• Home>
  • Tips & Trik>
  • Mencegah Mobil Kehilangan Kendali Dengan VSC, Benarkah Ampuh?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mencegah Mobil Kehilangan Kendali Dengan VSC, Benarkah Ampuh?

Dilihat 2015
Iman Firman
12 Apr 2021, 13:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Fitur Vehicle Stability Control (VSC) atau kontrol stabilitas elektronik kini jadi salah satu fitur wajib yang tersedia pada mobil-mobil terbaru. Belakangan, VSC didapuk sebagai sistem keselamatan aktif yang wajib dimiliki mobil lansiran anyar di sejumlah negara.

Berdasarkan laporan NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration), teknologi kontrol stabilitas elektronik dapat mengurangi kecelakaan, akibat kehilangan kendali hingga 35 persen. Bahkan pada mobil-mobil berjenis SUV berkurang hingga 67 persen.

Seperti diketahui, kendaraan kerap kehilang kendali saat melaju dalam kecepatan tinggi atau ban kehilangan traksi saat menikung. Manuver menghindar secara tiba-tiba juga dapat membuat kendaraan menjadi oleng dan sulit dikendalikan.

Oleh karena itu, fitur VSC diklaim sebagai salah satu fitur yang ampuh menghadapi kondisi-kondisi di atas. Lalu kira-kira apa saja fitur dari VSC? Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak ulasannya berikut ini:

Fitur VSC Jadi Standar Keselamatan Mobil Terbaru

Guna meminimalkan risiko kecelakaan, pabrikan mobil dunia menyematkan fitur VSC sebagai standar keselamatan. Salah satunya ialah Toyota yang telah mengandalkan sistem kontrol stabilitas VSC hampir di semua lini produk terbarunya.

Tugas VSC ini adalah untuk menjaga kendaraan menikung dengan terkendali, saat mengalami understeer (mobil tetap bergerak lurus meskipun setir sudah dibelokkan) maupun oversteer (mobil berputar tidak terkontrol).

Ada empat komponen penting dalam VSC yaitu sensor sudut setir, sensor tingkat keolengan, sensor akselerasi lateral, dan sensor kecepatan pada roda.

Secara sederhana, cara kerja VSC antara lain ketika kendaraan terdeteksi mengalami understeer saat akan menikung ke kiri, komputer akan memerintahkan pengereman pada roda kiri belakang sehingga kendaraan akan berputar ke kiri.

Baca juga: Hill-Start Assist Control, Teknologi Anti Merosot di Tanjakan

Sementara ketika mobil terdeteksi mengalami oversteer, komputer akan memerintahkan pengereman pada roda depan sisi terluar agar kendaraan tidak berputar secara liar. Tak hanya itu, komputer juga dapat memerintahkan untuk mereduksi tenaga mesin jika pengereman intensif pada salah satu roda saja tidak cukup.

Namun perlu diingat juga, VSC tidak dapat bekerja efektif jika tidak didukung kondisi ban yang prima. Penggantian ukuran ban di luar rekomendasi pabrik, terlalu besar atau terlalu kecil, juga dapat mengganggu keakuratan perhitungan komputer yang menjadi otak VSC.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya