• Home>
  • Tips & Trik>
  • Jangan Sembarangan, Begini Cara Melepas Aki Mobil Dengan Benar
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Jangan Sembarangan, Begini Cara Melepas Aki Mobil Dengan Benar

Yunita Efendi
6 Des 2021, 13:16
  • Dilihat 4751
  • Suka 0

Otoloka.id - Sebagai pemilik mobil, kita memang harus tahu soal cara melepas aki mobil yang benar. Kendati cara melepas aki mobil ini tidak sulit, tetapi tetap harus dilakukan dengan hati-hati.

Ketika aki mobil rusak atau sudah harus diganti, pemilik mobil sebenarnya bisa menggantinya sendiri asalkan tahu cara melepas dan memasangnya kembali dengan benar.

Cara melepas dan memasang kembali aki mobil ini tidak bisa dianggap enteng. Apabila ada kesalahan, maka akan berakibat fatal pada kendaraan kita.

Biasanya, efek yang paling sering terjadi akibat adanya kesalahan pada saat melepas atau memasang aki adalah terjadinya korsleting. Jika hal ini terjadi, maka akan ada kerusakan pada sejumlah komponen lainnya dan kita pun harus melakukan penggantian pada komponen-komponen tersebut.

Lalu bagaimana cara melepas aki yang benar? Informasinya akan kita bahas dalam ulasan yang berikut ini.

Cara Melepas Aki Yang Benar

Cara melepas aki ini sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi memang membutuhkan ketelitian yang tinggi. Aki memang merupakan salah satu komponen penting dalam mobil yang berfungsi sebagai cadangan listrik utama.

Sebagai cadangan listrik utama, aki ini berperan untuk memenuhi semua sistem kelistrikan di dalam mobil. Karena itu, jika ada masalah pada aki, maka kinerja kendaraan kita pun akan terhambat.

Jika terjadi kerusakan maupun gangguan pada aki, kita harus melakukan penggantian aki. Nah, berikut ini adalah cara melepas aki dan memasangnya kembali dengan benar.

1. Buka Kap Mesin dan Cari Tahu Posisi Aki

Pertama-tama, buka kap mesin dan pasang pengaitnya agar kap mesin tidak jatuh secara tiba-tiba. Kemudian, cari tahu posisi aki dan siapkan peralatan yang kita butuhkan untuk melepaskan aki mobil.

Jangan lupa, untuk mobil-mobil tertentu ada juga yang letak akinya di bagasi belakang mobil. Jadi kalau di ruang mesin enggak ada aki jangan panik ya. Coba cek di bagasi dulu.

Peralatan yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. Sebut saja obeng minus, tang, serta kunci pas nomor 10 dan 12.

Baca juga: Pasang Kabel Ground Pada Kendaraan, Perlukah?

2. Perhatikan Kutub Negatifnya

Selanjutnya, lepaskan kabel kutub negatif dan positif dengan hati-hati. Agar lebih aman, sebaiknya mulai dengan melepaskan kabel, baut, dan klem pada kutub negatifnya terlebih dahulu.

Kita diharuskan membuka dari kabel negatif terlebih dahulu karena jika kita melakukannya dari bagian yang positif terlebih dahulu, maka akan terjadi hubungan arus pendek listrik.

Kabel kutub negatif ini biasanya berwarna hitam dan memiliki logo minus. Kemudian barulah kita buka baut akinya dengan kunci pas 10 atau 12, tergantung dengan kebutuhan.

Jika sulit dibuka, bisa kita bantu dengan menggunakan tang, tetapi jangan dipaksa ketika membuka bautnya. Lakukan dengan perlahan agar ulir baut tidak rusak.

3. Lepaskan Bagian Kutub Positif

Setelah bagian kutub negatif berhasil dilepaskan, kini saatnya beralih ke bagian yang positif. Kabel bagian positif biasanya berwarna merah dan memiliki logo plus.

Cara melepaskannya sama persis dengan bagian negatif. Jika sulit dibuka, bisa juga disemprotkan cairan penetran agar bisa lebih mudah dibuka.

Baca juga: Cegah Mobil Terbakar Jangan Asal Ubah Kelistrikan di Mobil

4. Bersihkan Bagian Yang Berkarat

Pastikan semua kabel dan klem terlepas, baik untuk bagian positif maupun negatif. Setelah itu, barulah kita bisa mengangkat aki dengan lurus.

Hal ini dilakukan untuk mencegah cairan yang terdapat di dalam aki tumpah. Setelah aki terlepas, kita juga harus melakukan pemeriksaan pada bagian kabel dan klem aki.

Jika ditemukan karat, kita dianjurkan untuk membersihkannya menggunakan cairan anti karat. Membersihkan karat ini cukup dengan cara menggosok bagian yang kotor hingga karatnya hilang.

Karat dan kotoran lain yang menempel pada klem dan ujung kabel ini akan menghalangi masuknya aliran listrik. Jika karat sudah terlalu parah sehingga kabel dan klem ini rusak, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

5. Pasang Aki Yang Baru

Tadi kita sudah menjelaskan tentang cara melepas aki yang benar, dan sekarang kita akan memasangnya kembali dengan cara yang benar pula.

Pastikan kita meletakkan aki pada posisi dudukannya dengan lurus. Saat memasang kabel dan klemnya, mulai dari bagian positifnya terlebih dahulu, baru bagian negatifnya.

Baca juga: Cara Mencegah Tikus Gerogoti Kabel Mobil

Hal ini bukan tanpa alasan. Memulai dengan bagian yang positif ini dilakukan agar tidak ada percikan api pada kutub positifnya.

Lakukan pemasangan kembali dengan teliti dan pastikan semua kabel dan klem sudah terkunci dengan baik. Jika sudah selesai, coba nyalakan mesin mobil, dan jika sudah menyala, maka tutup kembali kap mobil.

Demikianlah tadi pembahasan tentang cara melepas dan memasang kembali aki mobil dengan benar. Meskipun kelihatannya mudah, tetapi kita sebagai pemilik mobil harus berhati-hati ketika melakukan penggantian aki ini.

Jika terjadi kesalahan pada proses penggantian aki ini, maka akan terjadi gangguan juga pada kerja mesin. Karena itu, jika tidak yakin melakukannya sendiri, sebaiknya serahkan proses penggantian aki tersebut kepada tenaga mekanik yang sudah ahli.


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan