• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Ketahui 3 Penyebab Sapuan Wiper Tidak Bersih

Ismet
9 May 2022, 10:24

Otoloka.id- Tugas utama dari wiper untuk membantu visibiltas atau pandangan pengemudi terhadap kondisi jalan tetap baik walaupun sedang hujan. Air hujan yang terus membasahi kaca depan dan belakang mobil dapat disapu dengan optimal serta konsisten dengan bantuan wiper.

Namun pada kondisi tertentu, ada kalanya kinerja wiper tidak maksimal, seperti tidak bersih dalam membersihkan air hujan di kaca mobil. Dilansir dari laman resmi Auto2000, berikut ini 3 penyebab sapuan wiper tidak bersih.

1. Karet Wiper Sudah Keras/Getas

Ada beberapa komponen di dalam wiper itu sendiri. Dimulai dari frame hingga karet. Khusus untuk karet, bagian inilah yang secara langsung menyentuh permukaan kaca mobil Anda. Kondisi karet wiper memang harus dapat keadaan lembut dan elastis agar kinerjanya optimal. Namun perlu diketahui bahwa karet wiper memiliki sifat dapat keras atau getas sehingga harus diganti.

Kondisi ini muncul karena usia pemakaian karet wiper sudah cukup lama. Karet wiper memang harus diganti secara berkala karena memang seperti itulah keharusannya. Jangan sampai Anda menganggap enteng kondisi karet wiper yang sudah keras. Selain keras, masalah lain seperti karet wiper sudah menipis juga dapat muncul. Kondisi seperti inilah yang membuat sapuan wiper tidak bersih. Bahkan terasa “seret” saat digunakan.

2. Tekanan Wiper ke Kaca Sudah Lemah

Cara kerja wiper ke kaca dengan melakukan penekanan yang sesuai ketentuan agar seluruh air yang ada di sana dapat tersapu sempurna. Tentu saja sudah ada perhitungan detail untuk menentukan seberapa besar tekanan wiper ke kaca yang paling tepat. Namun bagaimana jika tekanan wiper ke kaca sudah lemah? Inilah yang membuat sapuan wiper tidak bersih.

Keadaan tekanan wiper yang sudah seperti ini dapat membuat wiper bergetar saat digunakan. Pada akhirnya sapuan wiper tidak lagi optimal sehingga harus segera diperbaiki ke bengkel.

3. Jamur Kaca

Pernah melihat bercak putih seperti pulau kecil di bagian kaca mobil Anda? Bercak itu bisa dipastikan merupakan jamur kaca yang dapat membuat gangguan dalam proses kerja wiper mobil. Saat wiper bekerja, air yang disapu namun mengenai jamur tersebut malah tidak hilang secara sempurna.

Jamur kaca yang muncul harus segera dihilangkan dengan cairan khusus. Penggunaan cairan ini harus dalam keadaan kaca mobil kondisi dingin. Mekanik profesional lebih disarankan untuk melakukan pembersihan jamur kaca daripada Anda harus melakukannya sendiri. ##

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 3379
  • Suka 1
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset
    Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!