• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Persiapan Road Trip biar Aman dan Nyaman di kala Pandemi

EKO
8 Des 2021, 11:30
  • Dilihat 4981
  • Suka 0

Otoloka.id- Road Trip atau biasa disebut juga sebagai perjalanan darat, merupakan kegiatan alternatif untuk mengeksplor keindahan yang ada di Indonesia. Perjalanan yang biasanya dilakukan dengan kendaraan pribadi tersebut, memang punya kenikmatan tersendiri bagi yang melakukannya.

Ada banyak hal yang dapat kita lihat ketika melakukan road trip, diantaranya melihat kota-kota baru yang tentunya menambah wawasan terkait budaya setempat. Belum lagi, suguhan panorama indah yang didapat selama perjalanan akan menambah kenangan.

Namun, agar perjalanan darat menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan, tentunya kita perlu melakukan beberapa persiapan. Karena kalau tidak dipersiapkan secara matang, perjalanan yang diharapkan akan seru, malah berubah menjadi bencana. Duh!

Baca juga: Keluar Kota Pakai Mobil Listrik, Hyundai Sudah Siapkan 100 Charging Station

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika ingin melakukan perjalanan darat, apa saja itu? Simak terus.

1. Rencanakan perjalanan

Melakukan road trip sendiri maupun bersama keluarga perlu persiapan matang, salah satunya adalah dengan memilih rute yang akan dilalui. Rute yang dilalui harus aman, yang bebas dari ancaman longsor, banjir, bahkan rawan kejahatan.

Khusus untuk melakukan road trip dengan keluarga, harus persiapkan juga mengenai jadwal dari anggota keluarga, dan pastikan untuk dari jauh hari menyamakan hari libur agar tidak mengganggu aktifitas rutinnya.

2. Periksa kendaraan

Setelah persiapan berupa rute yang dipilih dan jadwal yang tepat, maka kondisi kendaraan harus dicek. Hal tersebut dilakukan supaya kendaraan yang akan dipakai saat road trip, tidak mengalami masalah saat di perjalanan nanti.

Pengecekan kendaraan bisa dimulai dengan melakukan servis rutin bagian mesin, seperti ganti oli-oli. Pengecekan komponen lain seperti ban, kampas rem, kopling, lampu-lampu dan filter juga perlu dilakukan agar perjalanan lancar jaya.

3. Jangan lupa peralatan darurat

Karena dalam perjalanan kita tak tahu apa yang akan dihadapi, ada baiknya kita ketika sudah memutuskan untuk melakukan perjalanan darat, harus menyiapkan peralatan darurat. Yang termasuk dalam peralatan darurat meliputi kotak P3K, senter, kunci-kunci, serta makanan dan minuman.

Baca juga: Berikut Ini Beberapa Rekomendasi Air Radiator Yang Bagus Untuk Mobil!

Bagi yang membawa keluarga, perlu juga untuk membawa perlengkapan si kecil, seperti popok, mainan, selimut, bahkan bantal dan guling agar mereka nyaman selama perjalanan. Perlu juga memberi tahu terkait keindahan alam yang akan dilewati supaya si kecil makin antusias.

4. Siapkan Kebutuhan saat Pandemi

Berencana melakukan road trip di kala pandemi Covid-19 masih berlangsung, sebenarnya agak riskan bagi kesehatan kita dan keluarga. Namun, jika memang sudah direncanakan dengan matang, tentu saja kita perlu mentaati prosedur kesehatan yang saat ini berlaku dong.

Beberapa yang musti dilakukan adalah, dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak ketika beristirahat, setiap anggota keluarga yang ikut sudah divaksin, dan tentunya harus diswab. 

Hal ini agar kita yang melakukan perjalanan darat maupun orang lain tetap terjaga dari paparan virus Covid-19. 

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan