• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Mengenal Cara Kerja Electric Parking Brake

Ismet
2022-06-21 10:51:17
loading...

Otoloka.id- Kecanggihan teknologi yang ada di mobil keluaran terbaru makin memudahkan penggunanya. Salah satu teknologi yang memudahkan pengemudi, yakni Electric Parking Brake (EPB).

Fitur EPB kini tak hanya dimiliki di mobil mewah saja. Kemudahan pengoperasian dari electronic parking brake juga sekarang sudah merambah di mobil kelas menengah ke bawah. Jadi, fitur canggih ini sebagai pengganti tuas rem parkir biasa.

Secara fungsi, baik EPB dan rem pakir biasa sebenarnya sama saja, yaitu untuk menjaga agar posisi mobil stabil saat parkir. Perbedaannya, EPB dioperasikan dengan fitur elektronik, sedangkan rem parkir masih manual dengan bantuan tuas.

Keuntungan Electric Parking Brake

Dari segi tampilan, EPB memang terlihat lebih modern dan sederhana. Apalagi EPB juga membuat area interior lebih enak dipandang mata karena tak ada lagi tuas yang harus ditarik untuk mengaktifkan rem saat memarkir mobil. Penggantinya hanya ada tombol dan cukup ditekan untuk mengaktifkannya.

Cara kerja dari electronic parking brake sangat canggih dan praktis. Hanya cukup dengan menekan tombol, motor listrik di setiap kaliper rem akan menekan bantalan ke dalam cakram. Jadi, secara keseluruhan sistem kerja EPB sudah menggunakan elektrik.

Jika lebih rinci lagi, saat pedal rem ditekan, sensor akan mengirimkan sinyal dan rem segera aktif. Saat Anda akan menjalankan mobil kembali caranya juga tinggal menekan tombol EPB agar roda mobil tak terkunci lagi.

Berbeda dengan rem tangan atau rem parkir biasa yang bekerja dengan cara konvensional. Dengan menarik tuas ke atas, maka akan ada dua kabel yang juga tertarik ke rem belakang. Dengan memberikan tekanan kepada kabel-kabel tersebut, bantalan rem menempel di cakram untuk menahan roda belakang tetap di tempatnya.


Keuntungan dan Kekurangan Fitur Electronic Parking Brake

Mobil dengan fitur EPB memiliki sejumlah keuntungan. Kepraktisan dalam mengoperasikan mobil ini akan membantu pengemudi saat akan parkir. Pengemudi tak memerlukan usaha berlebih untuk mengunci roda agar mobil tidak berjalan. Hanya tinggal menekan tombol maka rem tangan akan aktif dengan sendirinya.

Selain itu, ada juga mobil yang memiliki fitur EPB ini dilengkapi juga dengan Auto-Hold Parking Brake. Fitur canggih ini mampu menjaga mobil agar tetap diam ini memiliki sensor untuk menangkap ketika mobil berhenti dan pengendara menginjak rem.

Bagi Anda yang sering merasa panik saat mobil berada di tanjakan, fitur ini cukup berguna karena Anda cukup menekan tombol untuk mengaktifkannya dan mencegah mobil mundur dengan sendirinya. Untuk kembali menjalankan mobil, maka Anda cukup menginjak pedal gas.

Kedua fitur tersebut juga membuat interior mobil tampil lebih elegan. Ruang kabin akan terasa lebih luas dan konsol tengah bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan lainnya.

Fitur Electronic Parking Brake juga pastinya mempunyai kekurangan alias kelemahan. Pengemudi memang tak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menarik dan menurunkan tuas rem. Namun fitur ini juga akan terlalu bergantung dari aki mobil.

Jadi, pastikan kondisi aki mobil Anda juga dalam kondisi baik-baik saja. Pasalnya, fitur EPB difungsikan dengan bantuan tenaga dari aki.

Ikuti media sosial kita:
  • loading...
  • Suka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset