• Home>
  • Tips & Trik>
  • Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi, Faktor Kebersihan jadi Utama

Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi, Faktor Kebersihan jadi Utama

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Arief Yuno
11 Des 2020, 18:03
  • Suka 0

pasang aki motor tidak mengisi

Otoloka.id - Kelistrikan di dalam sebuah motor sangat lah penting, terutama jika dipakai berkendara setiap hari. Tentunya agar kelistrikan tetap terjaga, ada salah satu komponen yang perlu di perhatikan yaitu Accu atau biasa yang kita kenal dengan nama Aki. 

Aki berperan untuk menyimpan tenaga listrik di dalam sebuah motor yang dapat menyalakan piranti-piranti penting yang berada di sebuah motor. Namun, kalau accu atau aki tidak kita rawat maka kebutuhan listrik tidak akan cukup terpenuhi atau biasa kita anggap dan sebut soak.

Permasalah Aki Motor Tidak Mengisi

kenapa aki motor tidak mengisi

Banyak ragam yang mengakibatkan aki tidak mengisi secara baik atau soak lebih cepat dari masa pakai. Salah satunya berasal dari kebiasaan pemilik motor yang tidak terlalu merawat dan memerhatikan motornya tersebut.

Terutama Ketika motor dinyalakan, aki akan mengeluarkan sejumlah listrik yang sangat besar untuk menyalakan stater motor. Ketika motor digunakan, disaat itulah proses pengisian Kembali listrik yang ada di dalam aki berlangsung. Namun sering kali aki belum terisi penuh motor sudah selesai digunakan yang walhasil pengisian belum maksimal.

Bila mesin belum cukup mengisi sepenuhnya listrik di dalam aki, di mana arus masuk lebih besar dibandingkan arus yang keluar untuk menyalakan starter motor, maka aki bisa rusak atau soak.

Berikut beberapa penyebab accu atau aki motor tidak mengisi dengan baik:

kebersihan aki motor tidak mengisi

1. Kebersihan Aki

Hal ini tentu sangat penting, terutama kalau motor Anda memakai jenis aki basah. Jika tidak dibersihkan berkala, akan menimbulkan jamur disekitar baut dan lempengan terminal negative dan positif yang membuat baut dan lempengan pengantar arus listrik terkikis dan menghancurkan terminal tersebut. Walhasil listrik yang masuk ataupun keluar tidak akan maksimal.

2. Pemakaian Aksesori

Pemakaian aksesori yang berlebih juga menyebabkan listrik cepat tekor atau tidak terisi penuh, terutama jika aksesoris yang dipakai daya atau kebutuhan listrik nya tidak disesuaikan dengan kapasitas accu atau aki yang Anda punya, terutama untuk aksesori seperti Lampu HID/LED, Klakson Mobil, dan perangkat aksesoris elektronik lainnya.

3. Modifikasi Mesin

aki motor tidak mengisi otoloka

Kok modifikasi mesin berpengaruh? Ya tentu ini juga berpengaruh, karena teorinya kalau kompresi mesin semakin besar maka makin besar pula untuk menyalakan mesin tersebut.

4. Piranti Elektrik yang Error

piranti aki motor tidak mengisi

Piranti elektrik yang error pun bisa jadi penyebab accu atau aki cepat tekor. Salah satunya kabel-kabel, hal ini selalu timbul jika motor Anda sudah memasuki usia di atas 5 – 7 tahun, terutama untuk motor kategori kilometer tinggi. Jika ada salah satu kabel body di dalam motor ada yang terkelupas atau kornsleting maka aki akan mengalami kebocoran arus yang keluar, hal ini menyebabkan arus pengisian tidak akan maksimal atau tekor. 

Kiprok motor pun juga memiliki peran penting dalam pengisian aliran listrik di dalam motor, jika bermasalah maka aki akan cepat tekor. Untuk mengetahui kiprok rusak atau tidak, kalian bisa menghidupkan mesin motor bersamaan dengan menghidupkan lampu utama, Putar Gas perlahan sampai stabil di RPM 4000 s.d 5000. Jikalau tegangan listrik kurang dari 14 atau lebih dari 15 Volt maka sudah dipastikan kiprok motor Anda bermasalah.

5. Motor Jarang Digunakan

aki motor tidak mengisi

Di saat pandemi seperti ini, Anda pasti jarang sekali menggunakan motor karena sekarang bekerja lebih banyak di rumah, keluar hanya diperlukan saja atau di saat yang penting-penting saja. Nah di kala ini juga motor jarang sekali di panaskan terutama digunakan. 

Bagaimana aki dapat bekerja maksimal jika motor tidak pernah dinyalakan atau digunakan. Aki dapat mengalami kerusakan atau tekor jika tidak ada aktifitas pengisian listrik secara teratur. Jika memang motor kita lebih sering “Jogrok” di rumah alangkah lebih baik Accu atau Aki dapat di lepas agar tidak terjadi kebocoran arus.

Nah demikian penyebab accu atau aki motor tidak dapat terisi atau tekor, semoga bermanfaat.

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Motor

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Motor

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan