• Home>
  • Tips & Trik>
  • Kenali Fungsi Stabilizer Link, Piranti yang Jaga Keseimbangan Mobil

Kenali Fungsi Stabilizer Link, Piranti yang Jaga Keseimbangan Mobil

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
EKO
3 Des 2021, 18:12
  • Suka 0

Otoloka.id- Pada kaki-kaki mobil, ada piranti yang bernama stabilizer link. Komponen ini, punya peran utama untuk menjaga keseimbangan mobil saat melaju.

Stabilizer link berbentuk batang besi panjang, yang ujungnya terhubung dengan suspensi mobil di bagian kanan dan kiri. Di bawah stabilizer link, ada karet bushing yang berfungsi sebagai penyangganya.

Karena punya peran penting, material dari stabilizer link sangatlah kuat, dan anti patah. Biasanya kerusakan yang terjadi pada komponen tersebut lantaran kecelakaan. Justru sebagai penyangga, karet bushing yang rawan aus.

Saat ini, ada beberapa jenis stabilizer link yang diadopsi oleh kendaraan, diantaranya adalah Bushing, Joint Bushing, Joint Link, serta stabilizer link berjenis Joint Link dan Bushing.

Seperti yang dikutip dari laman resmi Suzuki, peran dari stabilizer link bukan hanya untuk penyeimbang kendaraan saat melaju saja, ada fungsi lain pada komponen tersebut yang tak kalah penting, apa saja itu?

Mengurangi Efek Limbung pada Mobil

Ketika mobil sedang berbelok, pasti mobil akan berubah sudut kemiringannya. Pada bagian dalam akan terangkat, sementara sisi yang lain akan merendah. Nah, gap antar roda menjadi besar saat  mobil berbelok.

Baca juga: Tips Belajar Parkir Mobil untuk Pemula

Jika mobil yang dipasang stabilizer link, maka gap antar roda berkurang. Ketidaknyamanan karena mobil limbung saat berbelok juga berkurang. Selain meminimalisir gap, stabilizer link juga mengurangi sudut kemiringan mobil saat berbelok.

Menjaga Kestabilan Mobil dalam Keadaan Apapun

Ketika berjalan, mobil pasti menemukan banyak medan, entah itu lurus, belok, atau jalanan yang tidak rata. Untuk meredam guncangan, mobil menyerahkan urusannya pada suspensi.

Namun, suspensi tidak bisa menjaga kestabilan mobil sepenuhnya saat melaju. Oleh karena itu, saat melaju di medan lurus, belok, maupun jalanan tidak rata, tetap dibutuhkan stabilizer link agar mobil melaju dengan mulus.

Meningkatkan Daya Cengkram Ban Mobil

Ban adalah bagian dari mobil yang akan bergesekkan langsung dengan aspal. Selain itu, kembang atau pattern yang ada pada ban juga berfungsi untuk meningkatkan daya cengkram ban terhadap jalan.

Namun, ban ternyata punya risiko kehilangan traksi dalam kondisi tertentu, seperti saat terjadi hujan deras dan melewati air menggenang. 

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Untuk Ganti Kampas Rem Mobil

Di saat itu stabilizer link mengambil peran untuk menjaga kestabilan mobil sekaligus meningkatkan daya cengkram ban agar mobil tak tergelincir.

Menjaga Stabilizer Bar Bekerja Optimal

Jika mobil menggunakan stabilizer bar, maka stabilizer link punya peran untuk menjaga agar stabilizer bar bekerja secara optimal di setiap sudut roda.

Pada mobil, ada beberapa jenis suspensi yang dipakai. Salah satunya yang langsung terhubung dengan shock absorber, yang akan mengikuti putaran sudut roda ketika mobil berbelok lalu membuat stabilizer bar bergeser sudutnya.

Supaya pergerakan tersebut bekerja dengan baik, dibutuhkan stabilizer joint link yang merupakan tipe ball joint sehingga stabilizer bar akan bekerja maksimal.

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan