• Home>
  • Tips & Trik>
  • Mobil Matic Boros? Ikuti Tips Ini Untuk Menghemat Bensin Mobil Matic
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Mobil Matic Boros? Ikuti Tips Ini Untuk Menghemat Bensin Mobil Matic

Dian
2020-08-25 20:48:12
Dian
loading...

Otoloka.id - Bagi sebagian pengguna mobil matic, pasti ingin supaya mobil anda tetap hemat bahan bakar. Memang banyak yang mengira bahwa mobil matic akan lebih banyak menyerap bahan bakar sehingga lebih boros dibanding mobil manual.

Memang sudah terbukti, karena alat komponen yang terdapat pada mobil matic adalah Torque Converter yang berfungsi untuk mengubah torsi menjadi tenaga untuk disalurkan ke roda supaya dapat bergerak. Transmisi matik akan mulai beroperasi saat RPM lebih tinggi dari transmisi manual, sehingga dapat membuat mobil matic bergerak dan melaju dengan membakar bahan bakar lebih banyak dari pada mobil manual.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Harga Mobil Bekas Tetap Stabil

Seiring dengan perkembangan zaman, kini item dengan spesifikasi otomatis semakin digandrungi oleh masyarakat karena teknik pengoperasiannya yang lebih mudah dan praktis. Salah satunya adalah mobil matic. Setelah memutuskan untuk menggunakan mobil matic, mungkin Anda akan merasa risih dengan bahan bakar yang dianggap boros. Namun ternyata ada beberapa cara agar mobil matic Anda tidak boros bahan bakar. 

Berikut ini tips supaya mobil matic hemat bahan bakar yang dirangkum dari beberapa sumber:

Jangan Mengemudi dengan Agresif

Selama mengemudi Anda harus menjaga ketenangan dan kejernihan pikiran dan emosi Anda. Karena ketika Anda tidak bisa mengendalikan emosi, Anda akan mengemudikan mobil dengan agresif. Sehingga dalam berkendara anda tidak dalam keadaan santai. Anda perlu menerapkan eco driving, karena dengan cara tersebut Anda akan dapat menghemat biaya bahan bakar, tidak hanya itu Anda juga akan terbebas dari resiko kecelakaan saat berkendara.

Gunakan AC sesuai kebutuhan

Supaya mobil Anda irit, ternyata penggunaan AC harus diperhatikan. Ternyata AC ini juga berpengaruh pada bahan bakar mobil Anda. Jadi coba gunakan sesuai kebutuhan. Pastikan Anda mengaturnya ke suhu serendah mungkin untuk mencegah pemborosan bensin.

Perhatikan Kecepatan Mesin

Untuk menjaga mobil matic Anda tetap hemat bahan bakar. hal yang paling penting dengan memperhatikan putaran mesin atau RPM. Secara umum konsumsi bahan bakar efektif dan tenaga yang dihasilkan berkisar antara 2.500 hingga 3.000 RPM.

Hindari Menggunakan Idling Terlalu Lama

Demi menjaga efisiensi bahan bakar mobil Anda adalah menghindari penggunaan mesin idle terlalu lama. Saat Anda dalam keadaan netral atau idle dan mesin dalam keadaan hidup, mesin akan tetap berjalan sehingga membutuhkan bahan bakar. Oleh karena itu sangat disarankan jika anda dalam posisi diam atau netral sebaiknya matikan mesin mobil anda.

Jangan membawa penumpang dengan kapasitas berlebihan

Tidak hanya penumpang, kelebihan kapasitas termasuk barang yang diangkut akan membuat tenaga mesin menjadi berat. Meminimalkan beban berlebih akan lebih baik dilakukan agar mesin tidak mengeluarkan tenaga lebih sehingga bisa membakar bensin lebih banyak.

Jangan menginjak gas secara berlebihan di tanjakan

Supaya mobil matic Anda irit bahan bakar tips terakhir yaitu jangan menginjak gas secara berlebihan saat di tanjakan atau saat menyalip kendaraan lain. Cara ini adalah kuncinya, dengan menginjak gas dan konstan akan dapat membuat konsumsi bahan bakar mobil matic Anda normal.

Ikuti media sosial kita:
  • FollowFavorite
  • LIKESuka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset