• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Knalpot Mobil Keluar Air itu Tandanya Kenapa?

Dilihat 771
Guntur Hanggara
13 Ags 2020, 14:31
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Pernahkah Anda melihat knalpot mobil keluar air saat baru dipanaskan di pagi hari? Banyak orang mengira, air yang keluar dari knalpot menandakan ada bagian saluran knalpot yang bocor. Padahal sebenarnya tidak ada yang salah dengan pipa knalpot kamu.

Dengan keluarnya air dari knalpot menandakan bahwa mesin anda dalam keadaan baik. Namun masalah ini lebih sering terjadi pada mobil yang menggunakan sistem EFI. Tapi benarkah air yang keluar dari sistem pembuangan sudah oke? Yuk simak penjelasan Otoloka di bawah ini.

Knalpot Keluar Air Adalah Alami

Seperti halnya sistem pernapasan manusia, manusia menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dan uap air. Saat manusia berada di suhu udara dingin, saat kita menghembuskan uapnya akan terlihat jelas, hal tersebut dikarenakan uap tersebut terkondensasi pada suhu udara dingin.

Nah, proses pembakaran bahan bakar dan udara di ruang mesin diibaratkan seperti bernapas manusia. Namun pada mesin tersebut, pembakaran yang terjadi berasal dari bensin dan oksigen. Hasil pembakaran bensin dan oksigen akan menghasilkan karbondioksida dan uap air, namun hal itu terjadi saat pembakaran selesai.

Knalpot Mobil Keluar Air Tidak Berbahaya

Dalam satu siklus pembakaran, terdapat sekitar 18 molekul air dimana molekul air tersebut dibuang melalui knalpot. Oleh karena itu mesin dengan sistem injeksi / EFI seringkali mengalami gejala keluarnya air dari knalpot. Apalagi pada pagi hari, dimana kondisi udara, knalpot dan mesin masih sangat rendah sehingga banyak terjadi tetesan air.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika melihat air keluar dari knalpot saat Anda memanaskan mobil di pagi hari. Jangan dikira ada kebocoran pada mesin mobil anda, apalagi mengira air yang keluar dari knalpot adalah air radiator yang bocor ke mesin. Jika air radiator bocor, air akan menetes di bagian depan mobil, lebih tepatnya di area radiator.

Selama air yang dikeluarkan dari knalpot tidak banyak dan wajar, mesin mobil Anda masih bisa dikatakan sehat. Namun di sisi lain, jika Anda memiliki banyak air, coba ingat-ingat apakah Anda pernah membawa mobil Anda melalui genangan air, atau apakah mobil Anda baru saja dicuci. Air yang masuk ke knalpot pasti akan tersangkut di knalpot dan tidak boleh masuk ke ruang mesin.

Jadi jika menemukan banyak air saat memanaskan mobil setelah mencuci mobil, bisa jadi air hasil pencucian tersebut masuk ke knalpot. Teman-teman tidak perlu panik, cukup tekan pedal gas sampai 4.000 rpm atau mungkin lebih, tapi jangan terlalu lama karena kurang bagus. Tunggu sampai knalpot benar-benar mengeluarkan air yang terperangkap di knalpot, jika knalpot tidak mengeluarkan air berarti air di knalpot sudah keluar.

Kenali Kerusakan Mobil Akibat Warna Asap Knalpot

Selama mobil Anda tidak pernah menabrak genangan air, atau mogok saat terjadi banjir, air yang keluar dari knalpot bukanlah masalah yang perlu dikhawatirkan. Berbeda dengan asap putih yang dikeluarkan knalpot saat Anda memanaskan mobil, bisa jadi oli tersebut ikut terbakar di ruang bakar mesin.

Jika menemui masalah seperti itu, alangkah baiknya jika Anda membawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa. Asap knalpot mobil yang berwarna menandakan kerusakan pada komponen mesin internal. Lantas, apa saja indikasi kerusakan komponen mesin jika dilihat dari warna asap mobil? Yuk simak di bawah ini.

Asap Knalpot Mobil Hitam

Jangan bingung antara kerusakan mesin mobil dengan asap yang dikeluarkan mobil bermesin diesel ya sobat. Jika terjadi kerusakan pada mesin dan asap knalpot mobil tampak berwarna hitam, hal ini menandakan mobil tersebut bermasalah dengan sistem pembakarannya. Terlalu banyak bahan bakar yang bersirkulasi di ruang bakar sehingga banyak yang tidak terbakar sempurna. Alhasil, asap knalpot mobil berwarna hitam.

Selain itu, asap knalpot mobil yang berwarna hitam dapat menunjukkan adanya masalah pada filter udara, injektor, karburator atau kebocoran kompresi. Untuk itu segera atasi masalah tersebut dengan membawa mobil secepatnya ke bengkel agar tidak terjadi kerusakan pada komponen lain.

Asap Knalpot Mobil Putih

Selain asap knalpot mobil berwarna hitam, mobil yang mengeluarkan asap putih juga banyak dijumpai. Untuk gejala seperti ini, ada 2 indikasi yang bisa diketahui sesuai dengan ketebalan asap.

Jika knalpot mobil berwarna putih terlihat tipis, masalahnya ada pada kondensasi di saluran knalpot. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kerusakannya tidak terlalu parah. Berbeda dengan asap knalpot mobil berwarna putih yang keluar cukup kental dan kental. Ini menunjukkan bahwa oli dibawa ke ruang bakar dimana hanya bahan bakar yang harus dibakar di ruang bakar mesin.

Warna Asap Knalpot Mobil Abu

Mobil yang dalam kondisi baik tentunya tidak akan mengeluarkan asap knalpot berwarna. Jika Anda menemukan kendaraan mengeluarkan gas buang mobil berwarna abu-abu, berarti ada yang tidak beres dengan mobil tersebut.

Dikutip dari situs Suzuki.co.id, asap knalpot mobil berwarna abu-abu yang keluar dari knalpot mobil khususnya mobil bertransmisi matic menandakan adanya kerusakan pada oli transmisi. Bisa jadi jumlah oli di tangki sudah berlebih atau sudah merembes sehingga oli di sistem transmisi berkurang.

Sedangkan pada mobil umum, warna abu-abu asap knalpot mobil menandakan kerusakan pada katup ventilasi karter positif (PCV). Katup bisa saja macet sehingga uap dan gas yang masuk dari ruang mesin tidak dapat dikontrol.

Warna Asap Knalpot Mobil Biru

Ternyata asap knalpot mobil tidak hanya berwarna putih, abu-abu, dan hitam. Ada juga asap knalpot mobil yang berwarna kebiruan. Hal ini ternyata menandakan adanya pembakaran oli pada mesin mobil Anda. Namun untuk warna asap knalpot biru biasanya terjadi pada mesin mobil yang menggunakan turbo. Hal ini bisa menjadi indikasi adanya kerusakan ring piston yang aus, turbo blower lama, hingga gasket yang sudah kadaluwarsa.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya