OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Lebih Baik Beli Mobil Bekas Atau Baru?

Dilihat 493
Rangga
23 Sep 2020, 18:29
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Beli Mobil Bekas Atau Baru

Otoloka.id - Memiliki mobil impian merupakan idaman bagi banyak orang yang menginginkan kendaraan pribadi. Tidak hanya untuk memenuhi mobilitas sehari-hari mobil juga memiliki kenyaman yang tinggi dibanding dengan kendaraan umum. Kini banyak pilihan untuk membeli mobil, yakni mobil bekas atau baru. 

Mungkin kami masih bingung, lebih baik membeli mobil bekas atau baru ? Mungkin jika kondisi keuanganmu stabil atau cukup tidak masalah membeli mobil baru, namun lain cerita jika keunganmu minim. Yuk langsung aja kita bahan untung dan ruginya membeli mobil bekas atau baru. Seimak ulasannya berikut ini. 

Baca Juga : Kiat Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Tertipu atau Salah Pilih

1. Mudah mendapatkan pinjaman kredit 

Kini sudah banyak bank dan lembaga pembiayaan yang menawarkan fasilitas cicilan kendaraan tidak hanya mobil baru namun juga mobil bekas. Pada umumnya harga mobil bekas cenderung lebih murah dibandingkan mobil baru. Tentu ini dapat memungkinkan kamu untuk lebih mudah mendapatkan pinjaman. 

Selain itu biasanya juga dengan membeli mobil bekas, suku bungan bank juga lebih rendah. Ini juga dapat mempengaruhi terhadap biaya angsuran yang juga akan menjadi lebih ringan. 

2. Kualitas bagus dan harga murah 

Seiring dengan banyaknya model mobil keluaran baru yang beredar, tentu ini akan membuat jumlah mobil bekas juga ikut bertambah. Tak jarang, jika mobil bekas masih memiliki eksterior, interior dan mesin yang masih dalam kondisi relatif bagus. 

Selain itu, dengan membeli mobil bekas kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika dibandingkan mobil baru. Maka dari itu sebelum membeli mobil bekas pastikan kondisinya dalam keadaan baik. Jika kamu kesulitan, coba gunakan jasa profesional untuk memeriksa atau mengecek mobil yang akan kamu beli. 

3. Bisa langsung digunakan 

Saat kamu membeli mobil baru, biasanya kamu tidak bisa langsung menggunakan mobil tersebut untuk dikendarai. Umumnya kamu harus menunggu selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan sampai surat kendaraan kamu selesai diurus oleh pihak dealer. Mungkin ini tidak terlalu masalah bagi kamu yang tidak ingin cepat-cepat menggunakannya mobil tersebut. Namun bagi kamu yang ingin cepat-cepat untuk menggunakan tentu ini akan sedikit menyulitkan. 

Nah, hal tersebut tentu tidak akan terjadi jika kamu membeli mobil bekas. Jika kamu membeli mobil bekas kamu bisa langsung mengendarainya. Ini karena seluruh surat kendaraan bisa langsung berpindah tangan sesaat ketika kamu selesai melunasinya. Setelah membeli mobil bekas kamu hanya perlu melakukan balik nama agar saat membayar pajak tidak mendapatkan kesulitan. 

4. Harga jual yang rendah 

Sebelum membeli mobil bekas, pastinya kamu akan mencari tahu harga mobil yang kamu inginkan baik secara langsung maupun melalu internat. Saat melakukan penelusuran maka kamu akan mendapatkan harga mobil bekas yang kamu inginkan berada di bawah mobil baru dipasaran.

Memang harga mobil dari tahun ke tahun akan terus menurun begitupun dengan mobil bekas. Ini disebabkan semakin banyaknya model mobil baru dengan fitur-fitur yang semakin canggih membuat harga mobil sebelumnya akan terus menurun. Begitupun jika kamu membeli mobil baru maka akan mengalami hal yang sama. Namun tentu saja harga jual mobil baru akan lebih tinggi daripada mobil bekas. 

5. Biaya perawatan yang ekstra

Ketika kamu ragu-ragu untuk membeli mobil baru atau bekas, dan kemudian memutuskan memilih untuk membeli mobil bekas, berarti kamu sudah tahu jika mobil tersebut telah digunakan oleh orang lain sebelumnya. Oleh karena itu, kamu tentunya tidak tahu bagaimana mobil telah digunakan sebelumnya, apakah dirawat dengan baik atau tidak.

Nah, jika kamu tidak hati-hati dalam pemilihan mobil secara teratur, ada kemungkinan saat mobil berada di tangan kamu, akan timbul banyak masalah. Jika itu terjadi, sebelum digunakan secara teratur, kamu harus membayar ekstra untuk service mobil.

6. Terjamin Garansi 

Ketika mempertimbangkan ingin membeli mobil bekas atau baru, dan akhirnya kamu memutuskan untuk membeli yang baru. Selain masih dalam keadaan baru, mobil ini juga biasanya datang dengan garansi dari produsen.

Biasanya, produsen mobil akan memberikan garansi 36 bulan atau 100.000 kilometer untuk semua komponen kecuali ban. Jika nantinya ditemukan cacat produksi maka produsen tak segan menganti komponen secara cuma-cuma. Namun, kamu harus memastikan bahwa kerusakan bukan merupakan faktor kesengajaan atau kelalaian. 

7. Mendapat service Gratis

Keuntungan lain jika kamu membeli mobil baru adalah kamu akan mendapatkan service gratis. Biasanya setiap mobil baru akan dilengkapi dengan service gratis beberapa kali sampai batas waktu atau jarak tempuh tertentu.

Sementara itu, layanan yang diberikan meliputi penggantian dan pemeliharaan oli mesin. Hal ini karena, dalam rangka mempertahankan performa mobil yang baik untuk penggunaan sehari-hari.

8. Kualitas mobil yang terjamin

Ketika kamu memutuskan untuk membeli mobil baru, tentu saja, itu akan jauh lebih menyenangkan. Memiliki mobil baru, itu akan menjadi psikologis berbeda dari membeli mobil bekas.

Tidak hanya itu, kamu akan tahu persis kualitas mobil, karena baru dan belum pernah digunakan sebelumnya, sehingga kerusakan minimal. Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang kerusakan karena mobil baru pasti memiliki kualitas terbaik.

9. Harga lebih mahal

Dengan pembelian mobil baru, tentu saja kamu akan mendapatkan fitur-fitur mobil yang masih dalam kondisi baru. Oleh karena itu, tak heran jika membeli mobil baru membutuhkan uang muka yang lebih banyak serta cicilan bulan yang tidak sedikit. Karena itu, jika kamu memutuskan untuk membeli mobil baru secara kredit, memperhatikan juga untuk pembayaran bunga dan biaya lainnya seperti asuransi, administrasi dan lain-lain.

10. Tidak bisa langsung digunakan

Ketika membeli mobil baru, tentu saja, mobil tidak dapat digunakan secara langsung. Kamu harus menunggu setidaknya 1-3 minggu sampai surat-surat kendaraan selesai diurus. Tidak mungkinkan kamu mengendarai mobil tampa dilengkapi dengan surat-surat yang lengkap. Bisa-bisa nanti malah di tilang polisi. 

Baca Juga : Cari Mobil Bekas? Simak Tips Membeli Mobil Bekas Ini

Ini adalah keuntungan dan kerugian yang kamu dapatkan jika kamu ingin membeli mobil baru atau bekas. Bahkan, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang sama. Untuk memilih dengan bijak kamu dapat menyesuaikan kembali dengan kondisi keuanganmu.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya