• Home>
  • Tips & Trik>
  • Kenali Problem Pada Motor Matik Yamaha, Jangan Keburu Panik!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kenali Problem Pada Motor Matik Yamaha, Jangan Keburu Panik!

Dilihat 5023
Iman Firman
3 Jun 2021, 18:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Pada motor-motor matik sekarang, seperti Yamaha Mio atau Aerox, terkadang muncul problem seperti indikator check engine tiba-tiba menyala terus di spidometer selama motor dijalankan.

Jangan keburu panik dulu, kenali dulu kemungkinan penyebabnya kenapa sampai indikator check engine ini menyala terus. 

Memang pada dasarnya, setiap kali kita akan menghidupkan mesin motor, indikator check engine ini memang akan menyala. Tapi lantas kemudian mati dalam hitungan tiga detik.

Hal ini normal, yang artinya menunjukkan kalau motor sudah siap untuk dijalankan karena adanya arus listrik yang mengalir dari aki ke ECU motor.

Yang jadi masalah adalah kalau lampu indikator ini menyala terus, maka bisa dipastikan terjadi masalah dalam motor tersebut. Bisa jadi karena aki (baterai) mulai tekor, ada sensor yang tidak terbaca ECU, ECU rusak, kabel speedometer putus, dan masih banyak hal lainnya yang jadi penyebab.

Seperti telah ditulis tadi diatas, jika tiba-tiba indikator check engine terus menyala meski dirasa tak ada kerusakan, pemilik motor tidak perlu panik.

Langkah yang harus ditempuh adalah dengan mendatangi bengkel resmi dan memeriksakan kondisi tersebut. Umumnya akan langsung didiagnosa ECU motor dan akan ketemu penyakitnya.

Cara lainnya untuk mendeteksi kerusakan adalah dengan menganalisa kode kerusakan atau kode malfunction indicator lamp (MIL) Yamaha. 

Sayangnya di motor keluaran lama atau yang belum pakai panel instrumen digital, cara membacanya agak sulit. Karena hanya dapat diketahui lewat kode kedipan indikator check engine di motor Yamaha. Seperti pada Mio, X-Ride, dan lain-lain.

Hanya di motor-motor matik keluaran terbaru yang sudah menggunakan panel instrumen digital, kode MIL Yamaha terlihat jelas. Seperti Nmax, Aerox 155, dan lain-lain. Anda bisa langsung bisa mendeteksi kerusakan dari angka-angka dan huruf yang muncul.

Nah, kalau Anda ingin tahu apa saja arti dari kode kerusakan Yamaha, simak bahasan berikut:

Mengenal Fitur Self Diagnosis di Motor Yamaha

Pada dasarnya, indikator engine check yang menyala tidak selalu berarti kode kerusakan pada motor Yamaha Anda. Setiap mengaktifkan mesin, indikator tersebut pasti menyala. Hanya saja setelah itu mati.

Banyak penyebab indikator engine check menyala yang berhubungan dengan kode MIL Yamaha. Seperti injektor rusak, terlalu banyak udara di ruang bakar, sensor tidak terbaca ECU, dan lebih parah lagi ECU rusak.

Jika indikator check engine berkedip atau menyala terus menerus, tidak selalu berarti ada masalah besar. Cara mengetahuinya mudah, kalau kinerja mesin motor tidak ada gangguan, tentunya tidak perlu panik.

Bisa jadi itu merupakan peringatan, seperti misalnya kabel speedometer putus dan cukup diganti dengan yang baru. Kemungkinan lain, aki tekor juga bisa jadi penyebab lho!

Daftar kode MIL Yamaha atau kode kerusakan motor Yamaha merupakan bagian dari fitur self diagnonis. Inilah fitur yang bisa memeriksa fungsi dan kerja sensor pada sistem motor.

Jika ECU mendeteksi ada kerusakan, ada dua kemungkinan. Pertama adalah pengalihan kerja ke kondisi cadangan atau pengganti, agar motor masih dapat berfungsi (kerusakaan tertentu).

Opsi kedua adalah memberi peringatan ke pengendara melalui kode kedipan lampu indikator mesin atau angka lewat panel insrumen motor Yamaha. Bagaimana cara menganalisanya?

Cara Membaca Kode Kedipan Indikator Mesin atau Engine Check Motor Yamaha

Daftar kode MIL Yamaha atau kode kerusakan Yamaha dapat diketahui melalui kedipan lampu indikator mesin. Ternyata kedipan tersebut punya aturan tersendiri, tidak asal. Ingat, kode kerusakan ini juga cuma ada di motor injeksi ya!

Kode kedipan Yamaha dibagi dua. Khusus nyala selama satu detik, berarti kode kerusakan untuk angka 10 dan kelipatannya. Sementara bila lampu menyala 0,5 detik, sama dengan angka 1. Bingung?

Misalnya indikator engine check mengedip satu kali selama satu detik, kemudian mengedip lagi tiga kali dengan durasi masing-masing 0,5 detik. Artinya itu kode kerusakan untuk angka 13. Berarti, ada masalah di bagian intake pressure.

Contoh selanjutnya, engine check mengedip lima kali dengan durasi masing-masing satu detik. Maka kode kerusakannya adalah angka 50. Artinya memori ECU rusak. Nah, nggak sulit kan menganalisa kode kedipan Yamaha? 

Kalau Anda mau tahu soal kode MIL Yamaha atau kode kerusakan Yamaha, Otoloka akan bahas secara lengkap. Totalnya ada puluhan angka self diagnostic. Masing-masing angka punya arti berbeda.

Kode–Kode Diagnosa di ECU Motor Metik

Nah, berikut adalah kode kerusakan motor metik Yamaha saat proses diagnosa. Dari kode nomor yang dikeluarkan, bisa langsung terjawab kendala yang terjadi di motor kalian.

Perlu diingat, bahwa kode ini cuma berlaku untuk motor yang telah mengadopsi sistem injeksi. Daripada penasaran, langsung saja cek tabel daftar kode kerusakan motor injeksi Yamaha berikut ini:

No.

Kode

Diagnosa Kerusakan di Motor Yamaha

1

12

Crankshaft Position Sensor/pulser. Signal yang diterima oleh CPS tidak normal

2

13

Intake Pressure Sensor terlepas atau terjadi hubungan arus pendek

3

14

Intake Pressure Sensor mengalami malfungsi (terlepas atau tersumbat)

4

15

Throttle Position Sensor (TPS), terlepas atau terjadi hubungan arus pendek.

5

16

Throttle Position Sensor (TPS) macet

6

19

Side Stand Switch, saklar standar samping terlepas atau putus

7

21

Coolant temperature sensor terlepas atau korslet

8

22

Intake Temperature Sensor lepas atau terjadi hubungan arus pendek

9

24

O2 Sensor bermasalah

10

28

Engine Temperature Sensor error

11

30

Sepeda motor terjatuh

12

37

Idle Speed Control (ISC Valve) terjadi kerusakan

13

39

Fuel Injector bermasalah atau rusak

14

41

Lean angle sensor

15

42

Speed Sensor roda depan bermasalah, sinyal yang diterima tidak normal

16

44

Chip EEPROM Error

17

46

Aliran listrik ke sistem FI tidak normal

18

50

Rusaknya Memori ECU

19

61

ISC tidak bekerja.

20

79

Terlalu banyak udara masuk pada ruang bakar

21

84

Selenoid VVA terlepas atau terjadi korsleting

Arti Kode Error Motor Injeksi Yamaha

Self diagnosis motor Yamaha tidak hanya berupa angka, tapi bisa juga berupa huruf dan angka. Misalnya Er_1, Er_2, dan sebagainya. Kode kerusakan seperti ini sempat viral dialami oleh Aerox 155 dan Nmax 155.

Kode tersebut punya arti lain jika dibandingkan dengan kode kedipan yang sudah dijelaskan tadi di atas. Apa artinya dari kode Error di motor Yamaha ini? Ini penjelasannya :

1. Er_1 menandakan speedometer tidak bisa mendeteksi sinyal dari ECU. Hal ini lantaran ECU rusak atau cuma jalur kelistrikannya yang bermasalah.

2. Er_2 berarti tidak ada respon dari ECU. Bisa jadi karena ECM rusak.

3. Er_3 merupakan indikasi kerusakan ECU, kesalahan sinyal output, atau bisa juga ECU tidak terpasang dengan benar di bagian soketnya.

4. Er_4 jadi tanda kerusakan ECU atau kesalahan sinyal input.

Jika hal ini terjadi, langsung datang ke bengkel resmi terdekat. Namun jika mau dibereskan sendiri, Anda bisa coba langkah berikut ini.

Mulai dari pastikan aki dalam keadaan prima, kalau tegangannya kurang bisa dicas dulu. Selanjutnya cabut aki dan bersihkan kalau ada kotoran, kemudian pasang lagi.

Cabut juga soket ECU, bersihkan dan pasang kembali. Lalu hal sama lakukan ke konektor diagnosa ECU yang warna putih tiga kabel di atas aki dan sekring.

Bila cara tersebut telah dilakukan semua dan kode Error di motor Yamaha Anda hilang, berarti tidak ada masalah serius. Mungkin hanya karena kabel yang kendor.

Namun kalau kode Error tersebut tidak hilang juga dari motor injeksi Yamaha Anda, bawa ke bengkel resmi secepatnya. Agar bisa segera dicek dan diperbaiki oleh teknisi.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Orang Lain Juga Melihat

    Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya