• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Simak 7 Cara Mudah Menabung untuk Beli Mobil Baru

Dilihat 4464
Ismet
11 Nov 2021, 13:56
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 4

Otoloka.id- Kebutuhan akan kendaraan sebagai alat transportasi idaman tentunya menjadi impian banyak orang. Masalahnya, tak semua orang mampu membeli mobil dengan latar belakang yang beragam.

Membeli mobil bisa dengan cara tunai dan juga kredit. Kendalanya, bagi mereka yang khususnya berpenghasilan dibawah Rp 5 juta pasti akan terasa sangat berat. Meski demikian, hal itu bukan menjadi hal yang mustahil selama memiliki komitmen menabung yang kuat.

Dilansir laman resmi Suzuki Indonesia, berikut di bawah ini adalah beberapa kiat-kiat cara menabung untuk beli mobil yang baik dan benar supaya kita bisa membeli sebuah mobil impian yang ingin kita miliki.

1. Fokus Menabung

Salah satu cara untuk membeli mobil adalah dengan cara beli cash dan juga kredit mobil. Kedua cara ini bisa saja kita lakukan untuk mendapatkan sebuah mobil impian yang ingin kita miliki. 

Untuk itu supaya kita bisa sukses menabung buatlah tujuan untuk menabung. Dengan adanya tujuan dari menabung yang ingin kita capai tentu saja kita akan semakin semangat, bersungguh-sungguh dalam menabung.

Tetapkan tujuan dan juga komitmen bahwa Anda harus memiliki sebuah mobil. Dengan begitu Anda akan berusaha keras agar tercapai apa yang Anda impikan yaitu membeli sebuah mobil. 

Berbeda jika Anda menabung tapi tidak memiliki tujuan atau motivasi yang akan dicapai, tentu saja Anda tidak akan begitu semangat dalam menabung untuk membeli sebuah mobil.

2. Menabung Di Awal Saat Gajian

Tentu saja waktu gajian kita adalah sebulan sekali, biasanya setiap tanggal muda di awal bulan. Untuk bisa menabung beli mobil Anda harus menentukan dulu berapa persen dari gaji Anda yang ingin Anda masukan pada tabungan.

Sebaiknya Anda harus bisa memisahkan mana yang digunakan untuk menabung dan mana yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini untuk menghindari uang untuk menabung malah terpakai untuk kebutuhan sehari-hari. Anda harus bisa menentukan nominal yang tepat untuk menabung saat awal gajian.

Jika Anda salah menentukan nominal untuk menabung tentu saja bisa menjadi suatu penghambat diri kita untuk menabung. Dengan menabung di awal saat gajian tentu saja bisa lebih efektif dibandingkan harus menunda nanti-nanti.

Baca juga : 5 Barang Wajib untuk Perawatan Mobil di Musim Hujan

3. Hindari Pembelian Tidak Berguna

Cara menabung untuk beli mobil berikutnya adalah dengan menghindari pembelian tak berguna. Terkadang kita selalu menyepelekan pengeluaran kecil seperti membeli jajan, membeli barang-barang yang tidak begitu berguna. 

Sebaiknya Anda jangan meremehkan pengeluaran yang serasa kecil ini. Mungkin itu terlihat murah, tetapi jika hal ini terjadi terus menerus bukanya ini sama saja seperti pemborosan?

Bisa Anda hitung berapa total pengeluaran Anda untuk hal yang tidak begitu penting ini dalam sebulan. Bukankah bisa digunakan untuk membayar kredit mobil? 

Namun terkadang kita tidak menghiraukan hal ini dan selalu menganggap sepele terhadap pengeluaran-pengeluaran seperti ini.

4. Kurangi Jajan Di Luar

Cara menabung untuk beli mobil selanjutnya adalah dengan menghilangkan budaya hidup hedon. Gaya hidup hedon atau menghambur-hamburkan uang ini tentu saja bisa menguras keuangan kita setiap bulannya.

Sebaiknya Anda kurangi gaya hidup berfoya-foya seperti sering main ke mall, sering makan di luar dan sebagainya. Mulailah dengan hidup yang sesuai dengan isi kantong kita, tidak usah menuruti gaya hidup teman kita yang hedon ini. 

Karena bisa saja teman kita tersebut memiliki ekonomi yang lebih dari kita. Jadi jangan sama kan kebiasaan teman kita yang kaya dengan kita yang gaji nya hanya 4 sampai 5 jutaan perbulan.

Baca juga : Berburu BMW Seri 3 E30, Ketahui Dulu Apa Saja Penyakitnya!

5. Kurangi Konsumsi Rokok

Bagi Anda yang merokok sebaiknya mulai mengurangi konsumsi rokok dalam sehari. Memang untuk berhenti merokok ini dirasa sangat susah dan butuh proses yang sangat lama, namun semuanya dimulai dari mengurangi konsumsi rokok setiap harinya.

Misalnya biasanya Anda dalam sehari menghabiskan 1 bungkus rokok, Anda kurangilah konsumsi rokok Anda menjadi 1 bungkus untuk 2 hari. 

Dengan begitu uang yang biasa digunakan untuk merokok bisa kita gunakan untuk membayar cicilan kredit mobil atau dimasukkan ke dalam tabungan untuk membeli mobil.

6. Jika Mendapatkan Rezeki Ditabung

Selain menabung di saat awal bulan gajian, sebaiknya Anda juga menabung ketika mendapatkan sebuah rejeki maka ditabung saja untuk membeli mobil impian Anda. 

Namanya juga rejeki tentu saja bisa datang kapan saja dan tiba-tiba. Nah jika Anda mendapatkan rejeki yang tiba-tiba ini sebaiknya Anda masukan saja kedalam tabungan Anda untuk membeli mobil.

Tentu saja ini bisa menambahkan jumlah tabungan yang Anda miliki selain diluar dari plan menabung setiap awal bulan. Jadi jika mendapat rezeki jangan digunakan untuk membeli jajan atau berfoya-foya, lebih baik ditabung uangnya.

7. Terapkan Gaya Hidup Hemat

Cara yang terakhir adalah dengan menerapkan gaya hidup yang hemat. Perlu Anda ketahui jika hemat bukan selalu tentang uang ya, hemat bisa dimulai dengan cara mengurangi kebutuhan listrik bulanan, mengurangi kebutuhan pokok dan masih banyak cara lainnya yang bisa kita terapkan untuk hidup hemat.

Baca juga: Kelebihan Toyota Kijang Krista, Pernah Jadi Salah Satu yang Termewah

Jadi pada dasarnya gaya hidup hemat ini adalah dengan cara mengurangi pengeluaran harian atau bulanan yang biasa dikeluarkan dengan tujuan untuk ditabung. 

Sebenarnya 6 poin di atas adalah beberapa cara atau gaya hidup yang hemat, mulai dari mengurangi merokok, tidak jajan diluar dan sebagainya.

Itulah 7 cara mudah menabung untuk beli mobil baru. Anda bisa memulai dengan hal-hal yang kecil seperti hindari jajan di luar, membawa bekal ketika bekerja mengurangi biaya hidup atau kebutuhan bulanan seperti kebutuhan listrik, air dan tagihan. 

Dengan begitu uang yang biasa Anda keluarkan untuk kebutuhan tersebut bisa Anda gunakan untuk biaya DP kredit mobil, atau jika memungkinkan dengan menabung dengan jangka waktu yang lebih lama bahkan Anda bisa membeli mobil secara tunai. 

  • Suka 4
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya