mengalami kerusakan, juga.

Oleh karena itu, Nissan memberikan tips mengenai bagaimana cara merawat mobil listrik, supaya tiap komponennya mempunyai masa pakai yang lebih lama. Apa saja, simak terus pembahasan kami.

Jaga Kapasitas Baterai

Baterai merupakan salah satu aspek penting bagi mobil listrik. Oleh karenanya, kualitas baterai harus selalu dijaga dengan cara menghindari kapasitas di bawah 40 persen.

Jika mobil listrik jarang dipakai, usahakan selalu rutin mengecek minimal tiga bulan sekali, untuk mengetahui sisa daya tinggal berapa persen.

Pun dengan pengisian daya maksimum yang dianjurkan adalah ketika daya baterai sudah mencapai 80-90 persen saja. Jika keseringan mengisi daya sampai 100 persen, kemungkinan mobil listrik akan mengalami degradasi dan membuat baterai cepat rusak.

Baca juga: Ikut ajang IEMS, Wuling Serius Jualan Mobil Listrik di Indonesia

Buat Jadwal Pengisian Baterai

Selain menjaga kapasitas daya baterai, pemilik mobil listrik juga perlu membuat jadwal pengisian baterai. Ini ditujukan agar baterai tak mengalami penurunan tegangan daya, yang berpotensi membuat usia pakai jadi lebih cepat.

Jadwal pengisian baterai yang dianjurkan adalah setiap dua hari sekali, lalu pilih mode pengisian slow charging yang cocok diaplikasikan saat malam ketika sebelum beristirahat.

Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi terjadinya penurunan tegangan daya baterai akibat terlalu sering diisi oleh pengisi daya cepat.

Parkir di Tempat yang Sejuk

Sama seperti baterai handphone yang tak boleh terkena panas matahari secara berlebihan, baterai mobil listrik pun sama.

Sinar matahari yang menyengat akan membuat kinerja baterai jadi menurun yang berujung pada masa pakai yang lebih cepat. Oleh karena itu, bagi pemilik mobil listrik, dianjurkan untuk mencari tempat yang teduh saat parkir.

Selain cepat membuat rusak baterai, panas matahari juga membuat bagian eksterior dan interior jadi lebih panas jika tak dilindungi oleh cover mobil.

Cek Radiator, Filter AC, dan Kampas Rem

Radiator, filter AC, dan kampas rem merupakan komponen mobil listrik yang selalu rutin dicek. Pengecekan tersebut juga sama seperti yang dilakukan terhadap mobil dengan mesin pembakaran internal.

Pada mobil listrik, radiator fungsinya untuk mendinginkan bagian baterai. Oleh karena itu, radiator harus dicek rutin, dan dikuras dengan cairan baru ketika jarak tempuh mobil mencapai 60 ribu kilometer.

Baca juga: Makin Ramah Lingkungan, Berikut Deretan Mobil Listrik yang Dipamerkan di GIIAS 2021

Filter AC pada mobil listrik fungsinya untuk menyaring udara yang masuk ke dalam kabin. Oleh karena itu, harus selalu rutin dibersihkan, agar udara yang masuk dalam kabin selalu bersih yang pastinya akan membuat nyaman penumpang.

Mobil listrik dikenal punya torsi yang ganas, oleh karena itu perlu juga piranti pengereman yang selalu prima. Rutin mengecek sistem pengereman seperti kampas rem dan minyak rem memang diperlukan demi keamanan.

Cek Software Mobil Listrik Secara Berkala

Beberapa mobil listrik yang berteknologi tinggi, dilengkapi dengan perangkat lunak dalam sistem pengoperasiannya. Dan perangkat lunak tersebut pasti akan diperbaharui secara berkala.

Pembaharuan perangkat lunak dalam sistem operasi mobil listrik perlu dilakukan, supaya mobil listrik dapat berjalan dengan baik. 

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan