• Home>
  • Tips & Trik>
  • Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Saat Mesin Panas, Ternyata Banyak Faktornya
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Saat Mesin Panas, Ternyata Banyak Faktornya

Yunita Efendi
17 Jan 2022, 19:52

Otoloka.id - Kira-kira apa ya, penyebabnya mobil susah distarter saat mesin keadaan panas akibat di mobil di bawa perjalanan jauh? Biasanya ini terjadi kepada mobil yang sudah berusia tua, tetapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada mobil yang keluaran terbaru

Jika hal ini terjadi, aki yang sudah rusak seringkali dijadikan penyebab utamanya saat mobil susah distarter. Memang itu tidak salah, karena aki sudah rusak bisa membuat dinamo starter susah dinyalakan.

Aki yang rusak atau hilang dayanya mengakibatkan mengganggu aliran listrik ke elemen mobil. Indikasi awal kerusakan pada aki biasanya ditandai dengan mobil yang tiba-tiba mogok.

Tetapi harus diingat, hal ini bukan satu-satunya penyebab mobil tidak bisa distarter saat mesin panas. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya, mari simak bersama.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Saat Mesin Panas

Busi 

Busi memiliki fungsi utama membakar campuran bensin dan udara yang dikompres melalui gerakan piston. Tanpa adanya busi, pembakaran di dalam ruang mesin tidak akan bisa dilakukan. 

Jika mobil tidak bisa distarter saat keadaan panas, sebaiknya cek busi apakah kondisinya kotor atau sudah tidak layak pakai.

Busi yang kotor dapat menghambat percikan apinya. Jika keadaan kotor, busi bisa dibersihkan dengan cara digosok agar bersih kembali. 

Apabila busi sudah tidak layak pakai, misalnya tanggal di permukaannya, sebaiknya busi langsung diganti. Jangan lupa juga untuk menyediakan busi cadangan ketika melakukan perjalanan.

Koil 


Koil berkaitan dengan proses kelistrikan untuk menyalakan mesin mobil. Komponen ini bisa mengubah tegangan listrik, termasuk mempertinggi tegangan listrik aki agar memberikan percikan api pada busi. 

Jika mobil sulit di starter, coba perhatikan pada bagian koilnya. Koil yang rusak bisa diketahui dengan melihat suhunya yang terlampau panas. 

Jika mengalami kerusakan, koil harus diganti dengan komponen yang baru agar performa mobil normal kembali.

Kondisi panas secara terus menerus sebenarnya menandakan ada gangguan koil yang berpengaruh ke sistem pengapian mobil. Bensin pun akan menjadi lebih boros, karena pengapian pada mobil menjadi tidak stabil. 

Indikasinya bisa bisa kita lihat pada knalpot yang akan menjadi lebih bau bensin saat sedang menyala. Tetapi perlu diingat bahwa belum tentu bahan bakar yang menjadi boros disebabkan oleh kerusakan pada bagian koil.

Aliran BBM Tidak Lancar

Selain persoalan sistem kelistrikan, kemungkinan aliran BBM tidak lancar bisa saja menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter saat mesin panas. Selain itu, bahan bakar yang tidak tercampur baik dengan udara juga bisa jadi penyebabnya.

Aliran BBM bisa tersumbat oleh kotoran atau mungkin juga karat yang berasal dari dasar tangki yang sudah lama. Hal ini bisa membuat aliran BBM terhambat dan tidak berjalan normal seperti biasanya. 

Jika mesin dingin dan mobil juga tidak bisa distarter, biasanya hal ini disebabkan oleh pompa bahan bakar atau fuel pump yang dari tangki ke karburator melemah. 

Untuk mengatasi masalah pada komponen ini, cukup hentakkan fuel pump pada bagian dalam ruang mesin, sehingga dapat kembali berfungsi dengan baik. 

Dinamo Ampere atau Alternator 

Jika mobil tidak bisa distarter coba periksa dinamo ampere mobil. Bila komponen ini mengalami kerusakan, mobil tidak akan bisa menyala walaupun aki mobil kita berada dalam kondisi yang baik. 

Pada umumnya, komponen ini tidak mudah mengalami kerusakan, karena kerusakan dinamo ampere biasa terjadi pada mobil yang berusia lebih dari 8 tahun. 

Water Temperature

Water temperature adalah sensor suhu pada mobil kita. Jika komponen yang satu ini bermasalah, maka bisa menyebabkan mobil kita menjadi sulit untuk distarter. 

Hal ini akan berefek ke sistem injeksi, sehingga sistem injeksi mobil kita juga akan terganggu. Alhasil, mobil pun tidak dapat dinyalakan. 

Klem Kabel Aki Mengalami Overheat

Klem kabel aki yang mengalami panas berlebih atau overheat bisa menjadi salah satu penyebab mobil kita tidak bisa distarter.

Untuk mengetahui gangguan pada komponen ini, kita bisa mengecek saat kondisi mesin masih panas. Coba raba di sambungan kabel aki, bisa yang positif dan negatif. 

Jika ada gangguan, maka klem kabel kepala aki akan terasa panas yang di luar bats normal. Hal ini bisa menjadi penyebab mobil sulit untuk distarter.

Hal ini karena beban arus listrik terlalu besar, sementara arus listrik yang dapat mengalir terbatas. Kemungkinan serabut kabel di klem sudah mengalami korosi atau ada kerak pada lapisan serabut tersebut, sehingga aliran arus listrik yang besar terhalang dari klem kabel. 

Untuk mencari tahu penyebab mobil tidak bisa distarter saat mesin panas, kita bisa menggunakan Tang Ampere maupun Clamp Ampere. Kedua alat ini bisa digunakan untuk mengukur aliran arus listrik.

Jika mesin terasa berat ketika distarter, maka bisa kita cek apakah arus listrik yang mengalir menuju dinamo starter sudah sesuai spesifikasi maksimal dinamo starter atau tidak. 

Tetapi yang paling penting ketika mobil kita tidak bisa distarter saat mesin panas adalah tetap tenang dan jangan panik. Segera bawa mobil untuk menepi ke pinggir jalan dan buka kap mobil agar suhu di dalam mesin bisa menurun.

Diamkan dalam keadaan seperti itu sekitar 10 menit, lalu periksa bagian pengapiannya. Cek terlebih dahulu bagian kabel busi, busi, serta koil, dan jangan lupa untuk mengecek apakah pengapiannya normal atau tidak pada bagian alternator. 

Jika mobil sudah diistirahatkan beberapa saat, coba nyalakan mesin kembali. Kalau mesin sudah bisa menyala, perhatikan ada perbedaan pada suara mesin atau tidak.

Apabila alternator mobil kita rusak, biasanya aliran listrik dalam mobil akan menjadi tidak stabil. Hal ini bisa kita ketahui dari suara radio di dalam mobil yang tiba-tiba mengecil, atau AC yang menjadi kurang dingin. 

Nah, jika kita tidak begitu paham soal mesin mobil dan keadaan kita jauh dari bengkel mobil, segera hubungi bengkel langganan atau jasa towing untuk membawa mobil kita ke bengkel terdekat. 

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 9206
  • Suka 4
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset
    Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!