OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mengenal Pembuatan Pelek Forging Jepang dan Amerika

Dilihat 3297
Iman Firman
22 Mar 2021, 19:06
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Salah satu pelek racing andalan yang dijual di rumah modifkasi Permaisuri Ban adalah pelek yang dibuat dengan proses forging atau ditempa. Seperti Volk Rays, Vossen, HRE, dan lainnya.

Pelek dibuat dengan beberapa teknik produksi, forged atau forging (pelek tempa) adalah salah satunya. Secara teknis, forged merupakan proses pembuatan pelek yang rumit. Pasalnya forging merupakan proses memampatkan billet aluminium solid dengan penekanan ekstrem.

Menurut kamus bahasa inggris Forging adalah to form (metal) by a mechanical or hydraulic press, atau memanipulasi metal dengan cara mekanis atau tekanan hidrolik. 

Namun sekurangnya ada 2 versi proses pembuatan pelek forging berdasarkan karakter produk dan merek dari mana ia berasal. Biasanya dibagi menjadi forging Jepang dan Amerika.

Baca juga: Begini Caranya Aman Mengemudi di Malam Hari

Forging versi Jepang artinya dilakukan oleh kebanyakan pabrikan pelek asal 'Negeri Matahari Terbit' dengan proses memadatkan aluminium alloy dengan cara ditekan oleh mesin berbobot 8.000-10.000 ton dalam temperatur tinggi. 

Sehingga di volume material tersebut mengecil, menjadi lebih padat dan kuat. Penekanan tersebut sekaligus mencetak bentuk pelek.

Sementara forging versi pabrikan pelek Amerika menggunakan aluminium billet tipe T-6061 yang juga dipakai dalam industri pesawat terbang yang juga dipadatkan. 

Bedanya, material T-6061 yang sudah padat dan solid kemudian mulai dibentuk menggunakan mesin CNC, sesuai dengan desain yang sudah dirancang secara tiga dimensi melalui komputer.

Pembuatan Pelek Racing

Dalam memahat material solid menjadi sebuah pelek, bahan baku yang sudah menjadi blank forged diputar hingga mendapatkan desain yang diinginkan. Karena dibuat dari material yang solid, maka konstruksi pelek forged sangat kuat dan padat. 

Tidak ada gelembung udara yang terperangkap di dalam pelek, seperti yang biasanya ditemukan jenis pelek casting. Selain itu karena materialnya punya bobot yang kecil, otomatis pelek ini juga punya berat yang ringan. 

Dengan model dan ukuran yang sama, pelek hasil Forging bisa lebih ringan hingga 40 kg per mobil dan lebih kuat.  

Misalnya pelek casting ukuran 20x8,5 inci bisa punya bobot sekitar 17-20 kg, maka pelek forged hanya berbobot 12-15 kg saja untuk ukuran dimensi yang sama bahkan di beberapa tipe tertentu memiliki bobot di bawah 10 kg.

Pelek forged biasanya juga dipakai untuk mobil balap karena bobotnya yang ringan. Produsen pelek Jepang yang menerapkan forged di pelek kompetisi adalah Rays Engineering dan TWS.

Oh ya, antara forged versi Jepang dan Amerika juga dibedakan dari finishing-nya. Kebanyakan pelek forged Jepang memakai finishing cat berwarna-warni seperti yang ditawarkan Volk Racing, SSR Wheels, Enkei dan sebagainya.

Baca juga: Jangan Pakai Kompresor Saat Mengganti Oli, Ini Alasannya

Namun tidak begitu dengan TWS, brand yang identik dengan pelek forged tersebut malah mengekspos finishing asli aluminium yang dipakainya, seperti umumnya velg pelek Amerika.

Proses pembuatan yang membutuhkan teknologi tinggi membuat harga pelek forged menjadi mahal. Itulah sebabnya produsen pelek forged membuat produknya secara eksklusif, karena harganya yang mahal dan segmentasi pasarnya sangat terbatas.

Selain itu di bawah ini adalah beberapa keunggulan pelek forged :

- Walaupun dipadatkan, namun bobotnya jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan pelek casting/cetak.

- Tidak ada gejala keropos.

- Menunjang sensasi berkendara performa tinggi, karena pelek kuat dan ringan.

- Lebih eksklusif, karena jumlah produksinya lebih sedikit dibanding pelek casting. Pada beberapa merek, bisa memesan pelek dengan spesifikasi khusus (special order).

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya