• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Menakar Biaya Service Motor Yamaha

Arief Yuno
20 Mar 2022, 19:07

Otoloka.id - Kegiatan service atau melakukan perawatan secara berkala merupakan salah satu faktor yang harus dilakukan untuk para pemilik kendaraan bermotor. 

Hal itu bermaksud supaya kendaraan yang Anda miliki tetap terasa nyaman untuk dikendarai sehingga tidak dapat mengganggu aktivitas yang sedang Anda kerjakan.

Melakukan service motor bisa dilakukan pada bengkel resmi atau juga bengkel biasa yang mungkin saja telah menjadi langganan Anda. Meskipun dari sisi kualitas, service motor pada bengkel biasa pun tak kalah bagus kualitasnya dengan bengkel resmi.

Bahkan dapat lebih menghemat biaya perbaikan jika Anda mempunyai langganan bengkel biasa dan memiliki kualitas yang bagus.

Namun bagi Anda yang merasa kurang yakin untuk melakukan perawatan motor di bengkel biasa, alangkah baiknya jika Anda dapat membawa motor ke bengkel resmi yang sudah direkomendasikan dengan kendaraan bermotor yang Anda miliki. 

Sebab pada bengkel resmi telah dipastikan mengetahui cara dan penanganan untuk berbagai permasalahan pada motor yang Anda miliki.

Akan tetapi, melakukan perawatan dan perbaikan motor di bengkel resmi biasanya mempunyai biaya yang bisa dikatakan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan servis pada bengkel biasa. 

Sebab melakukan perawatan pada bengkel resmi ada biaya pajak yang ditagihkan langsung ke konsumen. Sehingga biaya pelayanan pada bengkel resmi menjadi jauh lebih mahal.

Biaya Service Motor Yamaha Di Bengkel Resmi

Untuk Anda para pemilik motor Yamaha dan juga kebetulan Anda akan melakukan perawatan berkala pada motor Yamaha Anda di bengkel resmi, tetapi Anda belum bisa mengetahui berapa perkiraan biaya service motor Yamaha tersebut. 

Maka Anda dapat menyimak pembahasan yang bisa diberikan. Dari biaya service ringan, Biaya Service Rem Motor Yamaha, biaya penggantian oli, dan lain-lain.

Untuk menakar biaya servis motor yang akan dibahas akan dibagi beberapa pembahasan, yaitu dari biaya perawatan motor yang ringan dan juga sampai ke biaya perawatan motor berat. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, Anda bisa langsung simak pembahasannya berikut ini:

Biaya Service Motor Skala Ringan

Perawatan motor skala ringan adalah perawatan berkala yang pada umumnya dilakukan, misalkan pembersihan part karburator atau injeksi, lalu pembersihan filter atau saringan udara pada motor, selain itu umumnya juga pergantian oli mesin atau dan juga pergantian oli gardan untuk segmen motor matic.

Dan juga masih ada berbagai hal lainnya untuk dilakukan.

Karburator / Injeksi

Hal pertama yang sebenarnya umum dilakukan pada perawatan skala ringan adalah membersihkan ruang bakar karburator atau sistem injeksi. Hal ini bermaksud untuk aliran bahan bakar pada motor dapat bekerja lebih lancar dan juuga bersih, sehingga bahan bakar yang terpakai pada mesin lebih efisien dan mesin bisa menghasilkan tenaga yang lebih optimal.

Untuk biaya pembersihan karburator umumnya dibandrol dari harga Rp 20.000 sampai dengan Rp 30.000, sedangkan untuk biaya pembersihan dan pengecekan injeksi biasanya dibandrol dimulai dari harga Rp 50.000 sampai dengan Rp 60.000.

Filter atau Saringan Udara

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan pada perawatan berkara yaitu membersihkan saringan udara atau filter yang terpasang pada motor. Dimana filter ini juga memiliki fungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar mesin. 

Oleh karena itu, filter atau saringan udara harus selalu dibersihkan secara berkala, sebab bisa dipastikan filter ini sudah banyak menyaring kotoran dari udara di hisap.

Adapun mengenai biaya untuk jasa membersihkan filter umumnya dibandrol dengan harga dari mulai Rp 10.000 sampai dengan Rp 15.000, tergantung dari jenis dan juga tipe kendaraan yang dikerjakan. Sebab setiap tipe kendaraan mempunyai tingkat kesulitan dalam membongkar filter yang juga berbeda-beda.

Oli Mesin

Perawatan ringan berkala selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu mengganti oli mesin, penggantian oli mesin merupakan salah satu faktor yang sudah menjadi keharusan untuk dilakukan secara rutin supaya kondisi mesin tetap prima dan terjaga. 

Adapun untuk jasa penggantian oli itu besarannya hamper sama dengan biaya jasa untuk membersihkan filter, yaitu antara Rp 10.000 sampai dengan Rp 15.000.

Tetapi untuk harga dari Oli Mesin motor itu sendiri tentu saja berbeda-beda, tergantung dari merek oli mesin dan viskositas (kekentalan) yang digunakan.

Jika Anda memilih oli mesin yang memiliki kualitas bagus dan sesuai dengan anjuran pabrik, tentunya harga oli mesin tersebut akan jauh lebih mahal.

Kampas Rem

Hal berikutnya adalah Biaya Service Rem Motor Yamaha yang biasanya dilakukan dalam perawatan ringan berkala salah satunya dengan memeriksa kondisi kampas rem, walaupun umur kampas rem biasanya cenderung lebih lama. 

Tetapi tidak ada salahnya supaya dapat memeriksakan kondisi kampas rem di saat melakukan pengecekan berkala. Jika Anda hanya meminta untuk pemeriksaan saja, maka tidak akan dikenakan biaya untuk tindakan tersebut.

Hal berikutnya pada Biaya Service Rem Motor

Yamaha itu adalah pemeriksaan kualitas dan volume minyak rem. Hal ini perlu dilakukan agar kondisi pelumasan dan daya dorong piston rem dapat berfungsi secara prima dan baik. Akan tetapi, untuk melakukan pergantian kampas rem baru akan dikenakan biaya pemasangan. 

Untuk biaya pemasangan dan pergantian kampas rem kurang lebih hampir sama dengan biaya pergantian oli mesin dan juga pembersihan saringan udara.

Rem dapat dikatakan sebagai salah satu bagian yang paling penting untuk dapat selalu dipantau di tiap bulannya. Sebab menyangkut keselamatan Anda di saat berkendara. 

Biasanya mekanik pada bengkel motor Yamaha akan menginformasikan apakah kampas rem perlu dilakukan pergantian atau tidak. Meski demikian, tidak ada salahnya jika Anda menanyakan terlebih dahulu.

Untuk harga kampas rem motor Yamaha, umumnya memiliki dua jenis dengan harga yang juga berbeda. Untuk kampas rem cakram pada umumnya dibandrol dengan harga dikisaran Rp. 45.000 sampai dengan Rp 62.000.

Sedangkan untuk harga kampas rem tromol pada umumnya dibandro sekitar Rp 35.000 sampai Rp 52.000. Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya jasa pemasangan.

Biaya Service Berat

Selain perawatan ringan, ada juga biaya untuk perawatan motor berskala berat. Perawatan skala berat umumnya servis yang dilakukan pada sektor mesin yang memerlukan pembongkaran mesin untuk mengganti beberapa komponen yang berada di dalam mesin motor. 

Ada pula untuk biaya perawaran motor skala berat ini umumnya juga bergantung pada kerusakan dari motor itu sendiri.

Sehingga biaya perawatan untuk jenis perawatan ini tidak memiliki patokannya, sebab permasalahan yang sama dapat juga mempunyai penanganan yang berbeda-beda juga. 

Sehingga untuk biaya jasa dan suku cadangnya juga akan berbeda. Untuk Anda yang mau mengetahui biaya dari perawatan skala berat ini, alangkah baiknya bisa juga langsung mendatangi bengkel resmi Yamaha terdekat.

Spare Part Lain-Lainnya

Yang terakhir mengenai biaya perawatan adalah dari beberapa suku cadang yang usianya sudah harus diganti serta tidak dapat diprediksi secara pasti kapan suku cadang tersebut dapat rusak. 

Karena kondisinya memang sangat bergantung pada penggunaan motor itu. Oleh karena hal itu sangat penting untuk dicek dan melakukan perawatan secara rutin.

Contohnya jika seperti suku cadang pada motor metic, yaitu Roller. Untuk harga bandrolnya sendiri rata-rata pada bengkel resmi Yamaha berkisar di antara Rp 20.000 sampai Rp 25.000. Atau juga V belt yang bandrol harganya sekitar Rp 75.000 sampai dengan Rp 150.000.

Itulah informasi dan pembahasan singkat mengenai apa yang perlu dilakukan ketika memasuki jadwal melakukan perawatan berkala pada motor Yamaha yang Anda miliki. 

Sementara itu untuk Anda juga yang ingin tahu lagi lebih banyak mengenai berbagai perawatan motor yang perlu dilakukan di bengkel motor Yamaha dapat dilihat melalui website dealer Yamaha.

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 2167
  • Suka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Motor

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Motor

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset

    Orang Lain Juga Melihat

    Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

    Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!