• Home>
  • Tips & Trik>
  • Ketahui Fungsi Dan Cara Perbaikan Aki Basah Pada Kendaraan
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Ketahui Fungsi Dan Cara Perbaikan Aki Basah Pada Kendaraan

Dilihat 1476
Arief Yuno
30 Okt 2020, 14:23
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 2

Otoloka.id - Di setiap kendaraan seperti mobil dan motor tentunya ada komponen yang dikenal dengan sebutan AKI, bisa dibilang tugas dari komponen ini terbilang penting pasalnya kinerja dari komponen ini sangat dibutuhkan ketika kondisi komponen prima. 

Jika sebaliknya tentu ini akan menjadi masalah besar karena bakal mengganggu kenyamanan berkendara kalian.

Accumulator atau yang biasa disingkat menjadi accu dengan penyebutan Aki adalah sebuah komponen kelistrikan yang sangat penting untuk kendaraan seperti mobil, aki memiliki peranan serius untuk mengetahui keseriusannya kita harus lebih dulu mengenal Aki. Secara fungsi Aki untuk mobil bisa sebagai baterai yang mampu menyimpan dan menyediakan kebutuhan energi listrik. 

Dalam menyediakan energi listrik, aki mobil memanfaatkan dua proses utama yaitu recharge dan discharge. Proses recharge terjadi ketika mesin dihidupkan sementara proses discharge terjadi ketika kita menghidupkan kelistrikan mobil. Proses discharge pada aki akan menguras daya listrik yang ada di dalam aki.

Komponen Aki Basah

Untuk mengemban tugas yang berat ini aki didukung beberapa komponen utama yang wajib juga kalian ketahui seperti kepala aki negatif dan positif, cell pengisian aki, dan indikator aki. Untuk aki basah cell pengisian aki dapat kalian lihat tertata secara horizontal sebanyak 6 buah dan berada di antara kepala aki positif dan negatif. Memiliki jumlah 6 buah cell pengisian menunjukkan bahwa aki membutuhkan 12 volt dikarenakan setiap cellnya menghasilkan 2 volt.

Dan untuk melihat kualitas baik atau tidak kalian bisa melihatnya lewat indikator aki yang terdapat di bodi samping dengan 2 level yaitu upper dan lower. Jika kita mengenal aki motor hanya ada dua jenis yaitu aki basah dan aki kering, berbeda dengan mobil yang memiliki 5 jenis aki yaitu aki basah, aki kering, aki kalsium, aki hybrid, dan aki gel.

Aki Basah Cukup Terjangkau

Aki basah tentunya menjadi komponen yang banyak digunakan, harganya cukup terjangkau namun sayangnya aki basah harus rajin melakukan perawatan. Sementara aki kering masuk kategori maintenance free sehingga tidak perlu terlalu sering melakukan perawatan, aki kering adalah material kutub aki yang terbuat dari kalsium.

Untuk aki hybrid dengan harga yang cukup mahal dan tidak membutuhkan perawatan justru masih kurang diminati pasalnya produsen dari aki ini kian menutup diri bahkan sulit ditemui. Aki gel menjadi generasi aki yang terbilang baru, aki jenis ini menggunakan gel sebagai cairan elektrolitnya. 

Selain itu, gel yang digunakan tidak bersifat korosif dan berbahaya bagi kulit manusia. Untuk proses perawatannya juga cukup mudah dibandingkan dengan aki yang lain. Kalian juga harus tau apa saja penyebab dari kerusakan aki diantaranya mobil yang jarang digunakan, penambahan aksesori yang berlebihan dan kelalaian pemilik mobil.

Memperbaiki Aki Basah

Sementara untuk memperbaiki aki basah yang sudah rusak bisa mengikuti langkah langkah seperti, siapkan peralatan berupa obeng, sarung tangan, masker (karena aroma air aki sangat menyengat), air panas, air ledeng biasa, dan corong kecil.

Usai peralatan disiapkan kalian bisa lebih dulu membuang air aki yang lama dengan cara membuka penutup lubang aki. Setelah air aki terbuang semua kalian bisa membersihkan bagian – bagian aki menggunakan air panas termasuk lubang lubang aki.

Keluarkan air jika sudah dirasa cukup. Kemudian ulangi langkah yang sama namun dengan air biasa hingga beberapa kali. Jika aki sudah terlihat bersih pastikan tidak ada air yang tertinggal karena bisa memicu reaksi dengan air aki.

Setelah aki diisi air aki baru, kini waktunya mengisi daya aki. Proses ini cukup panjang dan kalian wajib bersabar. Untuk itu sebaiknya memilih aliran kecil untuk menjaga kestabilan pengisi daya. Setelah semua proses tersebut selesai, coba nyalakan mobil dan lakukan test drive untuk menguji mesin.

Jika sudah benar pastikan kalian rutin melakukan perawatan aki secara sederhana seperti pengecekan daya dan cairan elektrolit aki, pengecekan terhadap terminal aki, memanaskan mobil, mematikan ac saat mesin mobil mati. Selamat mencoba.

  • Suka 2
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya