• Home>
  • Tips & Trik>
  • Faktor Penting Merawat Ban Dengan Tepat, Pengemudi Wajib Paham!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Faktor Penting Merawat Ban Dengan Tepat, Pengemudi Wajib Paham!

Dilihat 6602
Tri Gusti
17 Jan 2021, 23:30
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Beragam temuan terjadi, pemilik mobil kerap mengeluhkan ban mobil yang masih baru. Namun ditemukan permukaan sudah tidak rata, benjol, dan lainnya.

Kendala ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor yang perlu diketahui pemilik mobil. Supaya bisa mencari solusi yang tepat mengatasi permasalahan yang terjadi.

"Tekanan angin ban, balancing, spooring, kondisi suspensi, dan permukaan jalan yang sering dilewati," ujar Wibowo Santosa, bos Permaisuri Ban yang sudah pengalaman dengan berbagai ban selama puluhan tahun. 

"Dari semua faktor tersebut, tekanan angin ban jadi faktor utama kalau ingin ban awet," ujar Bowo, sapaan akrabnya.

Pasalnya jika tekanan angin ban tidak pas, ban akan cepat rusak. Setidaknya seminggu sekali harus rutin cek tekanana angin ban, supaya pas dan sesuai.

Pertanyaannya tentu tak lepas dari ukuran tekanan angin ban yang tepat. Mengingat masih banyak pemilik kendaraan yang kerap bingung dalam menentukan tekanan angin yang tepat.

"Tekanan angin ban bisa dinaikkan maksimum 2 psi dari tekanan angin minimum, bisa dilihat dari stiker yang ada di body mobil. Misalnya Avanza ban depan minimum 31 Psi dan maksimum 33 Psi, itu angka toleransinya," ujar pria ramah ini. 

Merawat Ban Dengan Benar, Agar Lebih Awet

Tak kalah penting yang perlu diperhatikan dalam merawat ban mobil adalah balancing dan spooring. Spooring itu menyetel toe in dan toe out, chamber, caster supaya ban habisnya lebih rata, tidak habis di dalam maupun bagian luar saja. 

Sedangkan balancing menyeimbangkan titik berat ban dan pelek untuk mengurangi getaran ketika mobil berjalan.

Baca juga: Masuki Tahun Baru, Ini 6 Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas

"Misalnya kita menyetir di kecepatan 60 km/jam dan setir terasa bergetar, itu artinya ban harus di balancing. Sedangkan spooring diperlukan jika kita merasa setir mobil seperti 'narik' ke 1 sisi," kata Bowo. 

Jika mobil sering dipakai, disarankan setidaknya 2 kali setahun lakukan balancing dan spooring ini. "Tapi kalau sering lewat jalan yang kurang bagus, lakukan saja tiap 3 bulan," imbuhnya.

Tak kalah penting, rotasi ban juga penting untuk dilakukan oleh pemilik mobil. Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan ketika berkendara.

"Rotasi ban bisa dilakukan, dengan catatan ban belakang harus lebih bagus kondisinya daripada ban depan. Kalau yang tadinya ban depan sudah kurang bagus dipindah jadi ke belakang malah percuma," bilang ayah 2 anak ini. 

Lalu apa yang jadi penyebab permukaan ban habis tidak merata? Sejatinya bisa disebabkan oleh sejumlah faktor.

Baca juga: Simak Cara Pasang Aki Mobil yang Baik dan Benar Ini

"Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya, cara menyetir, setelan toe in dan toe out berubah, permukaan jalan yang sering dilewati, sering terkena macet jadi stop and go tinggi, dan kondisi suspensi yang sudah tidak bagus," tukas Bowo.

Bowo pun turut menerangkan bahwa jika benjol terjadi di bagian samping. Bisa jadi karena terjadi benturan misal terkena lubang atau trotoar. 

"Kalau di tapak ban, bisa karena benturan juga atau karena kualitas ban kurang bagus," tutup Bowo.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya