• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Cara Mudah Merawat Rem Cakram Motor

Ismet
11 May 2022, 10:32

Otoloka.id- Berikut ini tips merawat rem cakram motor, mengingat komponen ini sangat penting untuk menghentikan putaran roda atau mengontrol kecepatan kendaraan. Setidaknya ada 2 tipe rem sesuai dengan konstruksi dan kegunaan pada kendaraan, yaitu tipe rem hidrolik (cakram) dan rem mekanis (rem tromol).

Membahas sistem rem hidrolik alias rem cakram motor, pengoperasian dan perawatannya cukup mudah. Rem cakram membutuhkan minyak rem agar rem bisa bekerja dengan baik.

”Fungsi rem tentunya sangat penting dalam melancarkan aktivitas berkendara sepedamotor. Jika kinerja rem terganggu, maka dapat membahayakan keselamatan berkendara pengguna motor. Karena itu kami memberikan beberapa cara merawat rem cakram motor agar mendukung kelancaran aktivitas para pengguna,” ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

Berikut Tips Merawat Rem Cakram Motor:

1.Lakukan pemeriksaan dan penggantian minyak rem secara berkala

Memeriksa kampas rem atau mengganti minyak rem secara rutin bermanfaat untuk menjaga agar kinerja rem cakram lebih optimal. Penggantian minyak rem biasanya dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 km, atau warna dari minyak rem sudah mengalami perubahan menjadi semakin gelap sehingga membuat kualitas minyak rem sudah jelek dan harus diganti.

2.Membersihkan kaliper

Pengguna sepedamotor juga harus memperhatikan hal ini yaitu rutin membersihkan kaliper. Rem cakram bersifat terbuka sehingga saat berkendara di jalanan, debu dan kotoran ikut menempel pada kanvas atau piston. Kondisi ini mempengaruhi kinerja rem menjadi tidak maksimal, karenanya segeralah lakukan pembersihan pada bagian tersebut.

Atau jika handle rem terasa berat saat ditekan, bisa diperiksa atau ganti seal master rem bagian atas. Atau segera hubungi bengkel resmi terdekat untuk melakukan perawatan dan penggantian komponen pada bagian tersebut.

3.Perhatikan kaliper selalu dalam kondisi baik

Efek yang cukup terasa apabila kaliper bermasalah adalah turunnya kualitas pengereman serta kerja handle rem menjadi berat atau blong, hal ini dapat menimbulkan resiko kecelakaan. Pastikan kaliper pada motor Anda dalam kondisi yang baik, serta lakukan pemeriksaan rutin ke bengkel resmi terdekat.

Semoga tips merawat rem cakram motor ini berguna bagi Anda. ##

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 569
  • Suka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Motor

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Motor

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset

    Orang Lain Juga Melihat

    Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

    Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!