• Home>
  • Tips & Trik>
  • Sejumlah Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Wajib Diketahui
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Sejumlah Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Wajib Diketahui

Dilihat 3327
Ismet
19 Feb 2021, 12:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Berkendara dengan AC yang yang tidak dingin tentu bikin stress. Apalagi kalau jalanan macet dan cuaca di luar panas menyengat. Buka kaca mobil rasanya kayak diatas kompor. Untuk itu, menjaga AC tetap dingin sangatlah penting.

Makanya, ada beberapa hal yang penting kamu ketahui supaya AC tetap menjaga suhu dingin di kabin. Selain komponennya, juga perilaku berkendara berpengaruh pada suhu di kabin. Simak penjelasannya berikut ini:

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

kompresor AC rusak

Untuk komponen, cek kondisi freon. Kalau freon berkurang berarti ada kebocoran. Sebab, freon AC mobil yang ormal tidak akan berkurang karena pemakaian. Kalau freon tidak berkurang atau habis, cek kompresor.

Baca juga: Kapan Mobil Perlu Spooring dan Balancing? Ini Dia Penjelasannya

Kompresor sebagai sumber tekanan refrigerant menuju evaporator. Jika kondisi kompresor lemah, proses pendinginan refrigerant menjadi enggak maksimal. Sehingga AC jadi tidak dingin.

Tekanan kompresor yang baik antara 30-40 psi, sehingga jika posisi jarumnya di angka 60-80 psi, itu berarti kompresor sudah harus servis.

Nah, perilaku pengendara sangat mempengaruhi kinerja kompresor. Misalnya, tidak menyalakan atau mematikan AC pada RPM tinggi dan menjaga kebersihan kabin.

Jika pada kompresor ada bocoran oli, itu mengindikasikan refrigerant bocor. Kebocoran ini akan membahayakan penumpang, jika kebocoran dikarenakan evaporator jebol, maka bisa saja bercampur dengan gas buang knalpot dan masuk ke kabin. Udara dalam kabin bisa beracun dan meracuni penumpang dan pengendaranya.

Bagian lainnya yang bikin AC tidak dingin adalah kondensor dan blower yang kotor. Kondensor bisa dibersihkan menggunakan air biasa.

Caranya, cukup semprotkan dengan air. Sedangkan untuk blower, jika mobil yang masih menggunakan visco fan, perhatian fokus pada oli pelumasnya. Tetapi jika extra fan, perawatan terletak pada motor fannya saja.

Baca juga: Trik Mengemudi Saat Cuaca Tak Bersahabat, Nomor Dua Jadi Kunci!

Jangan lupa rawat juga bagian slangnya. Pada sistem AC, biasanya slang bisa rusak karena adanya gesekan atau kualitasnya yang kurang bagus. Kalau slang rusak, penyaluran dan sirkulasi terganggu.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya