• Home>
  • Tips & Trik>
  • Carbon Cleaner Mana Yang Bagus Untuk Mobil? Yuk, Kita Cari Tahu!
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Carbon Cleaner Mana Yang Bagus Untuk Mobil? Yuk, Kita Cari Tahu!

Yunita Efendi
6 Des 2021, 14:08
  • Dilihat 4805
  • Suka 0

Otoloka.id - Memilih carbon cleaner yang bagus memang susah-susah gampang. Saat ini carbon cleaner memang memiliki banyak macam.

Bagi yang belum tahu, carbon cleaner merupakan cairan yang bisa digunakan untuk membersihkan kerak sisa pembakaran di dalam ruang bakar mesin mobil. Dengan menggunakan carbon cleaner, kerak yang menumpuk akibat adanya pembakaran yang kurang maksimal dapat dibersihkan dengan lebih mudah.

Meski mudah digunakan, carbon cleaner ini tidak bisa digunakan dengan sembarangan. Hal ini dikarenakan tidak semua carbon cleaner mobil memiliki kandungan yang membuat mesin mobil lebih bersih dan bekerja dengan optimal.

Jika salah memilih carbon cleaner, performa mesin mobil kita justru bisa terhambat. Karena itulah, kali ini kita akan membahas tentang tips dan rekomendasi carbon cleaner yang bagus untuk mobil kita.

Pengertian Carbon Cleaner

Pada dasarnya, carbon cleaner mobil adalah cairan khusus yang dibuat untuk membantu membersihkan ruang bakar mesin. Kotoran yang terbuang dari sisa penggunaan carbon cleaner merupakan tumpukan kotoran karbon yang dihasilkan dari sisa pembakaran yang tidak maksimal.

Di pasaran, ada beberapa tipe carbon cleaner yang dijual. Ada tipe semprot dan juga tipe busa.

Baca juga: Cara Mencegah Tikus Gerogoti Kabel Mobil

Kendati memiliki tipe dan bentuk yang berbeda, sebenarnya kedua jenis carbon cleaner tersebut memiliki fungsi yang sama. Hanya saja, banyak mekanik yang mengatakan bahwa tipe busa dirasa lebih aman bagi komponen mesin mobil.

Fungsi Carbon Cleaner

Setelah mengetahui apa itu carbon cleaner, sekarang saatnya kita membahas tentang fungsinya. Carbon cleaner sendiri memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.

1. Membersihkan Kerak di Dalam Mesin

Fungsi utama dari carbon cleaner adalah untuk membersihkan ruang pembakaran mesin dari berbagai macam kotoran. Salah satu yang paling utama adalah kerak dari sisa pembakaran yang tidak maksimal.

Dengan menggunakan carbon cleaner, performa mobil akan menjadi lebih optimal karena tidak terhambat oleh kotoran-kotoran yang ada di dalam mesinnya.

2. Menghilangkan Kandungan Air

Fungsi lainnya dari carbon cleaner adalah sebagai anti-varmish. Artinya, carbon cleaner ini berfungsi untuk menghilangkan kandungan air di dalam mesin sehingga kinerja mesin akan lebih maksimal dan bertenaga.

Tips Memilih Carbon Cleaner

Sebelum kita membahas tentang rekomendasi carbon cleaner yang bagus untuk mobil kita, mari kita bahas tips memilih carbon cleaner. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memilih carbon cleaner yang bagus memang tidak bisa sembarangan.

Baca Juga : Lampu Indikator Check Engine Menyala, Coba Cek 5 Komponen Ini

Untuk memilih carbon cleaner yang bagus, kita harus mencocokkannya dengan mesin mobil. Berikut ini adalah tips memilih carbon cleaner yang bagus.

1. Jangan Menggunakan Carbon Cleaner Dengan Amonia dan Asam

Tips pertama yang harus kita perhatikan saat memilih carbon cleaner yang bagus adalah jangan menggunakan carbon cleaner yang memiliki kandungan amonia dan asam yang berlebihan. Hal ini dapat memicu timbulnya karat di dalam mesin mobil

2. Jangan Memilih Carbon Cleaner Yang Panas

Ketika memilih carbon cleaner yang bagus, pastikan carbon cleaner tidak akan menjadi panas ketika sudah masuk ke dalam ruang pembakaran. Carbon cleaner yang panas akan beresiko merusak lapisan piston dan rumah silinder.

Karena itu, sebelum menggunakan carbon cleaner kita disarankan untuk menuangkannya ke dalam wadah dan sentuh dengan tangan. Jika terasa panas, maka sebaiknya hindari menggunakan carbon cleaner tersebut.

3. Jangan Asal Murah

Banyak carbon cleaner di pasaran yang dibanderol dengan harga murah. Dan harus diakui, memang tidak semua carbon cleaner yang murah memiliki kualitas yang rendah.

Kendati demikian, kita harus jeli sebelum membeli dan memastikan kandungan yang ada pada carbon cleaner tersebut. Jangan asal tergiur dengan harga murah tanpa memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya karena bisa beresiko merusak mesin.

4. Pastikan Carbon Cleaner Sesuai Tipe Mesin

Tips terakhir dalam memilih carbon cleaner yang bagus ini tidak kalah penting. Pastikan kita memilih carbon cleaner yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil kita, karena tidak semua carbon cleaner cocok untuk spesifikasi mesin tertentu.

Rekomendasi Carbon Cleaner Mobil Yang Bagus

Di pasaran, ada banyak merek carbon cleaner yang bisa kita pilih. Berikut ini adalah beberapa merek carbon cleaner yang bagus dan sangat direkomendasikan.

1. Bluechem Carbon X K1 & K2

2. WheelZ

3. Cyclo Max44

4. Autofit

5. STP

6. Autotune

7. SR15

Baca juga: Jangan Asal Trabas Banjir, Begini Cara Tepatnya!

Bahaya Menggunakan Carbon Cleaner Terlalu Sering

Memang, carbon cleaner bisa digunakan untuk membuat mesin kembali bekerja dengan optimal. Kendati demikian, ternyata penggunaan carbon cleaner ini tidak boleh dilakukan terlalu sering.

Ada beberapa dampak yang akan timbul jika kita menggunakan carbon cleaner terlalu sering pada mesin mobil kita. Beberapa dampak tersebut antara lain:

1. Komponen yang berada di dalam ruang pembakaran seperti katup, piston, dan dinding ruang bakar akan lebih mudah terkikis.

2. Jika digunakan dengan sembarangan dan terlalu sering, carbon cleaner akan membuat busi menjadi cepat rusak.

3. Carbon cleaner yang digunakan secara terus menerus bisa menghambat kinerja mesin dan membuat mesin tidak nyaman digunakan.

4. Penggunaan carbon cleaner yang berlebihan bisa membuat mesin menjadi lebih boros bahan bakar.


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan