• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Sederet Teknologi Baru Mobil, Makin Lama Makin Mutakhir!

Yunita Efendi
19 Jan 2022, 20:08

Otoloka.id - Teknologi baru mobil semakin berkembang dan dewasa ini banyak teknologi yang semakin mutakhir. Para produsen mobil berlomba-lomba untuk menghadirkan teknologi terbaru yang dapat meningkatkan pengalaman berkendara bagi para konsumennya.

Berbagai teknologi mobil baru ada yang sudah disematkan pada beberapa model mobil yang sudah ada. Namun, beberapa juga ada yang masih merupakan rancangan belaka.

Nah, kali ini, kita akan membahas tentang beberapa teknologi mobil termutakhir yang dihadirkan untuk memberikan pengalaman berkendara yang berbeda bagi para pecinta mobil. Langsung saja disimak informasinya berikut ini!

Teknologi Mobil Baru

Cruise Control

Teknologi cruise control memang bukanlah teknologi yang baru lagi di industri otomotif. Teknologi yang satu ini memang sangat membantu para pengemudi ketika harus berkendara dengan jarak yang jauh.

Nah, tetapi berbeda dengan cruise control yang sudah ada, Cadillac, salah satu produsen mobil asal Amerika Serikat, menciptakan teknologi cruise control baru.

Cruise control buatan Cadillac ini akan dilengkapi dengan teknologi otonom dengan pengereman otomatis, sehingga ketika melakukan perjalanan jauh, pengemudi tidak lagi harus mengontrol kinerja mesin dan setir.

Kunci Biometrik

Teknologi kunci biometrik memang sudah cukup banyak diterapkan di mobil-mobil kelas premium.

Saat ini, ada banyak mobil yang memungkinkan pemiliknya membuka pintu mobil maupun menyalakan mesin hanya dengan sentuhan tangan.

Teknologi tersebut dipatenkan dan telah dimiliki secara sah oleh Ford pada tahun 2015 lalu.

Selain Ford, ada juga Volkswagen yang menciptakan kunci biometrik berbasis AI dengan sistem pengenalan wajah untuk mengakses mobil.

Teknologi seperti ini tentu akan sangat berguna untuk meningkatkan keamanan, karena membuat mobil tidak bisa sembarangan digunakan oleh orang yang bukan pemiliknya.

Jendela Mobil Sebagai Fitur Hiburan

Jendela atau kaca mobil saat ini memang berfungsi sebagai ruang pandang bagi pengemudi.

Tetapi ternyata ada teknologi yang sedang dikembangkan untuk membuat jendela mobil ini sebagai layar besar yang menampilkan fitur hiburan.

Airbags di Bawah Mobil

Saat ini, kita tahu bahwa Airbags merupakan salah satu fitur keselamatan utama pada mobil yang biasanya diletakkan di dalam dasbor maupun bagian samping mobil.

Kendati demikian, dikabarkan akan segera hadir teknologi baru airbags yang diletakkan di bawah mobil.

Airbags jenis ini akan memaksimalkan pengereman pada mobil dan dapat menghentikan mobil lebih cepat.

Kabarnya, airbags jenis ini juga didesain untuk digunakan dalam keadaan darurat dimana tabrakan tidak dapat dihindari.

Teknologi airbags yang satu ini juga akan mengangkat mobil setinggi delapan sentimeter untuk mengimbangi gerakan mobil selama proses pengereman.

Perangkat Penyimpan Energi

Menyambut era mobil listrik, banyak pabrikan mobil yang berlomba-lomba mengembangkan teknologi terbaru untuk mobil listriknya.

Saat ini, mobil listrik masih berfokus menyimpan energinya pada baterai, tetapi ada teknologi baru yang menggunakan panel bodi sebagai tempat penyimpanan energi listrik selain baterai.

Panel bodi ini dapat menyimpan energi karena dibuat dari serat polimer yang ringan dan juga resin karbon.

Panel bodi dengan material tersebut akan memungkinkan mobil listrik menyimpan tenaga lebih banyak sehingga pengisian dayanya menjadi lebih cepat.

Dengan demikian, para pemilik mobil listrik pun tidak perlu repot mencari stasiun pengisian daya ketika akan berkendara dalam jarak yang jauh.

Teknologi Blockchain

Teknologi blockchain seringkali disebut-sebut sebagai internet generasi kedua. Hal ini karena blockchain merupakan teknologi yang mampu untuk mengorganisasi jaringan dengan baik.

Bagi yang masih awam, sistem blockchain ini bisa mengolah data yang dimiliki kendaraan dengan menggunakan konektivitas dan jaringan yang aman. Hal ini membuat sistem blockchain bisa menjadi solusi untuk ride-hailing, transportasi di perkotaan, serta jasa pengiriman sekalipun.

Teknologi yang mutakhir ini bisa diterapkan di industri otomotif untuk meningkatkan informasi pada kendaraan, serta data yang digunakan di seluruh industrinya.

Teknologi 3D Print

Belakangan ini, teknologi 3D Print sedang begitu marak digunakan. Dan ternyata, teknologi yang satu ini pun mulai umum digunakan dalam industri mobil baru.

Teknologi 3D print saat ini sedang dieksplorasi oleh bidang produksi otomotif dari berbagai perusahaan mobil.

Bukan hanya bisa digunakan untuk membuat model prototipe dengan cepat, teknologi yang satu ini juga bisa digunakan untuk membuat perkakas dan suku cadang mobil.

Sensor Pendeteksi Sistem Pencernaan

Teknologi mobil baru yang satu ini memang terbilang baru dan mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang, tetapi ternyata sudah dipatenkan dan diajukan ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat oleh Toyota.

Toyota ternyata telah menunjukkan sejumlah teknologi yang dikembangkannya untuk mendeteksi sistem pencernaan penumpangnya pada model mobil Camry dan Highlander. Teknologi ini akan mendeteksi apabila ada penumpang yang ingin buang air ke toilet.

Bukan itu saja, teknologi yang dikembangkan Toyota ini juga memberikan opsi rute untuk menuju ke tempat pemberhentian atau toilet umum terdekat.

Pada dasarnya, teknologi mobil baru ini menggunakan dua sensor pada kursi dan sistem kamera yang digunakan untuk mendeteksi ekspresi wajah.

Sensor yang pertama terletak di kursi penumpang untuk mendeteksi kotoran di saluran pencernaan dan tingkat gas yang ada di dalam pencernaan untuk menentukan apakah penumpang tersebut perlu ke toilet atau tidak.

Sensor kedua yang juga ada pada kursi merupakan sensor otot. Sensor ini berguna untuk mendeteksi gerak tubuh tertentu dari penumpang.

Setelah itu, sistem kamera akan menganalisis ekspresi wajah penumpang menggunakan teknologi AI dan menggabungkannya dengan sinyal yang ditangkap dari sensor untuk menentukan apakah penumpang tersebut perlu berhenti untuk pergi ke toilet.

Bukan itu saja, AI ini juga akan berguna untuk menganalisis pengereman, akselerasi, dan jarak mobil kita dengan kendaraan lain untuk memberikan kenyamanan lebih bagi para penumpangnya.


Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 5265
  • Suka 2
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset
    Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!