• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Penyebab Aki Motor Tekor dan Cara Mengatasinya!

Dilihat 457
Dian
24 Sep 2020, 17:44
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Accu atau biasa kita sebut aki merupakan salah satu alat bantu pada sepeda motor yang cukup penting. Selain berfungsi sebagai menyimpan tenaga listrik, aki juga berfungsi sebagai sistem suplai listrik ke motor. Bayangkan saja jika aki ini tekor dan terjadi pada motor kesayangan anda, tentunya akan membuat anda kesal dan aktivitas atau perjalanan anda akan terkendala.

Anda yang terbiasa menyalakan motor cukup dengan menekan tombol starter di sisi kanan bak mesin motor, kini Anda harus menekan tuas engkol di sisi kanan mesin. Belum lagi jika motor yang Anda kendarai adalah jenis skuter matik. Ini pasti bisa sangat mengganggu, karena Anda harus menurunkan standar tengah dan kemudian mengengkol selah. Cukup Melelahkan pasti!

Baca Juga : Tips Merawat Aki Motor Supaya Tetep Awet  

Hal yang mungkin bisa Anda lakukan saat itu adalah menggantinya dengan baterai baru. Namun percaya atau tidak, hanya dengan mengganti aki lama dengan yang baru, sebenarnya Anda tidak menyelesaikan masalah mengapa aki motor hampir habis. Ini sama saja dengan mengobati penyakit bukan mencegahnya.

Lantas, kenapa aki motor bisa tekor? Apa penyebab aki motor tekor? Cara memperbaiki aki motor tekor terus bagaimana?

Penyebab Aki Motor Tekor

Ternyata ada beberapa alasan mengapa aki motor terus menerus pendek. Berikut ini beberapa penyebab baterai motor yang perlu diperhatikan:

1. Kurang Menjaga Kebersihan Aki

Meski terlihat gampang, ternyata menjaga kebersihan aki sama pentingnya dengan kebersihan mesin. Kenapa perlu dibersihkan? Karena aki memiliki sifat kimiawi, maka sangat rentan terhadap karat dan memiliki plak terutama pada bagian terminalnya. Jika ini terjadi, motor akan sulit dihidupkan dan bersiaplah untuk menghidupkan motor dengan menurunkan standar tengah dan mengengkolnya.

2. Kurang memperhatikan kapasitas muatan listrik

Biasanya muatan kapasitas listrik pada aki motor bisa berkurang dalam waktu yang cukup singkat. Hal ini bisa disebabkan karena motor tidak pernah dihidupkan dalam waktu lama.

Baca Juga : Kenapa Aki Motor Cepat Soak? Hindari 4 Kebiasaan ini!  

Perlu diketahui bahwa setiap baterai memiliki kapasitas muatan listrik yang berbeda-beda berdasarkan penggunaannya. Aki yang digunakan untuk sepeda motor biasanya memiliki kapasitas listrik 3-3,5 ampere dengan tegangan 12 volt.

3. Pengikat Baterai Terputus / Rusak

Aki sebagai sistem suplai kelistrikan untuk kendaraan bermotor, juga membutuhkan komponen perantara seperti kabel dan komponen pengencang serta sekrup, untuk menyambungkan listrik ke seluruh bagian motor.

Jika salah satu dari komponen ini tidak terlepas atau rusak, hampir pasti baterai tidak akan berfungsi. Selain itu, hal ini juga akan menyebabkan baterai melemah dan mengalami kerusakan.

4. Ada Masalah Pada Kiprok

Kiprok adalah komponen pada motor yang berfungsi untuk mengatur pengisian daya listrik ke aki. Jika kiprok terjadi kerusakan, biasanya akan mempengaruhi produktivitas kerja aki. Hal ini dapat menjadikan aki gampang aus.

Untuk mengetahui apakah kiprok pada motor anda bermasalah atau rusak dapat dideteksi dengan cara menghidupkan mesin motor dan lampu utama, kemudian gas dengan kecepatan kurang lebih 4000 sampai 5000 RPM. Jika tegangan catu daya kurang atau lebih dari 14-15 volt maka hampir dapat dipastikan kiprok pada motor anda mengalami kerusakan.

5. Modifikasi Lampu Sepeda Motor

Bagi anda yang gemar memodifikasi motor khususnya pada bagian lampu wajib diketahui hal ini mampu membuat aki motor cepat habis. Hal ini disebabkan variasi lampu yang digunakan untuk motor membutuhkan listrik yang besar. Dengan demikian kerja baterai menjadi tidak seimbang. Ini dianalogikan dengan pendapatan yang tidak sesuai dengan pengeluaran.

Selanjutnya setelah anda mengetahui beberapa penyebab aki motor tekor, berikut ini akan menjelaskan cara mengatasi aki motor tekor.

1. Pengecekan Kebersihan dan Kelistrikan Aki

Selain membersihkan bodi motor, ada baiknya juga sekaligus membersihkan karat dan plak pada terminal aki. Alat yang bisa digunakan untuk membersihkannya bisa menggunakan sikat gigi bekas, kain lembab dan taburan vaselin.

Disamping itu, Anda juga perlu memeriksa muatan baterai listrik. Pengecekan berkala ini bisa Anda lakukan bersamaan saat Anda ingin melakukan servis motor secara berkala. Jika Anda melewatkannya, Anda tetap bisa melakukan pengecekan ini di tempat servis aki langganan Anda dengan bantuan langsung ke petugas untuk melakukan proses ini.

2. Memeriksa Umur Aki

Aki pada sepeda motor biasanya digunakan itu rata-rata durasi pemakaian sekitar 1-2 tahun. Jika durasi pemakaian melebihi perkiraan ini, hampir bisa dipastikan aki Anda sudah kurang performanya. 

Jika Anda mengganti aki yang rusak dengan yang baru, pastikan Anda sudah mencatat detil bulan dan tahun pembeliannya. hal Ini untuk memudahkan memperkirakan penggantian aki nantinya.

3. Melakukan Modifikasi Motor

Dengan melakukan modifikasi motor memang menjadi hal yang paling membanggakan. Tapi, sebelum itu, yang harus diperhatikan adalah melakukan modifikasi sesuai kebutuhan. Contohnya, jika ingin menambah lampu dengan cahaya terang, maka muatan listriknya juga harus diatur. Jadi semuanya alur listriknya harus seimbang.

Itulah alasan kenapa aki motor tekor terus, penyebabnya dan cara mengatasi aki motor tekor. Bisa Anda untuk mencoba mempraktikkannya dirumah.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya