OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Ikuti 8 Cara Mudah Bersihkan Mesin Mobil

Dilihat 8784
Arief Yuno
8 Jan 2021, 21:09
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 7

bersihkan mesin mobil

Otoloka.id - Semakin lama mobil digunakan, lambat laun seiring waktu berjalan, mesin dan ruang mesin mobil akan terlihat tidak kinclong lagi. Wajar saja, mengingat mobil selalu dipakai untuk beragam aktivitas pemiliknya. 

Apalagi bila mobil dipakai si pemilik, untuk rutinitas berkendara harian. Pastinya partikel-partikel debu di jalanan menyelinap masuk ke dalam ruang mesin, melalui celah-celah yang ada di bagian depan mobil.

Selain debu, sisa-sisa oli saat mobil berkunjung ke bengkel untuk servis rutin. Ataupun serangga seperti laba-laba kecil, dan lainnya, merupakan sejumlah objek yang dapat mengganggu kebersihan mesin dan ruang mesin. Bila ini sudah terjadi, maka ruang mesin dan mesin mobil tentunya harus dibersihkan. 

Bersihkan Mesin Mobil dengan Benar

bersihkan mesin mobil lap

Bukan hanya kita menjaga kebersihan bodi luar dan interior mobil saja. Banyak yang beranggapan, tak perlu membersihkan ruang mesin dan mesin mobil, karena toh tertutup oleh kap mesin. Jadi tak tampak dari luar. Tapi sebenarnya anggapan ini kurang tepat. Karena dengan membersihkan mesin dan ruang mesin, maka kondisi mesin dapat terjaga, dan cenderung membuatnya lebih panjang umur.

Begitupula kondisi mesin dan ruang mesin yang tampak bersih, sedikit banyak dapat menciptakan kepuasan tersendiri, bagi si pemilik mobil. Belum lagi ditinjau dari sisi nilai jual, dimana bila kondisi mesin dan ruang mesin bersih. Maka pastilah akan meningkatkan daya tarik mobil, di mata calon pembeli, jika mobil hendak dijual kembali.

Selain itu, satu hal lagi, keuntungan dari kebersihan ruang mesin yang terjaga, membuat mekanik akan memperlakukan mobil ekstra hati-hati, bila mobil kita masuk bengkel untuk perawatan. Psikologisnya, si mekanik mengetahui, bahwa pemilik mobil merupakan sosok yang begitu mempedulikan perihal kebersihan kendaraannya.

Mungkin sebagian besar pemilik mobil berpikir, untuk membersihkan mesin dan ruang mesin tunggangan kesayangannya harus pergi ke detailing atau salon mobil. Sebetulnya ada sejumlah cara, untuk membersihkan sendiri mesin dan ruang mesin mobil tanpa harus pergi ke detailing atau salon mobil. Apalagi saat pandemi Covid-19 yang sementara masih terjadi, membuat pemilik mobil harus mengurangi aktivitas singgah ke banyak tempat.

Pengerjaan pembersihan area mesin self service ini sebenarnya akan lebih mudah, kalau kita memiliki alat steam uap dan blower di rumah. Tapi jika memang tidak memilikinya, janganlah khawatir. Kita tetap bisa melakukan aktivitas pembersihan, bahkan dengan hasil yang juga tak kalah optimal.

Sebelum mulai membersihkan sendiri, tentu ada sejumlah peralatan yang harus kita siapkan. Meliputi cairan pembersih multiguna atau bisa juga air sabun. Lalu degreaser, sikat, kuas, dan sejumlah kain lap yang bersih. Bisa juga menggunakan kain kanebo. Dibutuhkan lebih dari satu, karena untuk membedakan lembar kain atau kanebo yang digunakan untuk pembersihan awal, dan yang dipakai untuk melakukan pengeringan.

Cara Bersihkan Mesin Mobil

bersihkan mesin mobil perlahan

Sebelum melangkah lebih jauh, perlu kita ingat, kalau ruang mesin mobil juga diisi berbagai komponen kelistrikan. Atas dasar itulah, kita hindari menggunakan air mengalir selama aktivitas pembersihan. Cukup dengan menggunakan air seperlunya.

1. Pastikan Mesin Kondisi Dingin

Pertama-tama, buka kap mesin dan pastikan mesin mobil dalam keadaan dingin. Untuk mendapatkan momen tersebut, kita bisa melakukannya pada pagi hari, atau saat mesin mobil belum dihidupkan sama sekali. Jikalau pengerjaan pembersihan terpaksa harus dilakukan usai mobil dipakai beraktivitas, maka tunggu sekitar 30-45 menit. Cukup waktu untuk mesin mobil benar-benar dingin.

2. Lepas Aki Mobil

bersihkan mesin mobil cabut aki

Kemudian lepas aki mobil, dimana ini merupakan tahap penting dari cara membersihkan mesin mobil. Lantaran pada tahap selanjutnya, kita perlu menggunakan air, meskipun seperlunya.
Melepas aki mobil berarti memutus aliran listrik di mobil. Bertujuan menghindari korsleting, saat membersihkan menggunakan air. Keuntungan lainnya adalah, kita bisa menjangkau sebelah bawah tempat penyimpanan aki. Umumnya banyak kotoran juga di sana. 

Setelah aki dilepas, simpan baik-baik di lokasi yang aman dan kering. Jangan lupa, simpan pula baut-baut atau komponen lain yang sebelumnya menempel pada aki. Jangan sampai tercecer, karena ukuran benda-benda tersebut relatif kecil.

3. Dahulukan Bagian Bawah Kap Mesin

Sesudah aki mobil diangkat, dan diletakkan di tempat yang aman, bisa dikatakan sudah aman bagi kita menggunakan bahan cair, untuk membersihkan mesin mobil. Sebelum mulai membersihkan komponen mesin, lakukan dulu pembersihan bagian bawah kap mesin. Area ini dapat jatah pertama, karena terletak di atas.

Pasalnya, jika bagian ini dikerjakan belakangan, berisiko kotoran-kotoran yang menempel pada bagian ini akan jatuh, dan mengotori bagian atas permukaan mesin. Bila seandainya permukaan mesin sudah dibersihkan lebih dahulu, bisa menjadi kotor lagi.

Membersihkan bagian bawah kap mesin bisa memanfaatkan cairan pembersih multiguna. Bersihkan macam kotoran yang menempel, gunakan sikat atau kuas. Setelah dirasa sudah bersih merata, bilas perlahan agar tak terjadi cipratan air ke atas permukaan mesin. Setelah itu, keringkan dengan lap atau kanebo.

4. Sapu Debu dan Kotoran Ringan

bersihkan mesin mobil sikat

Membersihkan mesin mobil sederhananya diawali dengan melunturkan kotoran-kotoran remeh di area permukaan mesin. Proses awal ini akan lebih gampang, jika kita memiliki blower.
Namun tanpa blower, kita bisa mulai dengan ‘menyapu’ permukaan mesin menggunakan kuas. 

Bersihkan permukaan mesin dan ruang mesin, mulai dari daerah yang memiliki area lebar, hingga kemudian barulah masuk ke celah-celahnya. Setelah itu gunakan cairan pembersih, demi mengoptimalkan hasilnya. Kemudian dibilas air secukupnya.

5. Keringkan Bagian yang Sudah Dibersihkan

Usai membersihkan semua bagian-bagian permukaan mesin dan sudut-sudut ruang mesin. Hingga secara detail masuk ke sela-sela bagian mesin dan ruang mesin, tahap selanjutnya ialah mulai mengeringkan bagian-bagian yang sudah dibersihkan tadi. 

Ini juga penting dikerjakan, demi menghindari karat yang berisiko muncul pada komponen-komponen mesin. Tahap pengeringan ini tergolong mudah dilakukan, apabila menggunakan lap microfiber, kanebo atau lap plas chamois. Tetapi ada baiknya, sebelum kanebo dipakai untuk membilas dan mengeringkan permukaan mesin, terlebih dahulu dicuci bersih.

6. Bersihkan Bagian Depan Mesin

bersihkan mesin mobil bagian dalam

Ketika ruang mesin dan permukaan mesin kita anggap sudah bersih. Hendaknya sejenak luangkan waktu, dengan ikut membersihkan bagian depan mesin. 

Memang, agar hasilnya lebih optimal, untuk membersihkan bagian depan mesin, kita perlu melepas gril depan. Meski bisa juga membersihkan tanpa melepas gril, tetapi area pengerjaan akan terasa sempit untuk dijangkau tangan.

7. Lakukan Perlahan dan Menyeluruh

Pada dasarnya, dalam membersihkan mesin dan ruang mesin, harus dilakukan dengan sabar, perlahan dan teliti. Seperti dikatakan di awal, agar tetap bisa membersihkan mesin mobil tanpa Steamer, adalah dengan memanfaatkan cairan pembersih serbaguna atau air sabun. 

Memang adakalanya tak cukup hanya menggunakan air sabun, untuk mengangkat kotoran. Terlebih kotoran yang membandel, kita bisa menggunakan Degreaser.

Tahap awal, basahi permukaan mesin yang akan dibersihkan. Bisa memfungsikan kuas atau sikat, untuk mencongkel aneka kotoran yang menempel. Kian mudah pembersihan dilakukan, dengan didukung bantuan alat Steamer Uap. 

Semprotkan Steamer ke sisi-sisi mesin yang hendak dibersihkan, lalu mulai proses pembersihan. Uap itu sendiri berguna untuk mengangkat kotoran-kotoran yang melekat secara lebih mudah dan cepat.

Gampangnya bersihkan dulu bagian mesin dengan permukaan lebar atau besar. Berlanjut ke bagian-bagian kecil, hingga celah-celah mesin. Tak ketinggalan, bersihkan pula rangka bagian dalam mobil yang tampak di area ruang mesin.

8. Pasang Aki dan Hidupkan Mesin

bersihkan mesin mobil cabut aki

Memasuki tahap akhir, periksa kembali apakah ada bagian yang terlewatkan untuk dibersihkan. Mulailah periksa dari bagian bawah kap mesin, kemudian permukaan mesin, sudut-sudut dan sela-sela ruang mesin dan mesin, bagian depan mesin, dan rangka bagian dalam.

Jika sudah selesai diperiksa, berarti bisa dikatakan proses pembersihan mesin dan ruang mesin mobil sudah selesai. Namun sebelum mengakhirinya benar-benar, jangan lupa, pasang kembali aki mobil dan coba untuk mulai menghidupkan mesin.

Dari rangkaian proses pembersihan mesin dan ruang mesin mobil tadi, dapat disimpulkan kalau membersihkannya bukanlah perkara susah. Ditopang sejumlah perlengkapan yang sebelumnya sudah kita siapkan, maka kita bisa melakukannya sendiri di rumah, tanpa harus ke bengkel detailing dan salon mobil. 

Tinggal kemauan kita saja, apakah berkenan atau enggan melakukannya. Walau prosesnya memang sedikit memakan waktu dan tenaga, namun hasilnya lumayan bermanfaat.

  • Suka 7
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya