• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Jarang Diperhatikan, Baut Roda Juga Butuh Perawatan

Dilihat 5931
Ismet
15 Okt 2021, 12:16
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 4

Otoloka.id- Bisa jadi Anda salah satu yang jarang memperhatikan mur ataupun baut roda. Padahal, komponen tersebut juga ternyata butuh diperhatikan secara rutin. Baut roda mempunyai peranan penting karena komponen tersebut menjadi penyambung antara ban dengan pelek.

Perawatan berkala serta penggunaan kunci roda yang tepat bisa mencegah kerusakan mur maupun baut roda. Jangan pernah remehkan peran mur ataupun baut roda, karena ia berkaitan erat dengan aspek keselamatan berkendara.

Seperti dilansir laman resmi Hyundai Indonesia, sebetulnya, perawatan soal baut dan mur itu suka dianggap tidak penting. Padahal ini butuh perlakuan khusus, sewaktu-waktu Anda harus mengganti roda akibat ban kempis, bisa saja mur ataupun baut roda jadi sulit dibuka akibat karat.

Dalam buku panduan yang tersedia di setiap mobil, sebetulnya sudah disarankan oleh pabrikan untuk melakukan rotasi ban setiap 10.000 km. Inti utamanya tentu saja untuk mencegah keausan ban yang tidak rata. 

Di samping itu, sebenarnya Anda bisa melakukan perawatan sekaligus terhadap mur dan baut roda.

Baca juga : Ketahui Arti Huruf Dan Angka Yang Ada di Tuas Transmisi Otomatis

Perawatan Baut Roda

Ketika roda dibongkar, ada baiknya Anda juga sekaligus meminta mekanik untuk memberi cairan penetran pada mur dan juga baut roda. Atau bila baut sudah berkarat, bisa dioles dengan gemuk (grease) secukupnya.

Namun bukan berarti ketika Anda melakukan perawatan berkala tidak akan terjadi masalah. Misalnya saja salah penanganan ketika mengencangkan mur atau baut roda yang akhirnya bisa menyebabkan drat di baut atau mur menjadi tergerus.

Alhasil, perangkat yang berfungsi untuk mengencangkan pelek pada hub roda ini akan kehilangan fungsinya. Selain itu, besar kemungkinan gaya sentrifugal pelek ketika berputar jadi tidak sempurna. Maka itu, penanganannya butuh perlakuan khusus. 

Masing-masing merek mobil punya jenis dan ukuran baut maupun mur yang berbeda. Biasanya dibedakan menjadi tiga ukuran, 1,25 mm dan 1,5 mm dan 1,75 mm.

Mur pun ada jenisnya lagi. Mulai dari yang menggunakan ring, sampai yang model payung. Material yang digunakan pun harus yang punya kualitas terbaik agar tidak mudah dol. 

Sebaiknya gunakan baut yang terbuat dari bahan baja produksi Jepang. Hal ini untuk mencegah baut merenggang ketika dikencangkan dengan mur.

  • Suka 4
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya