• Home>
  • Tips & Trik>
  • Cara Pengereman Sepeda Motor Yang Baik dan Benar, Biker Wajib Tahu!
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Cara Pengereman Sepeda Motor Yang Baik dan Benar, Biker Wajib Tahu!

Ismet
2022-05-25 16:13:08
loading...

Otoloka.id- Berkendara dengan sepeda motor memang termasuk mudah. Namun dalam pengoperasiannya, teknik menggunakan rem yang baik dan benar belum diketahui oleh kebanyakan dari pengendara motor.

Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora, Demmy Firmansyah menjelaskan menjadi komponen penting pada kendaraan bermotor, rem berfungsi untuk menghetikan laju kendaraan saat diperlukan.

Teknik pengereman yang baik dan benar akan sangat berpengaruh terhadap jarak pengereman sehingga akan meminimalisir terjadinya kecelakaan apabila terdapat suatu potensi bahaya di jalan raya.

Teknik Pengereman Motor yang Baik dan Benar :

1. Ketika menghentikan laju kendaraan kurangi kecepatan sepeda motor dengan cara menutup putaran gas. Hal ini berfungsi agar tidak terjadi pengereman dan gas secara bersamaan yang dapat menyebabkan tergelincir roda depan. Karena ketika pengereman terjadi sementara putaran mesin masih tinggi, maka proses deselerasi tidak berlangsung secara optimal.

2. Gunakan teknik pengereman dengan menggunakan kedua rem depan dan belakang secara bersamaan. Hal ini membuat pengereman lebih optimal dan memastikan laju motor menjadi lebih stabil.

Apabila menggunakan motor tipe sport dapat menarik tuas rem depan dan menginjak rem belakang secara bersamaan, sedangkan untuk motor tipe matic dapat menarik tuas rem depan dan belakang secara bersamaan.

3. Semakin jauh jarak pengereman yang diantisipasi semakin banyak ruang untuk berhenti dengan aman dan nyaman. Jarak pengereman sangat penting mengontrol koordinasi antara gas dan pengereman. Bagi pengguna motor sport, kordinasi gas dan pengereman dapat dibantu dengan engine brake dari mesin motor dengan tidak menarik tuas kopling terlalu cepat.

4. Pengereman yang dilakukan harus menggunakan empat jari. Penggunaan empat jari pada pengereman dapat memaksimalkan proses pengereman, selain itu penggunaan rem depan dan belakang harus digunakan untuk menjaga keseimbangan dalam melakukan pengereman.

Demmy mengatakan, cengkraman empat jari tentu akan lebih kuat di bandingkan dengan menggunakan dua jari saja. Ketika berkendara, biasakan tangan kita untuk selalu mengepal ke handle stang kemudi saja, hal tersebut akan membuat lebih nyaman dalam berendara dan memudahkan untuk mengontrol laju kendaraan, dan akan selalu cari aman kemanapun kita berpergian.

5. Biasakan berlatih menggunakan teknik yang benar.

6. Pastikan perangkat rem pada sepeda motor bekerja dengan baik. Pengendara juga dapat melakukan pengecekan di bengkel resmi atau AHASS untuk memastikan sistem pengereman sepeda motor dapat bekerja secara normal.

Ikuti media sosial kita:
  • loading...
  • Suka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Motor

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Motor

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset

    Orang Lain Juga Melihat

    Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.