• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kenali Fungsi Paddle Shift, Awas Salah Kaprah

Dilihat 663
Indra Dinata
12 Nov 2020, 22:52
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Fungsi paddle shift di mobil baru

Otoloka.id - Memiliki mobil canggih, bukan berarti semua orang mengerti kegunaannya. Contohnya masih banyak yang belum mengetahui fungsi paddle shift, yang mungkin jadi fitur unggulan kendaraan modern.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini paddle shift jadi salah satu fitur yang ditawarkan banyak mobil terbaru. Kehadiran fitur ini pun sejatinya untuk memudahkan pengemudi.

Mengulas lebih dalam mengenai fungsi paddle shift, fitur ini tahap awal sebenarnya hanya digunakan untuk mobil balap saja. Namun seiring perkembangan teknologi di industri otomotif, kini paddle shift merambah ke mobil produksi massal.

Oleh karena itu, tak jarang fitur paddle shift kini sudah mulai digunakan pada mobil-mobil kelas menengah. Umumnya, mobil-mobil yang menggunakan paddle shift merupakan mobil bertransmisi otomatis.

Baca juga: Awas, Sering Gonta-Ganti BBM Bisa Berakibat Fatal

Paddle shift biasanya berada dibalik lingkar kemudi yang terdiri dari dua buah tuas. Meski saat ini belum semua mobil keluaran terbaru menggunakan fitur tersebut.

Namun tak ada salah kalian mengetahui fitur paddle shift. Setidaknya sebelum memiliki mobil canggih, ketahui dulu fitur-fitur yang tersemat didalamnya.

Sebagai gambaran, saat ini begitu banyak produk yang dijajakan di Indonesia sudah menggunakan paddle shift, sebut saja Toyota Yaris, Honda Jazz, dan beberapa produk terbaru lainnya.

Tanpa berpanjang lebar, berikut ini Otoloka akan memberikan informasi lengkap mengenai fungsi paddle shift.

Mengenal Fungsi Paddle Shift yang Sebenarnya

mengenal fungsi paddle shift

Buat kamu yang belum mengetahui fungsi paddle shift, patut mempelajari secara cermat. Pasalnya paddle shift ternyata memiliki peran yang besar ketika memacu kendaraan.

Gambaran singkatnya, fungsi paddle shift ialah mempermudah perpindahan gigi untuk mobil dengan transmisi otomatis secara manual. Proses perpindahan gigi begitu mudahnya, hanya menggunakan sentuhan jari tangan.

Nah, biasanya mobil-mobil yang dilengkapi paddle shift dipersenjatai dengan transmisi otomatis konvensional, CVT, direct-shift gearbox (DSG), hingga dual-clutch yang biasa digunakan oleh Porsche dengan transmisi PDK.

Seperti dijelaskan sebelumnya, biasanya paddle shift terletak dibalik setir. Posisinya terbagi dalam dua bagian, kanan dan kiri.

Biasanya bagian kini berfungsi untuk menurunkan gigi, sementara bagian kanan bertugas menaikkan gigi. Perpindahan gigi via paddle shift memberikan sensasi layaknya mobil dengan transmisi manual.

Fungsi paddle shift yang utama, membantu pengemudi melakukan perpindahan transmisi secara manual, hanya dengan menekan tuas saja, layaknya seorang pembalap Formula 1.

Bagi kalian yang ingin menggunakan paddle shift, caranya sangatlah mudah. Cukup menekan tuas, namun sebelum itu pindahkan posisi transmisi dari D (drive) ke posisi S (sport).

Mengapa harus di posisi S? alasannya karena saat transmisi berada di posisi D, transmisi tugasnya memindahkan persneling secara semi manual. Di mana posisi transmisi akan berubah secara otomatis, ketika mesin mendeteksi waktu pergantian gigi, tanpa merepotkan pengemudi untuk menekan tuas.

Ketika posisi transmisi di posisi S, paddle shift bakal memaksimalkan pergantian gigi secara manual. Jadi pengemudi harus sepenuhnya mengendalikan pergantian gigi, layaknya sebuah mobil dengan transmisi manual.

Selain menawarkan sensasi yang berbeda, dengan menggunakan paddle shift ternyata mampu mendongkrak akselerasi dan torsi mesin. Pabrikan biasanya merancang fitur ini dengan ergonomis seperti yang tersedia di mobil yang berkiprah di ajang Formula 1.

paddle shift digunakan pada mobil terbaru

Fitur ini pun dirancang secara ergonomis seperti yang biasanya terdapat pada mobil-mobil Formula 1.

Mengacu pada sejumlah produk yang telah dilengkapi dengan fitur paddle shift. Nampaknya yang cukup banyak menggunakan fitur ini adalah Honda. Paddle shift yang tersedia di jajaran produk Honda biasanya mengikuti gerak setir.

Tak hanya Honda, pabrikan mobil lainnya yang kerap melengkapi jajaran produk mereka dengan fitur paddle shift adalah Mitsubishi. Berbeda dengan Honda, sistem paddle shift yang tersedia di produk Mitsubishi biasanya mengusung tipe statis.

Meskipun secara garis besar, fungsi paddle shift tentunya serupa. Mulai dari menaik dan turunkan transmisi, hingga membantu ketika melakukan engine brake.

Buat kalian yang belum mengetahui apa itu engine brake, ialah salah satu teknik mengemudi untuk dapat mengurangi kecepatan laju kendaraan dengan cara menurunkan putaran mesin.

Engine brake bekerja dengan cara mengendurkan gas dan menurunkan gigi transmisi ke posisi yang lebih rendah. Sebagai contoh posisi transmisi di posisi lima, lalu kalian turunkan ke posisi empat, tanpa menginjak pedal gas.

Baca juga: Ssttt.. Tembakau dan Soda Ampuh Untuk Perawatan Kaca Mobil

Proses engine brake menggunakan paddle shift, pengemudi cukup menekan tombol sebelah kiri (-) di lingkar kemudi. Catatan penting untuk kalian, saat proses menurunkan persneling sebaiknya dilakukan dengan cara bertahap, agar tidak merusak gearbox transmisi.

Pasalnya jika kalian paksakan, terlebih saat mobil berada dalam kecepatan tinggi. Berpotensi menyebabkan transmisi otomatis mobil Anda jebol.

Dampak lainnya juga bias mengakibatkan mesin mobil jadi mengalami kerusakan. Jangan sampai hal ini menimpa kalian. Karena bisa dipastikan pemilik mobil harus merogoh kocek yang besar untuk perbaikan.

Gimana sekarang sudah tahukan pastinya mengenai fungsi paddle shift. Semoga informasi ini dapat membantu kalian yang punya fitur ini di mobil kesayanganmu.

Well.. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk selalu menerapkan aman berkendara kapanpun dan dimanapun kalian berada.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
      Komentar
      Kirimkan

        Kendaraan Terbaru

        • Mobil
        • Motor
        Berita Terpopuler
        kredit
        Kalkulator Kredit
        *Tipe
        Mobil Baru
        Mobil Bekas
        *Harga Kendaraan
        *Jumlah Deposit
        *Suku Bunga(%)
        *Masa Cicilan
        Pilih
        • 1 Tahun
        • 2 Tahun
        • 3 Tahun
        • 4 Tahun
        • 5 Tahun
        • 6 Tahun
        Tips:
          Selanjutnya
          kredit
          Kalkulator Asuransi
          *Kode Plat Nomor Kendaraan
          Pilih
          *Jaminan Pokok
          Comprehensive
          Total Loss Only
          *Tahun Kendaraan
          Pilih
            *Nilai Pasar
            Jaminan Perluasan
            • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
            • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
            • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
            • Terorisme dan Sabotase
            • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
            Tips:
              Selanjutnya