OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Tips & Trik>
  • Penyakit Mobil Hyundai Santa Fe Bekas dan Solusi Perbaikannya
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Penyakit Mobil Hyundai Santa Fe Bekas dan Solusi Perbaikannya

Dilihat 2431
Guntur Hanggara
29 Jul 2020, 23:08
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Hyundai Santa Fe adalah SUV dari Korea Selatan yang dianggap mewah dan cukup populer di negara ini. Disebut mewah, karena kelas Hyundai Santa Fe sebenarnya masih di atas Honda CR-V, Nissan X-Trail, atau SUV serupa.

Selain kemewahan, Hyundai Santa Fe juga dikenal sebagai SUV yang nyaman dengan mesin diesel yang ganas, walaupun fitur-fiturnya terbatas untuk mengurangi harga jual. Nah, yang menarik, Hyundai Santa Fe untuk generasi ketiga dengan kode bodi DM yang digunakan harganya sangat menggoda. Untuk Santa Fe, output awal tahun 2012, harganya bahkan lebih murah daripada LMPV baru. Menarik bukan?

Masalahnya, masih banyak yang belum mengenal SUV ini. Mereka yang tertarik masih bertanya-tanya bagaimana dengan keandalannya, penjualannya, bahkan yang paling khas untuk orang Indonesia, yaitu nilai jualnya.

Untuk menjawab semua itu, Otoloka akan mengeksplorasi semua masalah yang dikeluhkan oleh pengguna Hyundai Santa Fe DM dan solusinya sehingga calon pembeli unit mereka menjadi lebih solid dengan pilihan mereka.

Penyakit Mobil Hyundai Santa Fe

Sejak generasi ini, Hyundai semakin "berniat" untuk membangun mobil. Bahkan Hyundai Santa Fe laris manis di pasar global seperti Amerika dan beberapa negara di Eropa. Pada dasarnya tidak ada masalah serius untuk Hyundai Santa Fe. Kualitas pabrikannya bagus, serta daya tahan komponen yang melekat pada SUV ini. Memang, masih ada beberapa masalah kecil yang mungkin perlu diperhatikan di sini.

Kerusakan Katup PCV

Kerusakan katup PCV sebenarnya bukan masalah fatal. Tidak ada gejala yang dirasakan secara signifikan dalam hal kinerja dan efisiensi. Ada, efeknya sangat kecil dan mungkin tidak terasa. Kerusakan pada katup PCV disebabkan oleh membran PCV yang rapuh atau sobek yang tidak mampu menahan uap minyak.

Ini menyebabkan munculnya rembesan oli di sekitar turbocharger. Sayangnya, beberapa bengkel (tidak resmi) salah mendiagnosis masalah ini. Mereka beranggapan bahwa turbo rusak dan harus diganti yang tentu saja harganya tidak murah. Bahkan, penggantian turbo tidak akan menyelesaikan masalah ini.

Solusi yang paling tepat untuk kerusakan pada PCV Valve adalah menggantinya. Hanya saja, Hyundai Santa Fe PCV Valve terintegrasi dengan penutup katup dan harganya cukup mahal. Atau, OCT (Oil Catch Tank) dapat dipasang untuk mengakomodasi uap oli untuk mengurangi uap oli yang memasuki turbocharger.

Pulley Damper Bunyi Berisik

Saat Anda berakselerasi, lepaskan gasnya dan bacalah "cricking" atau "creaking", mungkin ada masalah dengan Pulley Damper. Peredam katrol yang rusak atau oblag akan menyebabkan suara yang mengganggu menjadi nyaman karena rotasi fanbelt yang tidak sempurna dalam katrol ini. Beberapa pengguna mengeluhkan gejala ini dalam penggunaan 50 ribu mil atau lebih.

Satu-satunya solusi untuk menghilangkan suara ini adalah mengganti Pulley Damper. Memang harganya cukup mahal, sekitar 3 juta rupiah. Jika tidak terlalu oblag, suara tidak nyaman yang ditimbulkan tidak terlalu mengganggu. Namun, jika parah, ini berpotensi menyebabkan fanbelt longgar dan bahkan putus.

Selang Turbo Bocor

Kerusakan pada selang turbo yang dikeluhkan oleh pengguna Santa Fe adalah karena umurnya. Pelepasan selang turbo terjadi karena klem selang yang kendur, sedangkan kebocoran terjadi karena selang tidak elastis / rapuh karena panas atau sudah tua. Selang turbo memang dilewati oleh udara dengan kepadatan dan suhu tinggi.

Jika selang turbo terlepas, segera pasang dan kencangkan klem selang. Ganti klem selang jika rusak atau berkarat. Jika selang turbo bocor, segera ganti selang turbo dengan selang berkualitas yang tahan panas dan tekanan tinggi.

Pipa AC Bocor


Pipa AC yang bocor adalah masalah alami untuk semua mobil tua. Kebocoran pipa AC akan menyebabkan freon berkurang atau bahkan habis. Mengisi freon pada sistem AC di mana pipa bocor tidak akan menyelesaikan masalah. Bahkan kebocoran kecil akan membuat freon terlepas ke udara dengan cepat dan pendingin udara tidak lagi dingin.

Idealnya, pipa AC yang bocor harus diganti dengan pipa AC yang baru. Dalam kondisi tertentu, misalnya kebocoran kecil, pipa AC dapat ditambal atau dipotong dan kemudian dihubungkan kembali dengan dilas selama proses kerja / pengelasannya tepat dan rapi.

AC Tidak Dingin

Masalah AC yang dirasa kurang dingin umumnya dikeluhkan oleh pengguna yang belum pernah menggunakan mobil non-Jepang. Sebenarnya, sebenarnya bukan pendingin ruangan yang kurang dingin, tetapi karakter pendingin ruangan berbeda. Pendinginan AC Hyundai Santa Fe mirip dengan hampir sama dengan mobil Eropa yang dinginnya bertahap dan lebih menyeluruh, berbeda dengan kebanyakan mobil Jepang yang kedinginan menggigil dan menusuk tulang seperti Innova, Panther, atau Fortuner.

Kesimpulan Penyakit Mobil Hyundai Santa Fe

Secara umum, Hyundai Santa Fe Gen-3 (DM) tidak memiliki masalah "genetik" yang serius. Tidak ada keluhan signifikan yang menyebabkan kelumpuhan mobilitas SUV besar ini. Meskipun ini masih masalah kecil yang mungkin masih dipertimbangkan, ini akan dilupakan ketika Anda menginjak pedal gas untuk merasakan sensasi biadab dari mesin diesel 2.2L CRDi VGT. Ditambah kenyamanan yang disediakan di mana suara luar dapat diredam dengan baik dan suspensi lembut juga mampu mengurangi guncangan dari jalan.

Mengingat mobil ini didatangkan langsung dari CBU dari Korea Selatan, Hyundai Santa Fe memang cukup mahal ketika baru. Namun, dengan harga bekas yang bisa lebih murah dari LMPV, Hyundai Santa Fe sangat layak dinikahi.

Bagaimana dengan perawatannya? Pemeliharaan rutin memang agak mahal. Ini masih masuk akal mengingat kelas. Semakin mewah sebuah mobil, semakin mahal perawatannya. Tidak perlu khawatir, perawatan Hyundai Santa Fe masih lebih murah daripada mobil Eropa atau bahkan mobil Jepang seperti Mazda atau Subaru.

Suku cadang yang bergerak cepat juga sangat mudah didapat. Bagian yang bergerak lambat juga tidak terlalu sulit. Layanan aftermarket memang tidak sebagus merek Jepang seperti Toyota atau Honda, tetapi bengkel spesialis mobil Korea cukup banyak. Bengkel spesialis Chevrolet Captiva juga dapat menangani Hyundai Santa Fe mengingat teknologinya hampir sama.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya