• Home>
  • Tips & Trik>
  • Ikuti 7 Langkah Hindari Cedera Tubuh Saat Angkat Moge Jatuh
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Ikuti 7 Langkah Hindari Cedera Tubuh Saat Angkat Moge Jatuh

Dilihat 5537
Alun Segoro
3 Jan 2021, 23:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Belakangan ini kian banyak pengguna motor gede (moge) berseliweran di jalanan. Dan sangat-sangat tak diharapkan, mungkin terjadi risiko rebahan, atau terjatuh di jalan akibat kecelakaan.

Karena itulah, pengguna moge wajib tahu, bagaimana mengantisipasi ketika motor mereka tergeletak di jalan raya. Seperti diketahui, rata-rata moge jauh lebih berbobot dibanding motor berkubikasi mesin kecil.

Jika pengguna moge atau motor besar berkapasitas mesin di atas 400cc tidak mengerti, bagaimana cara mendirikan kembali tunggangannya usai ia terjatuh. Maka hal itu tentu saja berdampak pada dirinya. Risiko bahaya paling berat adalah pengguna dapat mengalami cedera otot punggung.

Berarti perlu dipahami bagaimana harusnya posisi tubuh yang baik dan menghindari risiko cedera, ketika akan mengangkat motor besar yang terjatuh dan rebah di tanah atau permukaan aspal jalan. Sejumlah cara yang perlu diperhatikan antara lain;

1. Jangan Andalkan Otot Lengan

Umumnya, para pengguna motor besar ketika mendirikan kendaraan mereka yang dalam kondisi terjatuh, hanya mengandalkan kedua otot lengan. Atau yang kebanyakan juga bertumpu menggunakan otot punggung. 

Padahal sebenarnya, porsi otot pada anggota tubuh yang paling besar kerjanya ketika mendirikan motor besar rebah, adalah bertumpu pada kekuatan kedua otot paha. 

“Sangat berbahaya bila mengangkat andalkan otot punggung. Bisa sebabkan cedera punggung. Dalam hal ini, kedua otot tangan mestinya hanya sekadar membantu,” ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Dev. Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM).

2. Tetap Tenang dan Pastikan Kunci Kontak Off

Ketika motor besar yang sedang dikendarai terjatuh, maka menurut Ludhy, langkah pertama yang perlu dilakukan oleh pengendara tersebut adalah tetap tenang, dan tidak panik. Kemudian si pengendara haruslah memastikan, kunci kontak dari motor yang jatuh tersebut dalam keadaan off.

3. Kenali Situasi dan Kondisi 

Bila posisi motor jatuh tergeletak di tengah - tengah jalan, hendaknya si pengendara memastikan terlebih dahulu, kalau kendaraan roda duanya tersebut benar - benar aman, tidak terganggu dan mengganggu lalu lalang pengguna jalan lain di lokasi itu. 

4. Turunkan Standar Samping

Jika saja motor besar tersebut posisi jatuh atau rebahnya ke sebelah kanan pengendara, maka langkah selanjutnya turunkan standar samping yang berada di sebelah kiri, atau saat motor terjatuh posisi standar samping itu berada di bagian atas. Karena nantinya fungsi standar samping itu akan sebagai penopang saat moge diberdirikan.

Jika motor sudah dalam posisi 90 derajat, selanjutnya masukan gigi satu. Itu dilakukan demi mengantisipasi serta mencegah terjadinya gerakan liar pada motor, yang sontak bisa terjadi tanpa kita sadari. 

Seandainya motor tersebut merupakan tipe motor berfairing, hendaknya pengguna mengusahakan posisi setang motor di tekuk ke arah kanan. Ditekuk hingga handle bar atau throttle bar tampak melekat atau mendekati menempel ke tangki.

5. Posisi Tubuh Setengah Jongkok

Saat pengguna akan mulai mendirikan motor yang rebah tadi, bagian bawah punggung dari si pengguna yang ingin mengangkat, atau pengangkat motor haruslah menempel pada jok motor. Artinya si pengangkat tersebut harus berada dalam posisi setengah jongkok. 

Dikatakan Ludhy, punggung bagian bawah si pengendara atau pengangkat motor berfungsi hanya sebagai sandaran jok, bukan berfungsi untuk mendorong. Bila punggung bagian bawah si pengangkat sudah merapat ke jok motor yang terjatuh, lalu sudah memposisikan tubuh setengah jongkok. “Selanjutnya mata harus dikondisikan sejajar garis mata,” ucap Ludhy.

6. Tekuk Siku Hingga 160 derajat

Kemudian pastikan tangan kiri memegang setang atau handle bar, dan tangan kanan mencari sisi bagian jok belakang yang relatif dirasa kuat. Selain itu, pastikan kedua siku tangan dalam posisi ditekuk, dengan sudut tekuk kurang lebih 160 derajat. 

Setelah dirasa semua sudah tepat, lalu perlahan-lahan bangkitkan motor yang semula rebah itu. Pastikan kekuatan dalam mendirikannya harus dirasa dari kedua otot paha. Jelang posisi sudut 90 derajat motor berdiri, maka berikutnya titik 90 derajat motor rebahkan ke sisi kiri. 

Selanjutnya posisi tubuh pengangkat langsung berbalik dan segera memegang motor. Serta turunkan dan melepaskan motor secara bertahap, supaya motor yang sudah berdiri dapat bertumpu optimal kepada standar samping di bagian kiri bodi motor. Setang motor pun lalu dibuat menekuk ke kiri, searah gravitasi. 

7. Tahan Bobot Moge dengan Paha


“Begitupula bila motor besar tunggangan kita terjatuh ke bagian kiri. Dimana bagian sisi kiri body motor yang menempel di permukaan tanah atau aspal. Secara garis besar tahap untuk mengangkat dan memberdirikannya sama dengan ketika motor jatuh ke kanan seperti tadi,” katanya.

Hanya saja, lanjut Ludhy, jelang posisi sudut 90 derajat, tubuh si pengangkat motor perlahan memutar balik. Lalu bobot dari moge segera ditahan menggunakan paha kanan. 

Saat pengangkat menggerakan posisi memutar kaki kiri, gerakan tersebut harus dibarengi dengan melakukan tindakan mengungkit standar kiri secara berbarengan. Agar motor bisa kembali diturunkan miring ke kiri, namun sudah tertopang oleh standar samping yang umumnya berada di sebelah kiri.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya