• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Cuci Mobil Belum Cukup Usai Mudik, Simak 3 Hal ini!

EKO
2022-05-18 10:02:00

Otoloka.id- Bagi pemilik kendaraan usai melakukan perjalanan jauh seperti mudik, sudah pasti disarankan mengecek kondisi mobil, seperti komponen mesin, kaki-kaki, dan bagian penunjang seperti AC. Tapi, ada hal yang tak boleh terlewat, yaitu pembersihan bodi, kabin, dan ruang mesin mobil.Agar kembali segar saat digunakan.

Hal tersebut merupakan salah satu kewajiban bagi pemilik setelah melakukan perjalanan jauh. Pasalnya kita akan menghadapi berbagai jenis cuaca, mulai dari terik matahari, hingga hujan deras yang menghasilkan kotoran menempel di bodi mobil.

Membersihkan bagian mobil jbertujuan sebagai tindakan preventif dari masalah dikemudian hari. Seperti korosi di bodi mobil, kabin berjamur, hingga bau yang akhirnya menjadikan penyakit.

“Perjalanan mudik dan libur Lebaran meninggalkan jejak berupa kotoran yang mengganggu dan membuat mobil tampak kusam dan tidak nyaman dikendarai. Oleh sebab itu, lakukan proses membersihkan yang efektif supaya mobil kembali bersih dan sedap dipandang serta nyaman digunakan,” ungkap Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000

Oleh karena itu, Auto2000 selaku spesialis untuk perawatan kendaraan khusus Toyota memberikan tips khusus untuk membersihkan mobil sehabis perjalanan mudik.

Bersihkan Bodi Mobil

Sebelum mencuci mobil, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti air bertekanan, kain chamois, kain mikrofiber, sampo mobil, ember, cairan pembersih dan perawatan mobil. Atur waktu saat mencuci, idealnya saat pagi atau sore ketika bodi mobil tak terlalu panas akibat paparan sinar matahari. Jangan lupa barang di dalam kabin dikeluarkan agar proses pembersihan gampang.  

Setelah semua siap, lakukan semprotan ke semua bagian bodi mobil dengan air bertekanan, seperti di kolong, atap, dan komponen ban untuk merontokkan kotoran yang menempel. Apabila semua bagian bodi sudah basah, lalu aplikasikan sampo mobil. Pakai bahan lembut untuk permukaan bodi mobil dan gunakan sikat untuk bersihkan sela-sela ban dan kolong mobil.

Apabila sudah dirasa bersih, lalu bodi dan kaca mobil diseka dengan kain chamois secara merata. Pastikan juga area yang biasanya menyimpan air seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, grill, dan foglamp tak luput untuk dibilas dan dibersihkan dari sisa pencucian.

Bersihkan Ruang Mesin

Selain bodi mobil, ruang mesin juga ada baiknya dibersihkan. Untuk membersihkannya tidak disarankan menggunakan air bertekanan, karena berpotensi masuk ke ruang bakar dan terjadi kebocoran seal. Oleh karena itu, gunakan kuas untuk menjangkau sudut yang terdapat kotoran dan pakai lap atau kain mikrofiber basah untuk menarik kotoran, yang biasanya hanya debu menempel.

Bersihkan Kabin Mobil

Melakukan pembersihan bagian dalam kabin biasanya setelah mobil dicuci, di mana karpet pijakan kaki dikeluarkan dan dibersihkan. Hal ini untuk memastikan pasir atau sisa makanan mudah disingkirkan.

Bagian di dalam interior lalu dibersihkan menggunakan vacuum cleaner. Kotoran yang menempel di trim atau pelapis jok, dibersihkan pakai cairan pembersih interior atau air hangat agar tak menimbulkan jamur dan bau.

Periksa juga bagasi mobil, karena sehabis mudik, biasanya membawa barang yang unik-unik. Seperti bekal makanan dan minuman yang tak jarang menimbulkan remah kotoran.

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 1946
  • Suka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset