• Home>
  • Tips & Trik>
  • Ini Dia Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil, Biar Nggak Bingung Kalau Rusak!
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Ini Dia Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil, Biar Nggak Bingung Kalau Rusak!

Yunita Efendi
17 Jan 2022, 19:55

Otoloka.id - Cara memperbaiki dinamo starter mobil masih jarang diketahui pemilik mobil. Padahal, cara yang satu ini sangat penting untuk diketahui.

Pada dasarnya, dinamo starter sangat jarang mengalami kerusakan. Kecuali jika masa pakainya memang telah habis. 

Dinamo ampere atau dinamo starter yang biasa disebut juga alternator adalah komponen yang memiliki fungsi krusial di mobil. 

Komponen ini berfungsi sebagai pembangkit energi pada mobil, dimana energi listrik tersebut akan disalurkan ke bagian aki mobil. 

Karena itulah, jika bagian dinamo starter atau alternator ini mengalami kerusakan, hal ini sangat mengganggu pengendaraan kita.

Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak

Ada beberapa ciri yang bisa kita kenali untuk mengetahui saat alternator ini mengalami kerusakan. Selain bagian fisik dinamo starter yang rusak, suara mesin mobil yang kasar juga bisa menjadi salah satu ciri alternator rusak.

Hal ini oleh bearing mobil pada dinamo starter atau alternator bermasalah, sehingga aki dapat dengan mudah mengalami overcharge. Dengan demikian, aki menjadi lebih cepat panas dan air aki pun ikut mendidih.

Contoh lainnya yang menjadi tanda dinamo starter mobil bermasalah adalah lampu utama mobil yang tiba-tiba meredup saat berkendara pada malam hari akibat suplai listrik yang diberikan komponen tersebut terlalu lemah.

Lampu indikator yang berkedip-kedip pun bisa menjadi pertanda bahwa dinamo starter sedang rusak, dan hal ini terjadi karena listrik tidak mengalir dengan baik. 

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil

Jika mengalami beberapa ciri tersebut di atas, dapat dipastikan bahwa dinamo starter mobil kita mengalami kerusakan. Lalu bagaimana cara untuk memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak?

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Periksa klem aki 

Pastikan klem aki mobilnya tidak mengalami kendor atau lepas. Lihat dan periksa pada bagian klem aki yang ada pada terminal positif (+) dan negative (-).

Periksa rangkaian kelistrikan pada dinamo starter, lihat apakah ada kabel yang kendor, putus, rusak dan kotor. 

Jika semua poin di atas aman dan tidak ada yang rusak tetapi tetap dinamo starternya rusak, maka bisa saja karena akinya harus diperbaiki atau diganti dengan aki yang baru. 

2. Cek kondisi kabel pada aki mobil

Sebelum cek kondisi kabel, awali dulu dengan periksa tegangan aki mobil dengan menggunakan alat ukur multitester agar mengetahui kondisi tegangan setrum aki. 

Cek juga bagian kabel aki mobil kalian dan pastikan semua kabel terhubung dengan baik. 

Dan jika semua keadaan baik, bisa saja dinamo starter mobil kalian memang sudah mati dan harus diganti dengan dinamo yang baru. 

3. Periksa soket otomatis

Periksa soket otomatis yang terdapat pada bagian dinamo starter. Biasanya akan terdapat kabel kecil yang terhubung dengan bagian dinamo. 

Cek apakah kondisi kabel otomatis tersebut dalam kondisi baik atau tidak, dan jika tidak segera diganti dengan yang baru. 

Periksa juga bagian sekring dan bagian relay. Apabila terdengar suara pada saat kunci kontak diputar ke bagian start, maka sebaiknya dicek kembali secara menyeluruh. 

4. Lakukan jumper aki mobil

https://www.carmudi.co.id/journal/wp-content/uploads/2018/09/Posisi-Kabel-Saat-Jumper-Aki-Mobil-Foto-Saft7.gif

Pada dasarnya, dinamo starter mobil akan berputar ketika ada arus listrik yang mencukupi pada bagian aki mobil. Jika arus tersebut kurang, maka kita disarankan untuk melakukan jumper aki mobil. 

Saat akan dilakukan jumper, matikan seluruh perangkat listrik di kedua mobil. Kedua mobil juga harus dalam posisi mati dengan kunci yang dicabut. 

Jumper bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Buka kedua kap mobil dan langsung cari posisi aki berada.

Kemudian, lihat posisi kutub terminal positif dan negatif di kedua aki tersebut. Bersihkan jika aki dalam keadaan kotor. 

Jepit ujung klem kabel merah atau positif pada kutub positif (+) dari aki mobil yang mogok. Dan jepit ujung klem lainnya dari kabel merah atau positif pada  kutub positif (+) dari aki mobil yang berfungsi.

Pastikan kedua penjepit kutub (+) terpasang dan tidak mudah terlepas. Jangan lupa jepit ujung klem kabel hitam atau negatif pada kutub negatif (-) dari aki mobil yang berfungsi. 

Kemudian ujung klem lainnya dari kabel hitam atau (-) dijepit ke bagian bodi mobil, sasis atau bagian yang berbahan metal dari mobil yang mogok. 

Hal yang harus diperhatikan adalah jangan menghubungkan ujung klem kabel hitam atau negatif ke baterai mati karena sangat berbahaya. Hal ini karena aki yang rusak bisa mengeluarkan gas yang mudah terbakar saat terkena percikan api. 

Tunggu selama satu menit atau lebih, tergantung berapa lama akinya rusak. Kita perlu membiarkan mesin menyala selama beberapa menit untuk mengisi tenaga pada aki tersebut. 

Biarkan kabel masih terpasang di kedua mobil meskipun mobil dalam keadaan menyala. Jika mesinnya tetap masih sulit menyala atau bahkan tidak merespon reaksi sama sekali, cobalah diamkan selama beberapa saat agar proses pengisian tenaga menjadi lebih banyak. 

Permasalahan pada aki mobil menyebabkan starter pada dinamo mobil tidak layak fungsi. Hal tersebut disebabkan oleh lemahnya suplai listrik dari aki ke bagian dinamo mobil. 

Ketika pemilik mobil sudah mengetahui bahwa aki mobil mengalami kerusakan tetapi masih terus memaksakan untuk menyalakan mobil, hal ini dapat memicu kerusakan pada dinamo starter. Apalagi jika kita menekan starternya secara berulang dengan cepat. 

Disarankan selalu cek aki mobil secara rutin agar mengantisipasi kerusakan pada bagian starter dinamo yang berlanjut. Usahakan untuk selalu mengetahui bahwa tegangan aki dalam kondisi yang baik dan tidak lemah.

Langkah sederhana seperti selalu mengecek dan service rutin berkala adalah pencegahan yang ampuh bagi mobil kesayangan agar tidak mengalami kesulitan dalam perjalanan.

Dinamo starter pada mobil ini memang berbeda dengan sepeda motor yang pada umumnya yang dilengkapi dengan kick starter, sehingga bisa menjadi solusi jika starter tidak berfungsi. 

Kebanyakan pemilik mobil pasti akan merasa panik saat mobil tidak berfungsi, terlebih ketika mobil tidak bisa dinyalakan dan kita tidak begitu paham soal mesin mobil.

Tetapi jika hal tersebut sampai terjadi di saat berkendara, jangan panik dan segera cari bantuan terdekat. Dengan mengetahui cara memperbaiki dinamo starter mobil ini, kita juga akan dapat mendeteksi masalah yang ada pada mobil kita seandainya tiba-tiba berhenti. 

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 8506
  • Suka 8
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset
    Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!