• Home>
  • Tips & Trik>
  • Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram, Perhatikan Juga Perawatannya
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram, Perhatikan Juga Perawatannya

Dilihat 4067
Iman Firman
23 Apr 2021, 23:28
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

Otoloka.id - Mobil-mobil terbaru umumnya sudah dibekali dengan rem model disc brake atau cakram. Kalau dibandingkan dengan rem model drum atau tromol, pasti rem cakram memiliki beberapa kelebihan.

Contohnya saja dalam hal melepas panas dan membuang abu sisa dari kampas rem. Selain itu dalam hal safety, rem cakram pasti lebih aman dibandingkan rem tromol. 

Jarak pengereman jadi lebih pendek dan lebih aman. Beberapa mobil juga sudah mengadopsi rem cakram untuk depan dan belakang, meski kebanyakan masih diaplikasikan di depan saja.ber

Jenis Rem Cakram

“Jenis rem cakram itu ada 2 macam, solid dan ventilated. Perbedaannya yang solid itu tidak ada media pendinginnya atau pelepas panas, rem cakram tipe ini ada di mobil lawas tahun 90-an sampai 2000 awal,” jelas Sartono, Techincal Leader Auto 2000 Bintaro.

Baca juga: Merawat Jok Elektrik Pada Mobil, Ini Biaya Servisnya

Sedangkan yang ventilated ada media untuk melepas panas, karena ada rongga udara antara bagian dalam dan bagian luar, sehingga ketahanan cakramnya lebih awet dan juga performa pengereman lebih baik. 

Ventilated ini banyak dipakai di mobil-mobil baru sekarang dan juga pada Big Brake Kit.

Kerusakan Rem Cakram


Kerusakan yang terjadi pada rem cakram terjadi karena beberapa hal, yang paling sering terjadi karena kampas rem tipis yang tidak langsung diganti. 

Sehingga membuat permukaan cakram baret dan bergelombang sehingga mengurangi performa pengeremam dan timbul bunyi gesekan. Selain itu kaliper rem macet, karena usia pemakaian atau perawatan berkalanya tidak diperhatikan. 

"Gejalanya rem jadi terasa keras ketika diinjak, istilah umumnya 'magel' atau keras, kampas rem jadi cepat habis," jelas Bowo, Manager Honda Bintaro.

Do and Don't Rem Cakram

Perawatan rem cakram intinya adalah perawatannya, utamanya perhatikan ketebalan kampas remnya. "Ada patokannya di kampas rem itu, setiap mobil berbeda-beda," ujar Sartono. 

Jika sampai kampas rem tipis sekali tidak diganti akan berakibat rem cakram akan 'scratch', akibat plat kampas rem bergesekan dengan permukaan cakram. 

"Kalau sampai scratch, dilihat dulu batas toleransinya. Kalau masih awal masih bisa dibubut, kalau sudah parah harus ganti cakramnya," imbuhnya. 

Perawatan yang paling mudah dengan menyemprot menggunakan angin dari kompresor ke seluruh permukaan cakram dan bagian kampas remnya untuk menghilangkan debu atau bisa menggunakan brake cleaner. 

Baca juga: Seberapa Penting Perawatan Salon Mobil? Ini Penjelasannya

Langkah yang jangan sampai dilakukan adalah pada saat rem masih panas jangan langsung disiram air. "Karena permukaannya masih panas sehingga kalau disiram air cakram akan jadi abnormal pemuaiannya," jelas Sartono. 

Dengan kata lain permukaan cakram bisa jadi bergelombang. Kemudian hindarkan juga jangan sampai terkena oli atau minyak apapun. 

"Kalau sampai terkena minyak atau oli rem jadi berkurang kinerjanya," tuturnya.

Batas Minimum Rem Cakram


Ketebalan minimum rem cakram berbeda-beda setiap mobilnya. Ambil contoh Toyota dan Honda, “Pada Toyota Avanza ketebalan awal 18 mm dan minimumnya 17 mm, sedangkan Kijang Innova ketebalan awal 30 mm dan ketebalan minimum 27 mm,” tutur Sartono lagi.

Sedangkan pada Honda, ambil contoh Honda Jazz model lawas. “Honda Jazz memiliki ketebalan awal 21 mm dan minimumnya 19 mm, sementara HR-V ketebalan awalnya 25 mm dan minimumnya 23 mm,” jelas Bowo juga.

Jika ketebalannya sudah mencapai angka minimum, maka disarankan untuk mengganti cakram dengan yang baru.

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda Brio
    Honda Brio
    Honda Brio
    Angsuran mulai dari:Rp 2,74 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya