• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Inilah Cara Mengkilapkan Bodi Motor, Mudah Kok!

Dilihat 7274
Ismet
2 Nov 2021, 10:11
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 5

Otoloka.id- Memiliki sepeda motor dengan tampilan bersih dan mengkilap tentu menjadi kebahagiaan tersendiri. Cara mengkilapkan bodi motor pun kini sudah sangat variatif untuk berbagai jenis motor.

Untuk perawatan baik jenis motor manual atau matic relatif sama saja. Akan tetapi jika diperhatikan bodi motor matic biasanya lebih luas dan lebih besar dibanding motor manual seperti motor sport atau motor bebek.

Terdapat beberapa cara mengkilapkan motor yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke salon motor atau tempat cuci motor. 

Baik itu cara mengkilapkan bodi motor yang pudar atau juga cara mengkilapkan body motor seperti baru semuanya bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Rutin Mencuci Motor

Cara mengkilapkan body motor secara alami dan paling ampuh adalah dengan rutin mencuci motor. Rutin dalam hal ini bukan berarti harus setiap hari dan dilakukan secara berlebihan. 

Mencuci motor secara rutin bisa dilakukan seminggu sekali atau setiap tiga hari sekali. Dengan mencuci motor secara rutin, motor kita akan tetap bersih dan mengkilap.

Penumpukan kotoran dan debu merupakan penyebab utama cat pada body motor menjadi kusam dan luntur. Cat motor akan mengelupas dan akan sulit membuat motor menjadi mengkilap jika hal tersebut telah terjadi.

Baca juga : Kenali Fitur Honda Smart Key System, Ini Cara Perawatannya!

Buat jadwal khusus untuk membersihkan motor, jika kamu merupakan seorang pengguna motor secara aktif, bisa membuat jadwal membersihkan motor selama seminggu sekali. 

Jika sekiranya motor jarang digunakan, bisa mencucinya dua minggu sekali atau bahkan sebulan sekali.

2. Bersihkan Motor Secara Detail

Saat mencuci motor, usahakan membersihkannya secara mendetail. Kebanyakan orang mencuci motor hanya dengan membersihkan body dan bagian motor yang terlihat saja. 

Padahal sebenarnya mesin dan komponen metal lainnya yang tampak juga bisa Anda buat mengkilap.

Saat mencuci gunakan sikat gigi bekas dan kuas untuk mencapai sudut-sudut sempit. Penggunaan sikat gigi ini akan menghindarkan motor dari goresan, dengan tekanan penyikatan yang tepat juga bisa mengkilapkan mesin motor.

Jika bodi motor atau bagian mesin motor Anda terkena rembesan oli, apalagi sudah tercampur dengan debu dan motoran. Noda ini akan sulit sekali dihilangkan. 

Cara mudah untuk menghilangkannya adalah dengan menggunakan lap yang sudah dibasahi bensin. Pastikan Anda berhati-hati saat melakukannya.

3. Poles Motor Secara Berkala

Setelah dicuci Anda dapat mengkilapkan body motor Anda dengan memolesnya menggunakan polish wax. Lapisan wax ini menjadikan body motor licin dan mengilap, sehingga debu tidak akan mudah menempel. 

Gunakan juga polish wax untuk mengkilapkan bagian mesin dan bagian berbahan kulit jeruk seperti dashboard. Cairan ini mempertahankan warna dashboard Anda agar tidak terlihat kusam.

Kompon dan poles biasanya digunakan sebagai cara mengkilapkan body motor matic. Jika ingin mendapatkan body motor mengkilap dengan cepat, kompon dan poles adalah jawabannya. 

Kompon dapat secara efektif menghilangkan goresan-goresan halus yang ada pada body motor, dan poles dapat membuat body motor semakin mengkilap.

Cara mengkilapkan body motor yang kusam menggunakan kompon dan poles sangat mudah. Pertama oleskan kompon pada body motor yang tergores atau kusam menggunakan kain lap. Lalu lap dan bersihkan hingga kompon menempel pada body motor. 

Goresan-goresan kecil atau warna kusam akan langsung hilang. Selanjutnya tinggal mengoleskan poles hingga body motor menjadi mengkilap.

Menggunakan kompon dan poles sebagai cara mengkilapkan body motor yang kusam sebaiknya ketika setelah dicuci, agar kotoran dan debu-debu halus yang menempel hilang dan bisa mendapatkan body motor yang mengkilap sempurna.

4. Mengkilapkan Bodi Motor dengan Minyak Kayu Putih

Biasanya minyak kayu putih digunakan untuk penghangat badan ketika cuaca sedang dingin, dengan membalur minyak kayu putih pada seluruh badan. Siapa yang mengira bahwa minyak kayu putih bisa digunakan sebagai cara mengkilapkan body motor secara alami.

Bahkan minyak kayu putih juga dipercaya dapat menghilangkan noda-noda membandel yang terdapat pada body motor. Bukan hanya untuk body motor, barang elektronik lainnya seperti laptop atau handphone bisa dibersihkan menggunakan minyak kayu putih.

Cara mengkilapkan body motor yang kusam menggunakan minyak kayu putih sangat mudah. 

Pertama, tentu saja kita harus mencuci terlebih dahulu motor hingga bersih, lalu lap motor hingga benar-benar kering. Selanjutnya kita tinggal mengoleskan minyak kayu putih pada body motor hingga benar-benar mengkilap.

Minyak kayu putih merupakan alat pembersih alternatif yang bisa digunakan jika kita kehabisan alat pembersih motor. 

Jangan terlalu berlebihan menggunakan minyak kayu putih saat membersihkan motor, karena kandungan yang terdapat pada minyak kayu putih dapat membuat warna cat motor luntur jika digunakan secara berlebihan pada motor.

Setelah tahu cara mengkilapkan bodi motor seperti diatas, berikut kita ulas juga cara merawat bodi motor agar tetap mengkilap.

1. Cuci Motor Langsung Setelah Terkena Air Hujan

Hal penting yang harus diperhatikan dalam merawat motor adalah langsung mencuci motor ketika telah terkena hujan. 

Hal tersebut dikarenakan air hujan mengandung asam nitrat yang sangat berbahaya bagi cat body motor dan dapat membuat body motor mengelupas dan kusam.

Baca juga : Ini Cara Aman Berkendara Melewati Jalan Rusak dan Berlubang

Selain itu, saat hujan tiba juga segala kotoran jalanan akan menempel pada body motor dan dapat menyebabkan motor mendapatkan goresan-goresan kecil. 

Jika tidak langsung dibersihkan akan membuat motor terlihat kusam dan akan sangat percuma melakukan cara mengkilapkan body motor.

Kita hanya perlu membersihkan motor dengan cara membilasnya dengan air bersih saja, lalu mengelap selurut bagian body motor yang terkena air hujan. 

Terutama pada bagian bawah motor yang juga akan sangat banyak terkena kotoran jalan yang menempel. 

2. Hindari Penggunaan Detergen Saat Mencuci Motor

Tips berikutnya dalam merawat motor adalah menghindari penggunaan detergen saat mencuci motor. Sebagian cara mengkilapkan body motor yang telah dibahas di atas menyarankan untuk mencuci motor terlebih dahulu sebelum mengkilapkan body motor. Namun, jangan sekali-kali menggunakan deterjen saat mencuci motor.

Alih-alih dapat membuat motor bersih mengkilap, kandungan dari detergen justru dapat membuat cat pada body motor luntur. 

Body motor akan luntur dan memudar jika setiap dicuci selalu menggunakan detergen. Hal tersebut disebabkan kandungan dari deterjen yang merusak body motor.

Kita disarankan menggunakan shampo motor ketimbang menggunakan detergen. Shampo motor yang digunakan pun jangan sembarang pilih. 

Hindari menggunakan shampo motor yang mengandung bahan seperti Hcl (acid hydrochlorid), NaOH (sodium hidroksida) dan KOH (potasium hidroksida).

Ketiga kandungan tersebut ternyata berbahaya dan dapat merusak lapisan cat dan bodi motor.

3. Jangan Biarkan Motor Terpapar Sinar Matahari Secara Langsung

Sinar matahari sangat buruk untuk body motor. Hal tersebut dikarenakan kandungan ultraviolet dari sinar matahari yang dapat membahayakan body motor. Jika terpaksa, jangan biarkan motor terkena sinar matahari secara lama. 

Sebagus apapun perawatan motor yang dilakukan, jika terus-terusan terpapar sinar matahari langsung, maka cara untuk mengkilapkan body motor yang dilakukan akan tetap percuma. 

Karena  kita tidak akan bisa mengembalikan sesuatu yang telah rusak akibat sinar matahari, kecuali kita cat ulang body motor.


  • Suka 5
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Orang Lain Juga Melihat

    Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya