• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Mengenal Transmisi CVT Daihatsu, Untuk Rocky Sob!

Dilihat 3537
Iman Firman
15 Mar 2021, 22:27
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Jenis transmisi matik cukup beragam saat ini. Namun yang cukup diminati adalah transmisi Continuosly Variable Transmission (CVT). Banyak pabrikan mengaplikasikan teknologi transmisi yang satu ini.

Seperti yang dilakukan oleh Daihatsu pada sejumlah produk mereka, yang kini dibekali dengan transmisi CVT. Sedikit membahas lebih dalam, transmisi CVT merupakan sistem transmisi otomatis yang lebih advanced atau canggih dibanding transmisi otomatis (AT) konvensional.

Meski sama-sama bertransmisi otomatis, dan tak perlu lagi menginjak kopling. Namun transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis 4AT.

Jika pada transmisi otomatis 4 percepatan, sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set. Maka transmisi otomatis jenis CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Untuk lebih jelas mengenai transmisi CVT, kalian bisa simak ulasan ini sampai habis:

Bedah Transmisi CVT Lebih Dalam

Kemajuan teknologi tentu sifatnya akan lebih baik dari sebelumnya. Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, CVT dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. Hal ini membuat pengendara mobil bertransmisi CVT tidak merasakan perpindahan gigi.

Selain itu, pada teknologi CVT, rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah. Tak hanya itu, kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi.

Kelebihan lainnya, CVT bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih effektif, sehingga di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.

Di negara asal Daihatsu yakni Jepang, sebagian besar model Daihatsu sudah menggunakan teknologi CVT. Sebut saja Daihatsu Tanto, Move, Taft, Mira, Copen, Cast dan Boon.

Baca juga: Jangan Sembarangan Ganti ECU Mobil Eropa, Ini Syaratnya

Khusus untuk Daihatsu Rocky yang diluncurkan pada November 2019 lalu di Jepang, saat ini bahkan sudah mengusung teknologi Dual Mode CVT.

Dual Mode CVT dikembangkan melalui platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dan mengadopsi teknologi roda gigi terpisah.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Otomatis Konvensional dan CVT

Dengan Dual Mode CVT, Daihatsu telah berhasil mengembangkan teknologi pertama di dunia yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi untuk meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi lebih baik, dan lebih hening.

Selain itu, karakteristik pedal gas telah dioptimalkan untuk respons yang baik dari kecepatan rendah hingga tinggi.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya